Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 133, 134, 137

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 133, 134, 137 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 133, 134, 137

Pada subtema 3 pembelajaran 5 terdiri dari 8 halaman yaitu halaman 130-137. Dalam pembelajaran 5 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 131
  • Ayo Berkreasi halaman 132
  • Ayo Berlatih halaman 137
  • Ayo Renungkan halaman 137


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 133, 134, 137. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 133-137 :

Ayo Membaca

Pada halaman 131 hingga 132, disajikan sebuah teks wacana imbas aktivitas insan terhadap keseimbangan ekosistem.

Pengaruh Kegiatan Manusia terhadap Keseimbangan Ekosistem

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 133, 134, 137
Keseimbangan lingkungan sanggup terwujud apabila terjadi keselarasan dan keseimbangan antara komponen biotik dan abiotik. Apabila terjadi gangguan pada kedua komponen tersebut, keseimbangan lingkungan akan terganggu. Sejauh ini, diketahui terdapat dua jenis faktor yang mengakibatkan perubahan keseimbangan di dalam ekosistem, yaitu faktor alami dan faktor manusia. Faktor alami yang mengakibatkan perubahan keseimbangan lingkungan ialah insiden alam. Peristiwa alam ada yang menimbulkan bencana, disebut tragedi alam. Bencana alam menyerupai letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, badai, dan tsunami sanggup menjadikan terputusnya rantai makanan. Bencana alam tersebut terjadi secara alami dan tidak disebabkan oleh aktivitas manusia.

Faktor lain penyebab perubahan keseimbangan ekosistem ialah faktor insan yang melaksanakan banyak sekali aktivitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Terdapat beberapa aktivitas insan yang secara eksklusif memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan tersebut antara lain aktivitas penebangan pohon-pohon di hutan dan pembakaran hutan, perburuan binatang hutan yang tidak terkendali, termasuk memperjualbelikan binatang langka dan dilindungi. Kegiatan lain berupa pemakaian pupuk buatan yang berlebihan, aktivitas pembuangan sampah dan limbah secara sembarangan, serta beberapa aktivitas lainnya yang mencemari lingkungan.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 133, 134, 137
Penebangan pohon-pohon di hutan terperinci akan merusak ekosistem hutan dan menghilangkan fungsi tumbuhan sebagai penahan air dan penghasil oksigen. Pembakaran hutan berakibat terbunuhnya banyak sekali jenis organisme hutan yang memiliki tugas untuk mempertahankan keseimbangan ekosistem. Demikian halnya dengan perburuan binatang hutan secara sembarangan serta penangkapan banyak sekali satwa langka dan dilindungi. Tindakan-tindakan ini berakibat pada terganggunya rantai kuliner dan jaring-jaring makanan, serta punahnya beberapa jenis satwa. Kegiatan pertanian intensif yang menginginkan hasil panen dalam jumlah besar pada waktu yang singkat mengakibatkan terjadinya pemakaian pupuk buatan secara berlebihan. Pada ketika yang sama, pengendalian hama pun dilakukan dengan memakai zat-zat kimia berbahaya. Kedua aktivitas ini akan merusak tanah kawasan sumber kuliner dan kawasan tinggal banyak sekali jenis organisme. Penggunaan insektisida buatan juga akan membunuh hewan-hewan selain hama yang memengaruhi keseimbangan ekosistem. Kegiatan lain insan yang menimbulkan dampak sangat besar ialah kebiasaan membuang sampah dan limbah berbahaya secara sembarangan. Kegiatan ini akan menimbulkanpencemaran lingkungan yang berakibat fatal bagi komponen-komponen ekosistem yang tinggal di dalamnya. Tidak hanya itu, banyak sekali jenis aktivitas insan sanggup menimbulkan pencemaran air, tanah, udara, bahkan bunyi. Semuanya mengakibatkan terganggunya keseimbangan ekosistem.
(Sumber: MCGraw-Hill. Science. 2010)

Ayo Berkreasi

Pada halaman 132, diminta menciptakan peta pikiran yang memuat pokok pikiran dan gosip penting pada setiap paragraf serta kesimpulan dari bacaan di atas.

Jawaban (Halaman 133)

Peta pikiran 
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 133, 134, 137

Kesimpulan :
Keseimbangan lingkungan sanggup terwujud kalau antara komponen biotik dan abiotik saling selaras. Faktor terganggunya keseimbangan ekosistem yaitu faktor alami menyerupai petaka dan faktor insan menyerupai kerusakan hutan, perburuan liar, serta pencemaran lingkungan.

Pada halaman 133 hingga 134, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan.

Jawaban (Halaman 133-134)

Berdasarkan peta pikiranmu, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini!
1. Apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem?
Faktor alami dan faktor manusia.

2. Mengapa insan memiliki andil besar terhadap keseimbangan ekosistem?
Karena keseimbangan ekosistem berada di tangan manusia. Manusia dianugerahi nalar untuk mengelolanya. Tingkat keserakahan insan memilih keseimbangan ekosistem di masa mendatang.

3. Apa saja aktivitas insan yang sanggup mengganggu keseimbangan ekosistem?
Penebangan hutan, pembakaran hutan, perburuan liar, penggunaan pupuk buatan secara berlebihan, serta pembuangan sampah dan limbah sembarangan.

Ayo Berlatih

Pada halaman 137, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal latihan yang disajikan.

Jawaban (Halaman 137)

1. Sebutkan faktor yang memengaruhi keseimbangan ekosistem.
Faktor alami dan faktor manusia.

2. Sebutkan beberapa aktivitas insan yang sanggup memengaruhi keseimbangan ekosistem.
Penebangan hutan, pembakaran hutan, perburuan liar, penggunaan pupuk buatan secara berlebihan, serta pembuangan sampah dan limbah sembarangan.

3. Sebutkan alat dan materi yang dipakai untuk menciptakan topeng Cirebon.
Kayu, pisau tatah, kerok, dan gergaji.

Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 133, 134, 137. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel