Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 95, 96, 97

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 95, 96, 97 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 95, 96, 97

Pada subtema 2 pembelajaran 6 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 93-98. Dalam pembelajaran 6 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 94
  • Ayo Menulis halaman 96
  • Ayo Mencoba halaman 96
  • Ayo Berlatih halaman 97
  • Ayo Renungkan halaman 97


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 95, 96, 97. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 6 halaman 95-97 :

Ayo Membaca

Pada halaman 94, disajikan sebuah teks wacana semangat kekeluargaan dan gotong royong yang dibaca untuk mengetahui pentingnya kedua hal tersebut.

Merajut Semangat Kekeluargaan dan Gotong Royong

“Gotong royong ialah pembantingan tulang bersama, pemerasan keringat bersama, usaha bergotong-royong sesama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua.” Demikianlah cuilan pidato Presiden Soekarno yang disampaikan dalam Sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945 untuk menyebabkan gotong royong sebagai landasan semangat membangun bangsa.

Gotong royong merupakan sebuah acara bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina.

Lalu, bagaimana dengan semangat kekeluargaan? Keluarga sanggup dilihat sebagai mereka yang mempunyai hubungan darah dengan kita. Namun, sikap kekeluargaan yang ada di Indonesia, tidak semata-mata didasarkan pada hubungan darah. Sikap saling menyayangi, saling mengasihi, melindungi, merasa saling memiliki, turut mencicipi penderitaan saudara sebangsa dan setanah air, merupakan pola dari sekian banyak sikap kekeluargaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia semenjak dulu kala.

Di tengah terpaan modernisasi, penting bagi kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap menjaga dan memelihara semangat kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi bab dari kehidupan kita. Dengan mempertahankan semua sikap kasatmata ini, persatuan dan kesatuan NKRI akan selalu terjaga dan terpelihara.
Sumber : 
Subekti, Ari (2017). Tema 5 Ekosistem Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Berdasarkan teks di atas, teman-teman diminta mengerjakan tugas-tugas yang disajikan pada halaman 95.

Jawaban (Halaman 95)

1. Melengkapi Tabel
• Gunakan tabel berikut untuk mencatat beberapa pola semangat gotong royong dan kekeluargaan yang terdapat di lingkungan sekolah dan lingkungan rumahmu.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 95, 96, 97

. Melakukan Wawancara
• Bentuklah sebuah kelompok terdiri atas empat orang siswa. Lakukanlah wawancara dengan beberapa anggota komunitas sekolahmu. Anggota komunitas sekolah terdiri atas siswa, guru, kepala sekolah, pegawai sekolah, dan orang tua. Wawancarai mereka untuk mengetahui sikap gotong royong serta kekeluargaan yang sudah mereka tunjukkan selama berada di lingkungan sekolah dan di lingkungan rumah.
• Catatlah hasil wawancaramu pada tabel berikut ini.
Disesuaikan hasil wawancara yang teman-teman lakukan.

3. Mendiskusikan Hasil Wawancara
• Diskusikanlah hasil buah pikirmu dan hasil wawancara yang telah kalian lakukan.
a. Apakah hubungan antara NKRI dengan semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Semangat kekeluargaan dan gotong royong merupakan kunci terwujudnya persatuan dan kesatuan NKRI sehingga keutuhan bangsa terjaga.

b. Bagaimana cara memperkuat semangat kekeluargaan dan gotong royong?
Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa seorang individu tidak bisa hidup sendiri. Suatu ketika seorang individu niscaya membutuhkan orang lain. Dan manfaat dari semangat kekeluargaan dan gotong royong yaitu tujuan sanggup dicapai lebih gampang dan cepat alasannya ialah dilakukan bersama-sama.

4. Mempresentasikan Hasil Wawancara
• Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas secara bergantian. Pastikan untuk mendengarkan hasil diskusi kelompok yang lain dengan saksama.

Ayo Berlatih

Pada halaman 97, teman-teman diminta menjawab soal-soal latihan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 97)

1. Menurut pendapatmu, apakah yang dimaksud dengan gotong royong?
Gotong royong ialah upaya untuk mencapai suatu tujuan yang dilakukan bersama-sama.

2. Adakah acara gotong royong yang sering kau lakukan? Jelaskanlah.
  • Ikut serta dalam menuntaskan kiprah kelompok.
  • Melaksanakan kiprah piket bersama kelompok piket kelas saya.

3. Bagaimana dengan acara gotong royong di sekolah dan sekitar rumah tinggalmu?
  • Sekolah : Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah, gotong royong mengerjakan kiprah kelompok, dan gotong royong untuk menyelenggarakan program sekolah.
  • Rumah : Kerja bakti membersihkan lingkungan, gotong royong membantu warga yang mengadakan hajatan, dan gotong royong mengurusi pemakaman warga yang meninggal dunia.

4. Menurutmu, bagaimana cara untuk meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan di sekolahmu?
Dengan menumbuhkan kesadaran bahwa sesama warga sekolah saling membutuhkan, bahwa hubungan keluarga tidak harus ada ikatan darah, dan bahwa semangat gotong royong dan kekeluargaan menjadi salah modal untuk memajukan sekolah.

5. Apakah acara piket kelas merupakan pola penerapan semangat gotong royong? Jelaskan alasanmu.
Ya, alasannya ialah piket kelas dikerjakan secara bahu-membahu oleh anggota kelompok yang telah dibentuk. Dan piket kelas menjadi tujuan semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

lingkungan rumahmu.Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 95, 96, 97. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel