Cara Menciptakan Web Server Di Komputer Pribadi

Cara Membuat Web Server di komputer pribadi

Website dimasa kini ini bukan hal yang awam bagi setiap orang. Sebuah sarana online yang terdiri dari sebuah Domain (nama atau tanda pengenal untuk sebuah situs atau website ".com, .net, .org, .info dll") dan Hosting (Media penyimpanan yang sanggup di jalan masuk dari penjuru dunia baik yang berbayar atau gratis). Jika anda ialah orang yang sedang tertarik untuk menciptakan website, tutorial ini sanggup membantu anda dalam memahami dan mengerti tentang tata cara pembuatan website dengan memakai komputer langsung (PC). Cara ini sanggup juga dipakai untuk para netter untuk membuat website "prelaunching" sebelum website bersama-sama di onlinekan secara keseluruhan di dunia maya.

 Cara Membuat Web Server di komputer langsung Cara Membuat Web Server di Komputer Pribadi
Dalam kesempatan ini aku ingin mengajak anda untuk sanggup mempraktekkan menciptakan sebuah webserver yang biasa di kenal dengan sebutan HTTPD [Hypertext Transfer Protocol Deamon] atau HTTP server. HTTP server ialah sebuah service yang bekerja untuk melayani request (permntaan) dari HTTP client (web browser) ke computer server. Tujuan selesai dari tutorial ini ialah biar anda sanggup memakai webserver anda untuk keperluan pembuatan website, baik yang berbasis database (menggunakan mysql) atau nondatabase (berupa web statis "biasanya hanya memakai html saja").

Untuk mengakibatkan komputer kita menjadi sebuah webserver tidak perlu spesifikasi komputer yang super canggih atau cepat, tetapi adakalanya di butuhkan guna mempepercepat aplikasi yang kita gunakan. Untuk memulai mengakibatkan komputer langsung kita menjadi sebuah webserver kita sanggup memakai software free (software gratis) berupa :
- Appserv (AppservNetwork) sanggup anda Download di situsnya : http://www.appservnetwork.com
- XAMPP Bisa anda download di situsnya : http://www.apachefriends.org/en/xampp.html

Kedua software ini sama, fungsinya ialah untuk sanggup menjadikan komputer langsung kita menjadi Web Server yang nantinya kita gunakan untuk hosting berbasis Apache yang dipakai untuk menampilkan website di localhost. PHP ( PHP ialah bahasa pemrograman berupa script (text) yang dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks (perintah) yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasildari pemrosesan di server ) dan MySQL (adalah database "bankdata" yang sering dipakai dalam kombinasi sistem yang memakai interface PHP) sanggup bekerja sama dengan banyak web server. Salah satu web server yang dikenal dan sudah terbukti ketangguhan serta konektifitasnya dengan PHP dan MySQL, ialah Apache. Anda sanggup menginstall web yang berbasis CMS (Conten Management System) menyerupai Wordpress, Joomla, Drupal dll yang databasenya memakai Mysql. Apabila Software ini d install d computer anda, maka anda sudah sanggup online memakai browser anda (IE, Firefox, Google Chrome, Opera dll) tetap secara local atau Localhost. untuk memastikan programnya berjalan anda sanggup memanggilnya di browser anda dengan menuliskan "localhost" . jikalau sudah benar maka di browser akan menampilkan warta dari Fasilitas yang ada pada komputer anda mengenai software ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel