Cara Menciptakan User Cacti Dengan Access Tertentu

Hallo sahabat intervirtuals blog, pada kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan turtorial ihwal cacti. Jika kalian mencari artikel ini, aku rasa kalian sudah mengetahui secara fundamental apa sih cacti ini. Ya, cacti ialah sebuah agenda untuk moniroting sebuah jaringan, baik itu Mikrotik, Cisco, Linux dan lain sebagainya, yang sanggup kita lihat dari cacti ini ialah berupa graph, graph yang menyerupai apa? graph tersebut sesuai dengan yang di buat oleh si admin itu sendiri.

Bagi kalian yang bekerja di perusahaan ISP tentunya sangat membutuhkan cacti untuk mempermudah monitoring total bandwith pengguna atau yang lainnya. Cacti sendiri sanggup dibentuk di ubuntu ataupun di linux, kalau untuk OS yang lain aku belum tahu, alasannya aku hanya mencoba di kedua OS itu saja. 

Pokok pembahasan kali ini ialah bagaimana untuk menciptakan user cacti dengan acces tertentu? misalkan si user tersebut hanya sanggup melihat graph, atau hanya sanggup menampilkan console, atau yang lain sebagainya. Dengan agenda cacti kita sanggup mengatur semua itu dengan sangat mudah, tidak memerlukan ke ahlian coding, untuk menciptakan menyerupai itu sudah tersedia di web GUI cacti itu sendiri.

Pertama kalian login ke dalam web cacti kalian login dengan admin, user admin ialah user default ketika pembuatan cacti, user tersebut diberikan jalan masuk semuanya, maka dari itu pada turtorial ini aku memakai user tersebut.

Jika sudah login sebagai admin, pilih sajian "User Management" pada bab kiri pojok bawah, silahkan lihat gambar dibawah ini jikalau terasa kurang jelas.

 pada kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan turtorial ihwal cacti Cara Membuat User Cacti Dengan Access Tertentu
Klik sajian User Management

Silahkan kalian klik "Add" kemudian pada menu Realm Permissions (berada di paling bawah) isikan username dan password sesuai dengan harapan kalian, kemudian silahkan kalian centang sesuai dengan kebutuhan kalian si user tersebut ingin di beri jalan masuk untuk apa, jangan lupa untuk mencentang "Enable" untuk user yang dibentuk tersebut, misalkan aku ingin memperlihatkan user tersebut hanya melihat graph, maka aku hanya mencentang "Views Graph". Perhatikan gambar dibawah ini jikalau masih terasa kurang jelas.

 pada kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan turtorial ihwal cacti Cara Membuat User Cacti Dengan Access Tertentu
Create user

Jika sudah silahkan kalian coba login dengan user yang telah kalian buat tadi, maka alhasil akan menyerupai yang terlihat pada gambar dibawah ini.

 pada kesempatan kali ini aku akan memperlihatkan turtorial ihwal cacti Cara Membuat User Cacti Dengan Access Tertentu
Penampakan web cacti user

Pada halaman web cacti user tersebut hanya sanggup melihat sajian Graph, tidak ada sajian Console, alasannya aku hanya memperlihatkan jalan masuk View Graph saja pada user tersebut, jikalau setiap user ingin sanggup jalan masuk di sajian tertentu silahkan pilih saja pada sajian Realm Premissions.

Okee mungkin segitu saja turtorialnya, gampang bukan? jikalau masih kebingungan ataupun masih ada yang belum paham silahkan pribadi tanyakan saja dikolom komentar, aku niscaya akan jawab. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel