Menghadapi Persipura, Persib Harus Hati Hati

PERSIB akan melakoni laga tandang melawan Persipura Jayapura di Stadion Mandala, Senin 15 Oktober 2018 siang ini.  Maung Bandung menerima kabar baik jelang laga nanti sebab dua pilar penting yakni Ghozali Siregar dan Ardi Idrus dipastikan bisa kembali merumput. Di laga sebelumnya, Ghozali dan Ardi terpaksa menepi akhir akumulasi kartu kuning. 

Pelatih PERSIB Mario Gomez menegaskan ambisinya mengamankan tiga poin di Stadion Mandala demi mempertahankan posisi di puncak klasemen liga. Kemenangan menjadi sasaran Gomez, mengingat persaingan di papan atas klasemen semakin hari semakin ketat. 

Usai dikalahkan Madura United 1-2 pada laga terakhir di Balikpapan pekan lalu, Gomez pun mengisyaratkan kepada seluruh pemainnya untuk kembali ke tren kasatmata ataupun jalur kemenangan. 

“Kami tentu ingin tiga poin besok. Tidak ada kata lain selain kemenangan untuk tetap berada di posisi pertama. Kekalahan melawan Madura kemudian harus dijadikan motivasi untuk pertandingan besok," kata instruktur berusia 61 tahun itu. 

Perlu diingat, pekerjaan rumah laki-laki berkebangsaan Argentina itu masih cukup berat. Absennya tiga pemain depan, Ezechiel N’Douassel, Jonathan Bauman dan Patrich Wanggai di laga nanti menuntut Gomez untuk  berpikir lebih keras. Namun, eks ajudan instruktur Hector Cuper di Inter Milan itu kembali menjatuhkan pilihannya kepada Muchlis Hadi Ning. Striker muda yang pada pekan kemudian mencetak gol perdananya bagi Maung Bandung.  

“Muchlis yaitu pemain muda, ia pemain yang bagus. Eze juga begitu. Tapi tiga striker kita terpaksa bolos sebab sanksi, Eze, Joni, Patrich. Tentu situasi tanpa striker ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya tahu ia (Muchlis) belum banyak pengalaman menyerupai Bauman, Eze dan Patrich tapi it’s ok. Dia sekarang punya banyak waktu untuk bermain sepakbola,” imbuh Gomez. 

Di lini belakang, M. Al Amin Syukur Fisabillah pun siap diturunkan kembali  di laga besok. Sabil akan kembali  menggantikan Bojan Malisic yang masih menjalani eksekusi larangan bermain. Tapi, supaya tak kecolongan lagi, Gomez telah mewanti-wanti seluruh anak asuhnya untuk bisa bekerja lebih keras dan berkonsentrasi di sepanjang laga nanti. 

“Tim yang akan kami hadapi yaitu tim yang sangat besar lengan berkuasa ketika bermain di kandang. Saya instruksikan semua pemain supaya menjaga fokus selama jalannya pertandingan. Dalam pertandingan besar kami dihentikan melaksanakan kesalahan sedikitpun,” tuturnya. 

Selain Bojan, Ezechiel, Bauman dan Patrich, Dedi Kusnandar dan Febri Hariyadi juga dipastikan belum sanggup memperkuat tim karena masih bersama Tim Nasional Indonesia. 

Akan tetapi, PERSIB punya catatan kasatmata setiap kali bertemu Persipura. Meskipun Gomez enggan berpaut pada statistik, setidaknya rekor tersebut bisa menambah motivasi skuat Pangeran Biru di Stadion Mandala. Bagaimana tidak, dalam enam pertemuan terakhir melawan Mutiara Hitam, PERSIB tak pernah menderita kekalahan. Bahkan, dalam lima laga terakhir, skuat Persipura Jayapura juga tak bisa menjebol gawang Maung Bandung.

Walau demikain, Persipura bukanlah lawan yang gampang bagi Supardi cs. Meski tertahan di peringkat kesembilan sementara, Persipura tetaplah tim yang besar lengan berkuasa di kandang. Terbukti, skuat asuhan Lessa Osvaldo itu selalu bisa memenangi pertandingan di tiga laga sangkar terakhir. 

Kendati begitu, Lessa tetap mengakui kualitas Maung Bandung sebagai tim pemuncak klasemen ketika ini. Sekalipun telah menargetkan tiga poin, Lessa tahu betul bahwa PERSIB akan memberi perlawanan sengit. 

“Besok kita coba menang. Tim PERSIB manis sekali, semua tahu, mempunyai kualitas di atas klasemen. Kita harus respek lawan, itu biasa. Tapi selalu, ini rumah kita, kita harus jawab besok, kita mulai jawab besok,” ujar instruktur berpaspor Brasil itu. 

Absennya Boaz Solossa di laga nanti karena cedera, diakui Lessa sebagai kerugian. Pemain pengganti pun sudah dipersiapkan oleh Lessa di laga besok. Siapapun itu, kata dia, siap menunjukkan yang terbaik untuk timnya. 

“Boaz tidak bisa main tidak apa-apa. Ini tim bukan pemain. Dia penting, tapi ia tidak bisa main tidak ada masalah. Siapapun pemain yang main harus bertanggung jawab,” katanya. 

Lebih lanjut, dirinya juga berharap timnya bisa meraih kemenangan atas Maung Bandung di hadapan pendukung sendiri. 

“Sekarang kita punya fokus tinggi untuk pertandingan besok. Saya percaya sekali tim besok bisa mulai mengubah situasi sebab penting untuk kita main di Jayapura, sebab kita erat dengan suporter kita dan penonton kita” imbuhnya.

source by persib.co.id
pic by instagram

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel