Trik Gampang Mengubah Hp Android Atau Smartphone Menjadi Cctv

Cara Mengubah HP Android Atau Smartphone Menjadi CCTV | Sewajarnya, ketika kita sedang berada diluar kota dan ingin tetap memantau kondisi rumah, maka memakai CCTV yaitu pilihan yang tepat. Namun kini ini, dengan kecanggihan teknologi yang ada, nyatanya tak harus melulu memakai CCTV, terlebih apabila anda mempunyai smartphone android bekas dan masih sanggup dipakai.

Nah, mau tahu bagaimana cara memanfaatkan HP android untuk CCTV? Untuk mengoperasikan CCTV dari smartphone harus mempunyai koneksi wifi yang selalu aktif serta memakai aplikasi pendukung CCTV yang sanggup Anda dapatkan dari Google Playstore, yang tentunya gratis.


Lantas, bagaimana cara untuk mengaktifkan aplikasi tersebut sehingga Anda sanggup memantau rumah anda, dari mana pun dan kapan pun? Langsung saja, silahkan simak ulasan di bawah ini.

Trik Praktis Mengubah Smartphone Menjadi CCTV


1. Cara Praktis Mengubah Smartphone Menjadi CCTV Dengan Aplikasi IP Webcam

Cara pertama untuk menciptakan CCTV dari HP ini terbilang sangat mudah, yaitu hanya dengan terkoneksi dengan jaringan internet dan mempunyai aplikasi IP Webcam. Aplikasi ini sanggup Anda dapatkan melalui Google Playstore.

Dengan aplikasi ini Anda sanggup memantau semua kegiatan lewat smartphone secara cepat dan tepat. Untuk langkah selengkapnya simak tutorial berikut ini.
  • Langkah pertama yaitu pastikan smartphone terkoneksi dengan jaringan internet. Usahakan koneksi ini mempunyai bandwith yang berpengaruh sehingga proses pembuatann CCTV dengan smartphone dan pengawasan acara lancar.
  • Silakan buka aplikasi Google Playstore. Cari aplikasi IP Webcam, unduh, kemudian install di smartphone Anda.
  • Setelah proses pemasangan sukses, Anda sanggup membuka aplikasi ini. Saat aplikasi IP Webcam sudah terbuka, Anda sanggup mengatur imbas gambar, resolusi video CCTV, deteksi gerakan video atau motion detection, hingga jenis audio atau bunyi sesuai cita-cita Anda.
  • Selanjutnya, Anda sanggup membuka browser dari smartphone. Anda sanggup memakai Mozilla Firefox, Google Chrome, atau pun Opera Mini.
  • Masukkan IP Adress yang telah Anda dapatkan dari kamera smartphone. IP Adress ini telah disediakan oleh aplikasi IP Webcam. Klik Enter.
  • Tunggu beberapa saat. Sekarang Anda sanggup melihat acara yang ingin di pantau melalui smartphone Anda. Jika anda ingin melaksanakan kegiatan pemantauan dari jarak yang tidak mengecewakan jauh, ada baiknya Anda memakai tablet, iPad, laptop, dan lainnya. 

2. Cara Praktis Mengubah Smartphone Menjadi CCTV Dengan Aplikasi IP Cam Remote With Audio

Penggunaan aplikasi IP Cam Remote With Audio di smartphone Anda sebagai CCTV sesungguhnya cukup canggih dibandingkan dengan aplikasi CCTV yang lainnya. Ada banyak laba yang sanggup Anda dapatkan dari aplikasi ini.

Anda sanggup memantau segala acara dalam bentuk video, sanggup mengatur resolusi dan ukuran video, tingkat brightness atau kecerahan layar, bahkan Anda sanggup mengatur audio CCTV.

Baca Juga : Tips Sederhana Memperbaiki Lensa Kamera Agar Bening dan Tidak Buram

3. Cara Praktis Mengubah Smartphone Menjadi CCTV Dengan Aplikasi Web Of Cam

Aplikasi selanjutnya yang sanggup Anda gunakan untuk menciptakan smartphone menjadi CCTV sederhana yaitu aplikasi Web Of Cam. Aplikasi ini juga sanggup Anda dapatkan di Google Playstore secara gratis dan harus tetap terkoneksi dengan jaringan internet.

Berbeda dengan aplikasi CCTV yang lain, di sini Anda harus memakai akun Google untuk menverifikasi pengguna aplikasi ini. Untuk cara pengoperasian selengkapnya simak klarifikasi berikut ini.
  • Pastikan smartphone anda terkoneksi dengan jaringan internet.
  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan mengunduh dan memasang aplikasi Web Of Cam dari Google Playstore.
  • Selanjutnya, Anda sanggup membuka aplikasi ini dari smartphone. Akan muncul sebuah pop up dari Google untuk meminta verifikasi akun Google Anda. Pastikan untuk menggunkan akun Google yang selalu aktif.
  • Setelah Anda simpulan dengan proses verifikasi akun Google, akan mucul 2 opsi di tampilan layar. Camera dan Viewer. 
  • Menu Camera digunakan kalau Anda ingin memakai smartphone sebagai sebuah CCTV. Namun untuk sajian Viewer digunakan kalau smartphone sebagai alat untuk melihat acara yang berhasil diambil oleh smartphone atau CCTV yang digunakan.
  • Untuk memakai aplikasi ini, sebaiknya Anda memakai dua smartphone. Yang satu berfungsi sebagai Camera CCTV sedangkan smartphone yang lain berfungsi sebagai Viewer.
  • Pada smartphone yang berfungsi sebagai Viewer Anda juga harus memasang aplikasi Web Of Cam dan silakan pilih Viewer. 
  • Klik Camera pada sajian yang ada (pada smartphone yang berfungsi sebagai Camera CCTV ). Tunggu beberapa ketika hingga kamera belakang Anda diaktifkan oleh aplikasi Web Of Cam dan menghubungkannya dengan perangkat lain yang berfungsi sebagai Viewer. 
  • Tunggu beberapa ketika hingga kedua kamera akan terdeteksi dalam list Available Cameras. 
  • Sekarang, Anda sanggup memasang camera CCTV smartphone di suatu kawasan yang sanggup menjangkau seluruh ruangan. Akan lebih cantik kalau Anda memasang CCTV di kawasan yang lebih tinggi.
  • Usahakan juga agar smartphone mempunyai daya baterai yang tinggi sehingga sanggup terkoneksi dengan internet setiap saat. Jangan lupa juga untuk charge baterai kalau sudah lowbat. 
Nah, itulah beberapa cara gampang untuk menyulap Hp android atau smartphone menjadi CCTV. Mau mencoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel