Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 21, 22, 26 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 berjudul Komponen Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26

Pada subtema 1 pembelajaran 3 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 19-27. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 20 dan 24
  • Ayo Berlatih halaman 22 dan 26
  • Ayo Renungkan halaman 26


Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 22, 26. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 3 halaman 21-26 :

Ayo Membaca

Pada halaman 20, terdapat sebuah teks yang harus dibaca.

Mengenal Letak Geografis Indonesia
Letak geografis merupakan letak suatu kawasan atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis sebuah kawasan atau negara dibatasi oleh letak geografis kawasan atau negara lain yang berbatasan.

Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Demikian juga Indonesia terletak di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia berbatasan pribadi dengan beberapa negara menyerupai Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia. Letak geografis Indonesia dianggap strategis alasannya yaitu menjadi tempat persilangan antara dua benua dan dua samudra.

Negara Indonesia merupakan negara kepulauan. Terdapat lebih dari 17.000 pulau berukuran besar dan kecil berada di wilayah Indonesia. Dari sejumlah pulau tersebut, sekira 6.000 pulau tidak berpenghuni. Beberapa pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Sementara itu beberapa pulau kecil yang berada di wilayah Indonesia antara lain Pulai Nias, Siberut, Bangka, Belitung, Madura, Bali, Lombok, Flores, Ambon, dan Halmahera.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26

Wilayah negara Indonesia membentang dari Sabang di barat sampai Merauke di sebelah timur, terdiri atas daratan dan perairan. Luas daratan Indonesia yaitu 1.922.570 km2. Luas perairan Indonesia yaitu 3.257.483 km2.
Diolah dari aneka macam sumber

Pada halaman 21, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.

Jawaban (Halaman 21)

1. Menentukan pokok pikiran dan isu penting dari bacaan dengan menggunakan tabel di bawah ini.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26


2. Perhatikan kembali gambar peta pada halaman 20.
a. Tuliskanlah nama negara-negara yang berbatasan wilayah daratannya dengan Indonesia.
Malaysia, Singapura, Filipina, Vietnam, Papua Nugini, dan Australia.

b. Tuliskan nama perairan yang mengelilingi wilayah negara Indonesia.
Samudra Hindia di sebelah barat dan selatan, Samudra Pasifik di sebelah timur dan utara, dan Laut Cina Selatan di sebelah utara.

c. Berilah tanda silang (X) pada pulau-pulau besar di wilayah negara Indonesia yang disebutkan di dalam bacaan.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26
Sumber : pinterest.com

d. Lingkarilah pulau-pulau kecil yang ada di wilayah negara Indonesia menyerupai yang disebutkan di dalam bacaan.

e. Apakah yang sanggup kau simpulkan dari letak geografis Indonesia?
Letak Indonesia sangat strategis alasannya yaitu berada di antara dua benua dan dua samudra.

Ayo Membaca

Pada halaman 25, teman-teman diminta membaca sebuah teks wacana insiden Sumpah Pemuda.

Peristiwa Sumpah Pemuda 1928
Sumpah Pemuda merupakan salah satu insiden penting dalam sejarah nasional Indonesia. Peristiwa ini makin menyadarkan masyarakat Indonesia yang kala itu berada di bawah penjajahan Belanda, terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan untuk melawan penjajah.

Kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa mendorong para cowok dari aneka macam suku bangsa yang ada di Indonesia untuk mengambil tindakan patriotisme. Situasi penjajahan Belanda yang diwarnai dengan larangan melaksanakan aktivitas organisasi, mendorong para cowok berdatangan dari aneka macam penjuru Indonesia untuk berkumpul di Jakarta. Kongres Pemuda yang diadakan pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 melahirkan insiden Sumpah Pemuda. Peristiwa ini menginspirasi seluruh lapisan masyarakat Indonesia terhadap pentingnya persatuan dan kesatuan.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 21, 22, 26
Pada ketika itu, para cowok yang berbeda suku, adat, dan bahasa bertekad untuk bersatu dengan membacakan sebuah sumpah. Sumpah ini merupakan komitmen cowok mewakili masyarakat Indonesia untuk bersatu membentuk sebuah negara merdeka yang bebas dari penjajahan. Isi sumpah tersebut sebagai berikut:

Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Selain mengucapkan ikrar, pada ketika itulah pertama kalinya Lagu Indonesia Raya diperdengarkan. Lagu yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman (WR Supratman) ini meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa di kalangan cowok untuk segera membentuk sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Setelah merdeka, Lagu Indonesia Raya me jadi lagu kebangsaan Indonesia.
Sumber bacaan: www.portalsejarah.com

Pada halaman 26, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan menurut bacaan di atas serta menciptakan sebuah poster wacana manfaat nilai persatuan dan kesatuan.

Jawaban (Halaman 26)

Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah aktivitas berikut ini.
A. Menjawab pertanyaan:
1. Bagaimana imbas organisasi Budi Utomo terhadap insiden Sumpah Pemuda 1928?
Organisasi Budi Utomo bisa menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan bagi seluruh rakyat Indonesia termasuk para pemuda. Dan pada 27-28, para cowok berkumpul untuk mengucapkan sumpah yakni Sumpah Pemuda.

2. Mengapa Belanda membatasi aktivitas berorganisasi masyarakat pada ketika itu?
Karena Belanda tidak ingin kekuasaan mereka terganggu oleh organisasi yang bergerak untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
3. Bagaimana imbas insiden Sumpah Pemuda terhadap kehidupan masyarakat ketika ini?

Masyarakat Indonesia masih menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Sayangnya, masih terjadi tawuran yang dilakukan oleh kalangan pelajar.

4. Bagaimana persatuan dan kesatuan bangsa berperan dalam perjuangan untuk membebaskan diri dari penjajahan?
Persatuan dan kesatuan bangsa bisa memperkuat kekuatan Indonesia dalam membebaskan diri dari penjajahan. Hal tersebut terbukti dari keberhasilan Indonesia yang bisa mencapai kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

B. Membuat poster wacana manfaat nilai persatuan dan kesatuan:
Belum tersedia.

Ayo Berlatih

1. Apakah yang dimaksud dengan letak geografis?
Letak geografis yaitu letak suatu wilayah yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi.

2. Komponen apa sajakah yang ada pada sebuah peta?
Judul, garis tepi, garis astronomi, skala, mata angin, simbol, dan legenda.

3. Wilayah Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis. Jelaskanlah makna kalimat tersebut.
Secara geografis, Indonesia terletak pada posisi yang sangat strategis alasannya yaitu berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia serta dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik. Hal ini mengakibatkan Indonesia sebagai jalur perdagangan internasional yang berpotensi meningkatkan ekonomi Indonesia.

4. Bagaimana insiden Sumpah Pemuda bisa meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa?
Sumpah Pemuda menjadi insiden yang menunjukan bahwa persatuan dan kesatuan bisa memperkuat kekuatan bangsa. Hal ini hendaknya tidak hanya menjadi sejarah, tetapi juga harus dilaksanakan oleh para penerus bangsa untuk menuju bangsa yang lebih maju lagi.

Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 21, 22, 26. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel