Kebijakan Persetujuan Pengguna Uni Eropa
Kebijakan persetujuan pengguna Uni Eropa
Jika perjanjian Anda dengan Google memasukkan kebijakan ini, atau Anda menggunakan produk Google yang menggabungkan kebijakan ini, Anda harus memastikan bahwa pengungkapan tertentu di berikan kepada, dan persetujuan diperoleh dari, pengguna akhir di Area Ekonomi Eropa. Jika Anda gagal mematuhi kebijakan ini, kami dapat membatasi atau menunda penggunaan Anda atas produk Google dan / atau mengakhiri perjanjian Anda.
Properti di bawah kendali Anda
Untuk produk Google yang digunakan di situs, aplikasi atau properti lain apa pun yang berada di bawah kendali Anda, atau afiliasi Anda atau klien Anda , tugas berikut berlaku untuk pengguna akhir di Wilayah Ekonomi Eropa.
Anda harus mendapatkan persetujuan pengguna akhir yang sah secara hukum untuk:
- penggunaan cookie atau penyimpanan lokal lainnya jika diperlukan secara hukum; dan
- pengumpulan, berbagi, dan penggunaan data pribadi untuk personalisasi iklan.
- menyimpan catatan persetujuan yang diberikan oleh pengguna akhir; dan
- memberikan petunjuk yang jelas kepada pengguna akhir untuk pencabutan persetujuan.
Anda harus secara jelas mengidentifikasi setiap pihak yang dapat mengumpulkan, menerima, atau menggunakan data pribadi pengguna akhir sebagai konsekuensi dari penggunaan produk Google oleh Anda. Anda juga harus memberikan informasi penting dan mudah diakses kepada pengguna akhir tentang penggunaan data pribadi pengguna akhir pihak tersebut.
Properti di bawah kendali pihak ketiga
Jika data pribadi pengguna akhir dari properti pihak ketiga dibagikan dengan Google karena penggunaan Anda, atau integrasi dengan, produk Google, maka Anda harus menggunakan upaya yang wajar secara komersial untuk memastikan operator properti pihak ketiga mematuhi tugas-tugas di atas. . Properti pihak ketiga adalah situs, aplikasi, atau properti lain yang tidak berada di bawah kendali Anda, afiliasi Anda, atau klien Anda dan yang operatornya belum menggunakan produk Google yang memasukkan kebijakan ini.
Bantuan terkait kebijakan izin pengguna Uni Eropa
Mengapa kebijakan ini ada dan di mana kebijakan ini berlaku?
Kebijakan ini mencerminkan persyaratan tertentu 2 hukum privasi Eropa: Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) dan Pedoman ePrivasi. Pedoman ePrivasi tidak sama dengan Peraturan ePrivasi yang diajukan, yang saat ini masih dibahas. Hukum ini berlaku untuk pengguna akhir di Wilayah Ekonomi Eropa (EEA). EEA terdiri dari Negara Anggota Uni Eropa dan Islandia, Liechtenstein, dan Norwegia.
Versi asli dari kebijakan ini diperkenalkan pada tahun 2015 dan diperbarui pada tanggal 25 Mei 2018 ketika Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) mulai diterapkan.
Apakah saya harus mengikuti kebijakan ini bagi semua pengguna jika saya adalah penayang atau pengiklan yang berbasis di EEA?
Kebijakan Izin Pengguna Uni Eropa Google hanya berlaku untuk pengguna akhir yang berbasis di EEA.
Bagaimana cara Google memastikan kepatuhan terhadap kebijakan ini?
Pendekatan kami terhadap kepatuhan adalah dengan melakukan peninjauan manual pada situs dan aplikasi yang menggunakan layanan iklan kami, seperti yang telah kami lakukan sejak Kebijakan tersebut diperkenalkan pada tahun 2015. Peninjau kami membuka situs atau aplikasi sebagaimana konsumen akan membukanya, dan kami meninjau informasi yang diberikan dan izin yang diperoleh. Ini bukanlah proses otomatis.
Prioritas utama kami adalah bekerja sama dengan partner kami agar terus mematuhi kebijakan. Kami menyadari bahwa mungkin ada beragam pendekatan untuk mendapatkan izin dan kami tidak preskriptif mengenai hal ini, selama persyaratan kebijakan kami terpenuhi. Jika kami mendapati bahwa partner tidak mematuhi kebijakan kami, langkah pertama kami adalah menghubungi partner tersebut untuk memberitahukan masalahnya, lalu kami akan mencoba bekerja sama dengan mereka agar mematuhi kebijakan tersebut.
Seperti yang telah terjadi sejak tahun 2015, kami memberikan jangka waktu yang wajar pada situs atau aplikasi untuk melakukan perubahan yang diperlukan; namun jika partner tidak dapat berinteraksi dengan kami atau tidak dapat mematuhi kebijakan dalam jangka waktu yang wajar, kami dapat mengambil tindakan pada akun yang tercakup, yang meliputi penangguhan.
Pengungkapan apa yang harus saya buat kepada pengguna akhir?
Kebijakan ini mewajibkan identifikasi setiap pihak yang menerima data pribadi pengguna akhir sebagai konsekuensi dari penggunaan produk Google. Kebijakan ini juga mewajibkan informasi yang jelas dan dapat diakses dengan mudah tentang penggunaan data pribadi pengguna. Kami telah memublikasikan informasi tentang penggunaan informasi oleh Google. Untuk mematuhi kewajiban pengungkapan sehubungan dengan penggunaan data oleh Google, sebaiknya tautkan ke halaman tersebut. Kami juga meminta penyedia teknologi iklan lain yang berintegrasi dengan produk Google untuk menyediakan informasi tentang penggunaan data pribadi.
Bagaimana jika saya tidak ingin data pribadi pengguna akhir digunakan untuk personalisasi iklan?
Kami telah meluncurkan fungsi baru yang memungkinkan Anda menonaktifkan iklan yang dipersonalisasi. Perlu diketahui bahwa iklan yang tidak dipersonalisasi yang kami tayangkan di situs tetap mewajibkan cookie agar dapat berfungsi. Anda diwajibkan mendapatkan izin untuk menggunakan cookie atau ID seluler, jika diwajibkan secara hukum.
Petunjuk apa yang harus saya berikan kepada pengguna akhir untuk pencabutan izin?
Kebijakan ini mewajibkan Anda memberitahukan cara mencabut persetujuan untuk personalisasi iklan kepada pengguna akhir. Minimal, pengguna akhir harus memiliki informasi yang memadai agar dapat dengan mudah membuka kontrol iklannya untuk situs atau aplikasi Anda, atau kontrol umum yang disediakan oleh Google atau melalui perangkatnya.
Apa saja produk Google lainnya yang menyertakan kebijakan ini?
Selain produk iklan dan pengukuran, kebijakan ini juga direferensikan di Persyaratan Layanan Google Maps API, Persyaratan Layanan untuk Layanan API YouTube, kebijakan Tombol G+, Persyaratan Layanan reCAPTCHA, dan di Blogger.
Jenis iklan apa yang dianggap “dipersonalisasi” untuk tujuan kebijakan ini?
Iklan yang dipersonalisasi (sebelumnya dikenal sebagai periklanan menurut minat) merupakan fitur hebat yang meningkatkan relevansi iklan bagi pengguna dan meningkatkan ROI bagi pengiklan. Di semua produk penayang kami, kami membuat kesimpulan tentang minat pengguna berdasarkan situs yang diakses atau aplikasi yang digunakan, sehingga memungkinkan pengiklan menargetkan kampanyenya sesuai dengan minat ini, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna dan pengiklan. Anda dapat melihat kebijakan pengiklan kami untuk iklan yang dipersonalisasi guna mempelajarinya lebih lanjut.
Google menganggap iklan sebagai dipersonalisasi jika iklan tersebut didasarkan pada data historis atau data yang dikumpulkan sebelumnya untuk menentukan atau memengaruhi pilihan iklan, termasuk kueri penelusuran sebelumnya, aktivitas, kunjungan ke situs atau aplikasi, informasi demografis, atau lokasi pengguna. Khususnya, data ini akan mencakup, misalnya: penargetan demografis, penargetan kategori minat, pemasaran ulang, penargetan daftar Customer Match, penargetan daftar audiens yang diupload di Google Marketing Platform.
Jenis iklan apa yang dianggap “tidak dipersonalisasi” dalam kebijakan ini?
Iklan yang Tidak Dipersonalisasi hanya akan menggunakan informasi kontekstual, yang meliputi lokasi (tingkat kota) umum yang bersifat sementara, dan konten di situs atau aplikasi saat ini; penargetan tidak berdasarkan profil atau perilaku sebelumnya dari pengguna.
Mengapa kebijakan ini mewajibkan izin untuk cookie, meski digunakan untuk tujuan selain personalisasi, seperti pengukuran iklan?
Cookie atau ID seluler digunakan untuk mendukung iklan yang dipersonalisasi dan iklan yang tidak dipersonalisasi yang ditayangkan oleh Google untuk memerangi penipuan dan penyalahgunaan, pembatasan frekuensi, dan pelaporan iklan gabungan. Kebijakan kami juga mewajibkan izin untuk menggunakan cookie atau ID seluler bagi pengguna di negara tempat ketentuan cookie Pedoman ePrivasi Uni Eropa berlaku. Kami memahami bahwa panduan peraturan tentang undang-undang ePrivasi tidak konsisten di seluruh Eropa. Itulah sebabnya kebijakan kami mengharuskan izin untuk cookie atau ID seluler “jika diwajibkan secara hukum”.
Sebagai penayang atau developer aplikasi, apakah saya masih memerlukan pesan izin jika hanya meminta iklan yang tidak dipersonalisasi?
Ya. Izin untuk cookie atau ID seluler tetap diwajibkan karena Ad Manager, AdSense, dan AdMob menggunakan cookie untuk memerangi penipuan dan penyalahgunaan, pembatasan frekuensi, dan pelaporan iklan gabungan.
Bagaimana jika saya seorang pengiklan yang menggunakan produk Google di situs saya?
Jika Anda menggunakan tag untuk produk iklan seperti Google Ads atau Google Marketing Platform di halaman Anda, Anda harus mendapatkan izin dari pengguna EEA Anda untuk mematuhi kebijakan izin pengguna Google. Kebijakan kami mewajibkan izin untuk cookie yang digunakan untuk tujuan pengukuran dan izin penggunaan data pribadi untuk iklan yang dipersonalisasi – misalnya jika Anda memiliki tag pemasaran ulang di halaman Anda.
Apa yang harus saya tulis dalam pemberitahuan izin saya?
Meskipun teks pemberitahuan izin Anda akan bergantung pada pilihan yang ingin Anda tunjukkan kepada pengguna Anda dan penggunaan data Anda lainnya (misalnya untuk tujuan Anda sendiri, atau untuk mendukung layanan lain yang Anda gunakan), kami menyediakan pemberitahuan yang disarankan yang mungkin sesuai di CookieChoices.org, situs yang dijalankan oleh Google.
Bagaimana jika saya adalah penayang yang hanya menayangkan iklan yang tidak dipersonalisasi kepada pengguna EEA?
Jika Anda tidak menayangkan iklan yang dipersonalisasi kepada pengguna yang mengakses situs Anda, dan kunjungan ke situs Anda tidak memengaruhi iklan yang ditayangkan di tempat lain, Anda tetap diwajibkan untuk mendapatkan izin penggunaan cookie atau ID seluler, jika diwajibkan secara hukum. Izin untuk cookie atau ID seluler tetap diwajibkan karena iklan yang tidak dipersonalisasi masih menggunakan cookie untuk memerangi penipuan dan penyalahgunaan, untuk pembatasan frekuensi, dan untuk pelaporan iklan gabungan. CookieChoices.org juga menyediakan contoh pemberitahuan yang mungkin sesuai dalam kasus ini.
Pilihan apa yang harus saya berikan kepada pengguna saya?
Kebijakan Google tidak menentukan pilihan yang harus ditawarkan kepada pengguna. Beberapa penayang mungkin ingin memberikan pilihan antara iklan yang dipersonalisasi dan iklan yang tidak dipersonalisasi; penayang lain mungkin ingin memberikan pilihan yang berbeda kepada penggunanya.
Bagaimana jika saya menulis pemberitahuan izin untuk aplikasi?
Aplikasi seluler umumnya tidak menggunakan cookie. Produk Google Ad Manager dan AdMob mendukung iklan dalam aplikasi menggunakan ID iklan khusus yang disediakan oleh sistem operasi Android dan iOS. Oleh karena itu, Anda mungkin ingin menyertakan informasi bahwa Anda menggunakan “ID pada perangkat Anda”, bukannya cookie. Tindakan ini akan membantu Anda memenuhi persyaratan kebijakan Google yang merujuk pada permintaan persetujuan izin untuk penggunaan “penyimpanan lokal lainnya”.
Apakah Google mewajibkan bentuk pesan izin tertentu untuk aplikasi?
Undang-undang menyatakan bahwa izin pengguna harus diberikan secara gratis, bersifat spesifik, memiliki informasi yang jelas, dan tidak ambigu agar valid secara hukum, namun tidak mewajibkan bentuk pesan izin tertentu. Kebijakan Izin Pengguna Uni Eropa kami memungkinkan fleksibilitas dalam desain pesan izin dan pilihan yang diberikan kepada pengguna.
Situs CookieChoices.org kami menawarkan beberapa contoh pesan izin pengiklan dan penayang yang mungkin sesuai untuk aplikasi Anda. Menerapkan pesan ini dapat membantu Anda memenuhi persyaratan kebijakan kami saat menggunakan ID perangkat seluler, termasuk untuk mempersonalisasi iklan. Kami menyadari bahwa beberapa developer aplikasi mungkin mengadopsi contoh ini, sementara developer lain mungkin hanya memberikan pemberitahuan, ketika aplikasi dibuka untuk yang pertama kalinya, bahwa pengguna harus meng-uninstal aplikasi jika pengguna tidak setuju untuk membagikan ID perangkatnya dan/atau menerima iklan yang dipersonalisasi.
Di mana saya bisa mendapatkan solusi izin?
Terdapat fitur di AdMob dan AMP yang dapat digunakan untuk membuat solusi izin. Kami telah mengembangkan solusi izin untuk Google Ad Manager dan AdMob. Namun, Anda mungkin memilih untuk membuat solusi izin Anda sendiri atau menggunakan solusi vendor lainnya.CookieChoices.org mencantumkan beberapa vendor yang menawarkan solusi yang kami yakini dapat digunakan untuk membuat solusi izin yang akan memenuhi persyaratan kebijakan Google.
Jika Anda menggunakan produk seperti Google AdSense atau Google Ad Manager di situs Anda, Anda harus mengambil langkah untuk mengintegrasikan solusi pilihan Anda dengan tag iklan di halaman Anda guna memastikan preferensi pengguna Anda dipatuhi. Setiap vendor menawarkan petunjuk atau layanan dukungan untuk melakukannya. Jika Anda tidak mengikuti langkah ini untuk semua tag pada halaman Anda, Anda berisiko menyesatkan pengguna: pengguna akan berpikir bahwa mereka menonaktifkan cookie iklan padahal sebenarnya cookie iklan tetap akan digunakan. Oleh karena itu, uji penerapan fitur ini dengan hati-hati di situs Anda sendiri.
