Tips Sederhana Memperbaiki Lensa Kamera Biar Bening Dan Tidak Buram

Cara Memperbaiki Lensa Kamera Agar Bening dan Tidak Buram - Saat ini, keberadaan smartphone memang sudah sedemikan penting, bagi tiap orang. Bahkan kini ini tak jarang kita temui, satu orang mempunyai lebih dari satu smartphone. Dan dalam membeli suatu smartphone, salah satu poin penting yang sering jadi pertimbangan ialah terkait kwalitas kameranya.

Tak jarang, walaupun harganya mahal, suatu smartphone kurang maksimal kemampuannya dalam menghasilkan gambar yang berkwalitas. Nah, kalau begitu bagaimana solusinya? Terdapat banyak hal yang memicu kamera smartphone menjadi rusak.

Trik Memperbaiki Lensa Kamera Agar Jelas Dan Tidak Buram

Apabila Anda sudah merogoh kocek cukup dalam hanya untuk membeli smartphone keren namun hasil jepretan tidak memuaskan, jangan bersedih dulu. Di sini kami akan mengulas penyebab mengapa lensa kamera bisa buram dan bagaimana cara mengatasinya semoga hasil jepretannya bisa kembali normal.

1. Lensa Kamera Smartphone Terkena Kotoran

Hal yang sering menciptakan lensa kamera tidak terang ketika dipakai untuk mengambil gambar ialah kotoran yang melekat pada lensa. Hal ini tentunya akan menciptakan kualitas foto yang di sanggup tidak terang dan kurang maksimal.

Untuk mengatasi problem tersebut Anda bisa memakai minyak kayu putih. Tentu Anda memilikinya bukan ? Caranya cukup mudah. Pertama – tama, Anda harus membuka casing handphone cuilan luar terlebih dahulu. Setelah terbuka Anda akan melihat lensa kamera cuilan dalam. Setelah itu, ambillah selembar kertas tisu dan minyak kayu putih. Teteskan minyak kayu putih tersebut ke atas ketas tisu sedikit demi sedikit.

Setelah kain tisu sudah cukup basah, Anda bisa menggosokkannya pada cuilan atas lensa secara perlahan – lahan. Lakukan hal tersebut hingga kotoran pada permukaan lensa kamera terangkat dan melekat pada kain tisu. Praktis bukan ?


2. Tutup Lensa Kamera Smartphone Terkena Goresan

Bagi Anda yang tidak bisa jauh dari smartphone tentunya tidak bisa meninggalkan benda tersebut. Anda akan membawa benda kesayangan Anda tersebut, mulai dari kamar mandi, ke kampus, hingga ke kawasan tidur lagi.

Namun yang perlu di ingat, sebaiknya Anda jangan meletakkan smartphone di kawasan yang sembarangan terutama kawasan – kawasan dengan permukaan yang bergelombang atau kasa.

Tahukah Anda kalau kebiasaan meletakkan smartphone di kawasan sembarangan akan mengakibatkan tutup lensa kamera tergores ? Apalagi kalau Anda meletakkannya di kawasan dengan permukaan yang kasar, peluang tergoresnya tutup lensa semakin besar sehingga foto yang Anda dapatkan tidak akan maksimal.

Untuk mengatasi problem ukiran pada tutup lensa kamera smartphone, terdapat beberapa trik gampang yang bisa Anda lakukan, yaitu :

Cara termudah untuk menghindari ukiran pada tutup lensa kamera yaitu dengan memakai silikon atau motom pada smartphone. Penggunaan silikon ini juga bisa mempercantik tampilan smartphone.

Menghilangkan ukiran pada tutup lensa kamera smartphone juga bia memakai pasta gigi yang biasa Anda gunakan sehari – hari. Namun Anda harus ingat, pasta gigi yang dipakai ialah pasta gigi putih, bukan pasta gigi berbentuk gel.

Cara menghilangkan ukiran dengan pasta gigi putih ini cukup mudah. Anda cukup mengambil sedikit pasta gigi kemudian oleskan pada permukaan tutp lensa. Gosokkan pasta gigi tersebut secara merata dan gosok secara perlahan – lahan.

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, maka trik terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuka tutup lensa kamera smartphone memakai sebuah silet. Kemudian Anda bisa mengganti tutup lensa yang sudah rusak dengan tutup lensa kamera yang baru.

Namun apabila Anda enggan mengeluarkan biaya dan menghemat uang, Anda bisa memakai selotip atau isolasi berwarna bening untuk menutupi lensa kamera Anda. Cukup simpel bukan ?


3. Lensa Kamera Smartphone Sering Mengembun

Bagi Anda yang suka membawa smartphone ke kamar mandi atau di kawasan yang lembab harus berhati – hati. Hal ini akan menjadikan smartphone Anda cepat rusak, bahkan lensa kamera yang bisa berembun.

Untuk mengatasi problem ini cukup sederhana, yaitu Anda hanya harus mengeringkan smartphone. Pertama – tama, Anda harus menonaktifkan smartphone kemudian melepas casingnya. Setelah itu Anda bisa melepaskan baterai dari smartphone.

Kemudian, keringkan smartphone memakai pengering atau hairdryer pada lubang di sisi kanan maupun kiri. Lakukan hal ini hingga embun di kamera smartphone menghilang dan suhu smartphone menjadi stabil kembali.

4. Lensa Kamera Tertutup Oleh Debu

Seringkali smartphone yang Anda gunakan tidak diberi pelindung atau silikon sehingga mengakibatkan banyak abu yang melekat pada lensa kamera. Hal ini tentu saja mengakibatkan foto yang Anda ambil terlihat buruk dan buram.

Untuk problem abu ini, solusinya cukup sederhana. Anda hanya membutuhkan sebuah kain lembut dan higienis untuk menggosok lensa kamera Anda. Gosokkan dengan perlahan hingga lensa kamera menjadi higienis kembali.

Baca Juga : Cara Praktis Menyambungkan Modem Ke Ponsel

Bagaimana, tidak sulit kan memperbaiki lensa kamera smartphone semoga bening dan tidak buram? Semoga informasi diatas bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel