Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 21, 25, 26, 27
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 21, 25, 26, 27 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.
Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 21-27. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 25, 26, 27. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 21-27 :
Salah satu langkah yang sanggup ditempuh biar para remaja peduli lingkungan ialah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui aktivitas pencinta alam. Kegiatan pencinta alam sanggup meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada perilaku peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk mengatakan perilaku peduli terhadap lingkungan di antaranya ibarat berikut.
1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan daerah pembuangan sampah secara bersama-sama.
3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
4. Berhemat air dalam aktivitas sehari-hari.
Dengan demikian, generasi muda kita sanggup menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.
Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.
Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi ketika ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) sanggup berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa sanggup diprediksi sehingga mengakibatkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di daerah yang lain. Topan dan tornado tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin usang semakin kuat. Selain itu, efek dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air higienis sulit ditemukan. Oleh sebab itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Para remaja sanggup mengajak masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat sanggup dihindari. Para remaja menjadi motor pencetus pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan akan besar lengan berkuasa faktual bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.
(Fadli, Se, Staf Umum IWF)http://www.iwf.or.id/detail_content/130
Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga warta yang terdapat pada teks menurut kata kunci yang kau temukan.
Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 21, 25, 26, 27. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 1 pembelajaran 4 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 21-27. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Mengamati halaman 21, 22, dan 26
- Ayo Membaca halaman 24
- Ayo Berlatih halaman 25
- Ayo Berdiskusi halaman 26
- Ayo Renungkan halaman 27
Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 21, 25, 26, 27. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 21-27 :
Ayo Mengamati
Pada halaman 21, teman-teman diminta mengamati gambar yang tersaji. Lalu teman-teman diminta menjawab pertanyaan yang ada di bawahnya.Jawaban (Halaman 21)
Apa yang sedang dilakukan oleh Siti dan teman-teman? Bagaimana caramu mengatakan kepedulian terhadap lingkungan sekolah? Tuliskan balasan pertanyaan-pertanyaan tersebut pada kolom berikut.Mereka sedang menanam tanaman. Cara saya mengatakan kepedulian terhadap lingkungan sekolah ialah dengan membuang sampah di daerah sampah, melakukan piket kelas, mematikan keran kalau tidak diperlukan, dan mematikan lampu kalau tidak dipakai untuk mengurangi pemanasan global.
Ayo Membaca
Pada halaman 25, disajikan sebuah teks yang harus dibaca. Bentuk Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Masa remaja ialah masa pembiasaan dari masa awal belum dewasa sampai masa awal dewasa. Masa remaja awal kira-kira masuk pada usia 10 sampai 12 tahun. Masa remaja berakhir kira-kira pada usia 18 sampai 22 tahun. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas anak sangat menonjol. Bagaimana menumbuhkan kepedulian remaja pada lingkungan?Salah satu langkah yang sanggup ditempuh biar para remaja peduli lingkungan ialah dengan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Sebagai contoh, melalui aktivitas pencinta alam. Kegiatan pencinta alam sanggup meningkatkan kepedulian remaja terhadap lingkungan alam. Kecintaan remaja terhadap lingkungan alam tercermin pada perilaku peduli terhadap lingkungan. Kegiatan pecinta alam untuk mengatakan perilaku peduli terhadap lingkungan di antaranya ibarat berikut.
1. Kegiatan reboisasi di lahan gundul.
2. Pengadaan daerah pembuangan sampah secara bersama-sama.
3. Penanaman pohon di sekitar pekarangan rumah.
4. Berhemat air dalam aktivitas sehari-hari.
Dengan demikian, generasi muda kita sanggup menjadi generasi muda yang cinta alam dan tumbuh menjadi pemimpin yang berwawasan lingkungan.
Dengan adanya kesadaran para remaja akan pentingnya penghijauan kembali, kelestarian hutan dan alam sekitar akan terjaga. Hutan-hutan di Indonesia terlihat hijau. Pinggir-pinggir jalan raya akan terdapat banyak pohon dan asri. Udara di sekitar lingkungan pun menjadi sejuk. Kesadaran remaja akan lingkungan biasanya diawali dari lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar.
Kepedulian remaja terhadap lingkungan sangat penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Coba perhatikan mengenai kondisi bumi ketika ini. Terjadinya pemanasan global (global warming) sanggup berdampak terhadap perubahan iklim/cuaca yang semakin ekstrim. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa sanggup diprediksi sehingga mengakibatkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di daerah yang lain. Topan dan tornado tropis akan bermunculan dengan kecenderungan semakin usang semakin kuat. Selain itu, efek dari pemanasan global akan mengancam ketersediaan air higienis sulit ditemukan. Oleh sebab itu, partisipasi remaja untuk peduli dengan lingkungan hidup sangat diharapkan. Para remaja sanggup mengajak masyarakat untuk sadar akan menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian pemanasan global dan dampaknya terhadap masyarakat sanggup dihindari. Para remaja menjadi motor pencetus pembangunan bangsa. Kepedulian remaja terhadap lingkungan akan besar lengan berkuasa faktual bagi masyarakat untuk peduli lingkungan.
(Fadli, Se, Staf Umum IWF)http://www.iwf.or.id/detail_content/130
Ayo Berlatih
Pada halaman 25, teman-teman diminta mengerjakan kiprah yang disajikan.Jawaban (Halaman 25)
Apa judul yang sempurna untuk bacaan di atas?Pentingnya Kepedulian Remaja terhadap Lingkungan
Coba temukan kata kunci pada judul teks! Lalu tuliskan kata kunci tersebut ke dalam kolom di bawah ini. Tuliskan juga warta yang terdapat pada teks menurut kata kunci yang kau temukan.
Ayo Mengamati
Pada halaman 26, disajikan gambar pertumbuhan dan perkembangan insan dari bayi sampai dewasa. Teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan menurut gambar tersebut.Jawaban (Halaman 26)
Amatilah gambar di atas. Gambar manakah yang mengatakan masa remaja?Gambar ke-4 dan dan ke-5 dari kiri.
Berdasarkan gambar di atas, ingat kembali ciri-ciri pubertas pada anak laki-laki. Kemudian, tuliskan pada kolom berikut.
Ciri-ciri pubertas anak laki-laki:
- Tumbuhnya rambut di area ketiak dan kem4luan.
- Munculnya jakun pada leher.
- Suara membesar.
- Mengalami mimpi basah.
Ayo Berdiskusi
Berdasarkan halaman 26, teman-teman diminta membentuk sebuah kelompok untuk berdiskusi mengenai ciri-ciri pubertas pada anak perempuan. Hasil diskusi harus dituliskan pada tabel yang disajikan di halaman 27.Jawaban (Halaman 27)
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 21, 25, 26, 27. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/