Pihak lain mana saja yang mengumpulkan data pribadi pengguna akhir, dan bagaimana cara mengidentifikasi pihak ketiga ini?
Banyak pengiklan dan penayang yang menerapkan sistem periklanan Google menggunakan pihak ketiga untuk menayangkan iklan dan mengukur keefektifan kampanye iklan mereka di situs dan dalam aplikasi. Kebijakan ini mewajibkan Anda mengidentifikasi dengan jelas setiap pihak selain Google, yang dapat mengumpulkan, menerima, dan/atau menggunakan data pribadi pengguna akhir sebagai konsekuensi terhadap penggunaan Anda atas produk Google. Kontrol di AdSense, Google Ad Manager, dan AdMob tersedia untuk memungkinkan Anda memilih vendor yang diizinkan untuk mengumpulkan data di situs atau aplikasi Anda.
Situs saya tidak berbasis di Eropa. Apakah kebijakan ini berlaku untuk saya?
Ya, jika Anda menggunakan produk Google yang menyertakan kebijakan ini dan memiliki pengguna di EEA yang dapat mengakses layanan Anda.
Sebagai penayang, tidak satu pun dari kampanye saya ditargetkan ke EEA. Apakah persyaratan izin ini masih berlaku untuk saya?
Izin tidak akan diwajibkan jika layanan Google dihapus dari situs untuk pengguna di negara-negara ini. Namun, izin masih akan diwajibkan jika layanan Google tetap digunakan tetapi tidak ada iklan yang ditayangkan. Hal ini karena Google Ad Manager menggunakan cookie dan kebijakan kami masih mewajibkan izin cookie yang digunakan untuk tujuan pengukuran. Google Ad Manager juga mengumpulkan data pribadi, kecuali permintaan tersebut untuk iklan yang tidak dipersonalisasi dan ditunjukkan dalam Setelan Izin Pengguna Uni Eropa atau dalam permintaan itu sendiri.
Bagaimana cara membuat mekanisme izin?
Jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, lihat CookieChoices.org. Situs tersebut menawarkan referensi untuk menempatkan mekanisme izin di situs dan aplikasi.
Organisasi kami memiliki pandangan hukum yang berbeda, dan ingin menerapkan pendekatan yang berbeda terhadap pengungkapan dan izin. Bisakah kami melakukannya?
Google berkomitmen untuk mematuhi GDPR di semua layanan yang kami sediakan di Eropa. Perubahan pada Kebijakan Izin Pengguna Uni Eropa mencerminkan komitmen dan panduan dari otoritas perlindungan data Uni Eropa. Namun kami ingin bekerja sama dengan penayang dan partner di industri yang lebih luas untuk mendukung mereka melalui perubahan ini. Kami akan terus mengevaluasi hukum dan praktik industri, serta memperbarui rekomendasi dan persyaratan kami sebagaimana mestinya.
Mengapa kami memerlukan izin untuk pengukuran iklan — bukankah hal tersebut merupakan kepentingan yang sah?
Google menggunakan cookie atau ID iklan seluler untuk mendukung pengukuran iklan. Undang-undang ePrivasi yang sudah ada mewajibkan izin untuk penggunaan tersebut, bagi pengguna di negara tempat hukum setempat mewajibkan izin tersebut. Oleh karena itu, kebijakan kami mewajibkan izin untuk personalisasi iklan dan pengukuran iklan jika berlaku, meski untuk tujuan GDPR, pengukuran iklan dapat didukung di bawah kepentingan yang sah dari pengontrol.
Apakah saya memerlukan izin sebelum tag diaktifkan atau dapatkah izin tersebut diberikan sesudahnya?
