Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 8, 9, 10, 11
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 8, 9, 10, 11 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.
Pada subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 7-12. Dalam pembelajaran 2 ini terdapat beberapa subjudul yaitu :
Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 8, 9, 10, 11. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 8-11 :
Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik. Sampah organik ialah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam menyerupai flora dan binatang serta banyak sekali hasil olahannya sehingga sanggup terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga mempunyai lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan sanggup terurai oleh basil secara alami. Beberapa pola sampah anorganik ialah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari menyerupai botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati mempunyai bank sampah, sebagai kawasan menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di pusat diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke kawasan pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun bahagia alasannya ialah memperoleh manfaat dan laba berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak mempunyai tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.
Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, ganjal gelas, dompet, serta tas dirangkai manis dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal kasatmata yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Ungkapkan pendapatmu secara ekspresi di depan teman-teman dan gurumu!
2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang sanggup kau lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!
2. Tahukah kau yang dimaksud masa puber? Baik anak pria maupun anak wanita akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak pria dan wanita pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 8, 9, 10, 11. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 7-12. Dalam pembelajaran 2 ini terdapat beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 7
- Ayo Berlatih halaman 8 dan 10
- Ayo Bernyanyi halaman 9
- Ayo Mengamati halaman 11
- Ayo Renungkan halaman 12
Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 8, 9, 10, 11. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 8-11 :
Ayo Membaca
Pada halaman 7 sampai 8, disajikan sebuah teks yang harus teman-teman baca. Kampung Rawajati
Di Kampung Hijau Rawajati, selain peduli untuk menciptakan lingkungan hijau oleh tanaman, terlihat juga kesadaran warga yang cukup tinggi untuk andil terhadap pengelolaan sampah dengan bijak. Sebuah pusat pengumpulan sampah disediakan di area kampung untuk menampung aneka sampah rumah tangga. Para ibu turut andil dengan memisahkan sampah dapur menyerupai kulit bawang, batang sayuran, kulit buah, dan kulit telur lalu dikumpulkan di pusat bersama dengan sampah kebun. Campuran sampah dapur dan sampah kebun dari warga lalu diolah menjadi kompos. Setiap warga diperbolehkan mengambil kompos untuk penyubur tanaman.Apa yang dilakukan warga kampung Rawajati terhadap sampah konsumsi? sampah konsumsi ada yang berupa sampah organik. Sampah organik ialah sampah yang berasal dari sisa makhluk hidup yang terdapat di alam menyerupai flora dan binatang serta banyak sekali hasil olahannya sehingga sanggup terurai secara alami. Sampah organik termasuk sampah yang ramah lingkungan. Di Kampung Rawajati tidak akan ditemukan gunungan sampah sisa makanan yang menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa demikian? Beberapa warga mempunyai lubang biopori atau lubang resapan di halaman rumah. Sampah sisa makanan tiap hari dituang ke dalam lubang biopori dan dibiarkan membusuk di sana. Ketika kelak membusuk, sampah-sampah tersebut akan menjadi penyubur tanah di sekitarnya.
Ada juga sampah konsumsi berupa sampah anorganik yaitu sampah yang tidak akan sanggup terurai oleh basil secara alami. Beberapa pola sampah anorganik ialah sampah-sampah plastik yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari menyerupai botol kemasan plastik, botol kaca, besi, serta barang tak terpakai lainnya. Warga Rawajati mempunyai bank sampah, sebagai kawasan menyetorkan sampah-sampah jenis ini. Setiap Minggu sampah yang terkumpul di pusat diambil oleh beberapa pengepul untuk dibawa ke kawasan pengolahan akhir. Pengelola bank sampah mengeluarkan daftar harga beli untuk tiap kg sampah yang disetorkan warga. Semakin banyak warga menyetorkan sampah, tentu semakin bertambah pula saldo tabungan sampahnya. Selain mengurangi tumpukan sampah, warga pun bahagia alasannya ialah memperoleh manfaat dan laba berupa uang dari sampah yang dihasilkannya. Bahkan beberapa anak mempunyai tabungan sampahnya sendiri. Mereka berlomba mengumpulkan botol dan kemasan plastik untuk menambah saldo tabungan.
Sebagian dari sampah anorganik, juga dikumpulkan warga untuk diolah menjadi aneka kerajinan yang bernilai jual. Vas bunga, ganjal gelas, dompet, serta tas dirangkai manis dari aneka botol plastik dan kemasan bekas. Kegiatan ini dilakukan oleh beberapa ibu di waktu luang mereka. Mengisi waktu, mengurangi tumpukan sampah, dan menambah uang belanja tentunya menjadi hal kasatmata yang bermanfaat bagi warga dan lingkungan.
Sumber: Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas VI Tema 6 Menuju Masyarakat Sehat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2015
Ayo Berlatih
Pada halaman 8 sampai 9, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan yang disajikan. Jawaban harus dilafalkan secara lisan.Jawaban (Halaman 8-9)
1. Apa judul bacaan di atas? Apa kata kunci pada judul bacaan di atas? Apa isi bacaan di atas sudah sesuai dengan kata kunci yang kau sebutkan?Ungkapkan pendapatmu secara ekspresi di depan teman-teman dan gurumu!
Judulnya ialah Kampung Rajawati. Kata kuncinya ialah kampung. Isi bacaan tersebut belum sesuai dengan kata kunci yang saya sebutkan alasannya ialah isi bacaan lebih banyak menggambarkan pengelolaan sampah di kampung tersebut, bukan menggambarkan kampung secara umum.
2. Bagaimana dengan pengelolaan sampah di sekitarmu? Apa yang sanggup kau lakukan terhadap sampah di rumahmu? Tuliskan jawabanmu dalam kolom berikut!
Sampah rumah tangga biasanya hanya dibuang dan dibakar di pekarangan. Masih belum ada pengelolaan untuk memanfaatkan sampah. Sampah yang ada d rumah saya biasanya saya buang di pekarangan belakang.
Ayo Berlatih
Pada halaman 10, teman-teman diminta menjawab sebuah pertanyaan yang disajikan.Jawaban (Halaman 10)
Apa isi lagu tersebut? Apakah kau menyanyikan lagu di atas sesuai dengan interval lagunya? Apakah kau mengetahui apa yg dimaksud dengan interval lagu? Coba tuliskan yang dimaksud interval pada kolom berikut.Interval lagu ialah jarak antar nada-nada yang ada pada suatu lagu.
Ayo Mengamati
Pada halaman 11, disajikan 2 buah gambar yang harus teman-teman amati. Kemudian teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan gambar tersebut.Jawaban (Halaman 11)
1. Apakah kau melihat adanya perbedaan pada kedua gambar tersebut? Tunjukan perbedaan pada gambar di atas. Tuliskan pada kolom berikut!Perbedaan tinggi badan, ukuran tubuh, ukuran pakaian, warna pakaian, dan ganjal kaki.
2. Tahukah kau yang dimaksud masa puber? Baik anak pria maupun anak wanita akan mengalami masa puber. Apa ciri-ciri anak pria dan wanita pada masa puber? Tuliskan pada kolom berikut!
Masa puber ialah masa berkembangnya insan dari bawah umur menjadi remaja.
Ciri-ciri anak pada masa puber
Laki-laki : tumbuh rambut pada ketiak dan kem4luan, tumbuh jakun pada leher, bunyi membesar, dan mengalami mimpi basah
Perempuan : p4yud4ra membesar, tumbuh rambut pada kem4luan dan ketiak, p1nggul membesar, dan mengalami menstruasi.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 8, 9, 10, 11. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/