Pemahaman kami tentang persyaratan GDPR adalah bahwa izin untuk iklan yang dipersonalisasi harus diperoleh sebelum tag Google diaktifkan di halaman Anda. Pedoman ePrivasi mewajibkan izin untuk penempatan, atau akses, ke cookie tetapi panduan peraturan tentang undang-undang ePrivasi tidak diterapkan dengan konsisten di seluruh Eropa. Itulah sebabnya kebijakan kami memerlukan izin untuk cookie atau ID seluler “jika diwajibkan secara hukum”. Beberapa pembuat peraturan telah mengeluarkan panduan khusus yang mewajibkan tindakan pengguna sebelum menyetel cookie, sementara pembuat peraturan lainnya telah memperbolehkan izin serentak saat menyetel cookie.
Panduan peraturan menunjukkan bahwa GDPR akan memengaruhi izin yang diwajibkan untuk cookie berdasarkan Pedoman ePrivasi, namun tidak ada panduan yang jelas tentang cara undang-undang ini akan berinteraksi. Kami menunggu panduan lebih lanjut dari pembuat peraturan dan akan memperbarui materi dukungan kami sebagaimana mestinya. Sementara itu, bagi pelanggan yang tidak meminta izin untuk iklan yang dipersonalisasi, kami akan terus menerapkan standar nasional untuk izin cookie, dan kami tidak mewajibkan perubahan pada penerapan izin cookie saat ini.
Bagaimana dengan penggunaan pelacak klik?
Saat pengiklan memilih untuk menggunakan teknologi pelacakan klik pihak ketiga (yaitu saat klik iklan mengarahkan browser pengguna ke vendor pengukuran pihak ketiga dalam perjalanan ke halaman landing pengiklan), hal tersebut harus dilakukan sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kontrol vendor Google untuk penayang tidak dirancang untuk mencakup teknologi pelacakan klik.
Catatan apa yang harus saya simpan?
Kebijakan kami mewajibkan pelanggan menyimpan catatan izin. Minimal, catatan ini harus mencakup teks dan pilihan yang diberikan kepada pengguna sebagai bagian dari mekanisme izin dan catatan tanggal serta waktu saat pengguna memberikan izin.
Mengapa mekanisme izin saya dianggap tidak patuh, padahal saya menggunakan Platform Pengelolaan Izin (CMP) tersertifikasi IAB?
Anda dapat menggunakan CMP mana pun yang Anda inginkan, asalkan Anda memastikan bahwa semua persyaratan Kebijakan Izin Pengguna Uni Eropa dipenuhi. Dalam kasus CMP Framework IAB, mungkin Google tidak muncul dalam daftar vendor yang ditampilkan CMP kepada pengguna. Artinya persyaratan kebijakan izin untuk "mengidentifikasi setiap pihak yang dapat mengumpulkan, menerima, atau menggunakan data pribadi pengguna akhir sebagai konsekuensi terhadap penggunaan Anda atas produk Google" tidak dipenuhi. Karena Google belum terdaftar di framework IAB, Google tidak disertakan di Daftar Vendor Global IAB, sehingga tidak akan tercantum secara default.
Bagaimana cara memastikan bahwa Google tercantum sebagai vendor di CMP tersertifikasi IAB saya?
- Ada tiga opsi yang dapat Anda pertimbangkan:
- Periksa apakah penyedia CMP Anda saat ini dapat mengakomodasi pengumpulan izin untuk vendor yang tidak terdaftar di IAB (misalnya, Google) di UI CMP yang sama.
- Jika penyedia Anda tidak mendukung vendor non-GVL, pertimbangkan penerapan mekanisme izin yang berbeda guna memunculkan dan mengumpulkan izin pengguna untuk Google.
- Buat CMP Anda sendiri atau permintaan izin untuk Google Anda sendiri.
Sebagai penayang atau developer aplikasi, apakah saya masih memerlukan pesan izin jika hanya meminta iklan yang tidak dipersonalisasi?
Izin untuk cookie atau ID seluler diwajibkan oleh kebijakan kami karena Ad Manager, AdSense, dan AdMob menggunakan cookie untuk memerangi penipuan dan penyalahgunaan, pembatasan frekuensi, dan pelaporan iklan gabungan. Kami memahami bahwa panduan peraturan tentang undang-undang ePrivasi tidak konsisten di seluruh Eropa. Itulah sebabnya kebijakan kami mengharuskan izin untuk cookie atau ID seluler “jika diwajibkan secara hukum”.
Checklist untuk partner guna menghindari kesalahan umum saat menerapkan mekanisme izin
Ini hanya contoh dan bukan merupakan daftar lengkap. Selalu upayakan untuk memastikan bahwa penerapan Anda memenuhi semua persyaratan kebijakan Google.
- Apakah Anda sudah menjelaskan kepada pengguna bagaimana data pribadi mereka akan digunakan saat mereka memberikan izin untuk mengumpulkan data tersebut di situs/aplikasi Anda, misalnya, apakah mereka tahu bahwa data pribadi mereka akan digunakan untuk iklan yang dipersonalisasi dan tidak dipersonalisasi?
- Apakah Anda sudah memeriksa bahwa pemberitahuan izin Anda ditampilkan saat situs/aplikasi Anda diakses oleh pengguna dari semua negara EEA?
- Apakah pengguna sudah diberi opsi untuk mengambil tindakan afirmatif guna menunjukkan izin, misalnya, mengklik tombol "Oke" atau tombol "Saya setuju"?
- Apakah Anda sudah mengungkapkan pihak ketiga mana (termasuk Google) yang juga akan memiliki akses ke data pengguna yang Anda kumpulkan di situs/aplikasi Anda?
- Apakah Anda sudah memberi tahu pengguna bagaimana Google akan menggunakan data pribadi mereka saat mereka memberikan izin di situs/aplikasi Anda, misalnya, dengan menyertakan link ke situs Privasi & Persyaratan Google? Dan apakah Anda sudah memberi tahu pengguna tentang bagaimana pihak ketiga lain akan menggunakan data pribadi mereka?
- Jika Anda hanya memonetisasi dengan Iklan yang Tidak Dipersonalisasi - apakah Anda sudah memeriksa bahwa Anda mendapatkan izin pengguna untuk menggunakan cookie atau penyimpanan lokal lain (seperti ID perangkat seluler), jika diwajibkan secara hukum? Perlu diketahui bahwa iklan yang tidak dipersonalisasi yang kami tayangkan di situs tetap mewajibkan cookie agar dapat berfungsi.
- Jika Anda menggunakan CMP tersertifikasi IAB - apakah Anda sudah menyesuaikan daftar pihak ketiga yang Anda ungkapkan kepada pengguna agar menyertakan Google di daftar ini (perlu diingat bahwa Google saat ini bukan merupakan vendor framework IAB, sehingga tidak muncul di Daftar Vendor Global IAB)?
Pembaruan terhadap kebijakan ini
Kebijakan Izin Pengguna Uni Eropa asli dari Google telah diperbarui pada tanggal 25 Mei. Kami menerbitkan usulan teks kebijakan baru pada tanggal 21 Maret 2018. Teks tersebut mencakup, antara lain, izin terhadap "penggunaan data pribadi untuk personalisasi iklan atau layanan lainnya". Berdasarkan masukan dari penayang dan pengiklan, kami menghapus kata-kata “atau layanan lainnya” pada tanggal 21 Mei 2018. Tidak ada perubahan lebih lanjut terhadap kebijakan yang dilakukan saat ini, namun seperti yang disebutkan di atas, kami akan terus mengevaluasi undang-undang dan praktik industri serta memperbarui rekomendasi dan persyaratan kami sebagaimana mestinya.
Sumber :
https://www.google.com/about/company/user-consent-policy-help.html >>>>>>>>>>☆<<<<<<<<<<