Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 3 berjudul Keseimbangan Ekosistem.
Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 112-121. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 114-121 :
Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur bahari berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah efek bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.
Letak yang sangat strategis ini memperlihatkan efek sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang sanggup mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.
Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan bahari merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan tempat merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas tempat tersebut. Kebudayaan tempat merupakan akar dari kebudayaan nasional. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya menyerupai kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan masakan khas menjadi bukti adanya keragaman budaya Indonesia. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.
Sumber bacaan: BSE IPS Kelas 7, 2010 dengan penyesuaian
Pada halaman 114, teman-teman diminta menuliskan pokok pikiran dan isu penting dari setiap paragraf, serta kesimpulan dari bacaan di atas.
Kesimpulan
Pada halaman 115 hingga 116, teman-teman diminta menjawab soal-soal yang disajikan.
2. Apa sajakah efek letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
3. Bagaimana efek letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
5. Tuliskan beberapa bentuk budaya tempat Indonesia!
6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!
Banyak bangsa mengagumi ke-hidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, tetapi sanggup hidup berdampingan dengan damai. Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada. Setiap suku yang yang hidup di suatu tempat mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik. Belum lagi banyaknya bahasa yang dipakai oleh masyarakat tersebut. Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sejarah telah memperlihatkan betapa terbukanya masyarakat Indonesia terhadap masyarakat lain yang berbeda. Salah satu masyarakat yang terbuka yaitu masyarakat Bali. Pada sekitar periode ke-16, Bali diperintah oleh Raja Dalem Waturenggong (1480 – 1550). Saat itu Raja bersama dengan rombongan mengadakan kunjungan ke Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Sekembalinya dari kunjungan tersebut, Raja diantar oleh sekitar 40 prajurit Kerajaan Majapahit yang beragama Islam, hingga hingga kembali di Pulau Bali. Ketika kepemimpinan Raja Dalem Waturenggong, semua prajurit yang beragama Islam tersebut diizinkan tinggal dan menetap di Bali yang penduduknya beragama Hindu. Sejak ketika itulah, terbentuk komunitas Islam di Bali. Mereka pun mendirikan sebuah masjid yang dipercaya sebagai masjid pertama di Bali. Masjid itu diberi nama Masjid Gelgel.
Hingga kini, masyarakat Bali sanggup hidup rukun dan tenang dengan masyarakat lain yang berbeda kehidupan sosial dan budayanya. Pada setiap perayaan adab dan keagamaan di Bali, masyarakat yang tidak beragama Hindu ikut menjaga biar perayaan sanggup berlangsung kondusif dan damai. Demikian halnya ketika umat Islam atau Nasrani menjalankan ibadahnya seperti, sholat Jumat atau tarawih dan kebaktian Minggu, masyarakat Hindu di Bali ikut menjaga tempat-tempat ibadah, menyerupai masjid dan gereja.
Sumber: www.antarabali.com dengan penyesuaian
Kemudian pada halaman 119 hingga 120, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan menurut teks di atas.
a. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?
b. Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?
c. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut?
d. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran.
2. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?
3. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggalmu!
lingkungan rumahmu.Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 3 pembelajaran 3 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 112-121. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 113 dan 118
- Ayo Berlatih halaman 116 dan 121
- Ayo Renungkan halaman 121
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 3 pembelajaran 3 halaman 114-121 :
Ayo Membaca
Pada halaman 113, disajikan sebuah teks perihal efek letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial budaya masyarakat. Pengaruh Letak Geografis Indonesia terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat
Secara geografis, Indonesia diapit dua samudra dan juga dua benua. Di sebelah barat laut, Indonesia berbatasan dengan Benua Asia. Di sebelah tenggara, Indonesia berbatasan dengan Benua Australia. Di sebelah barat daya, wilayah Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia dan di sebelah timur bahari berbatasan dengan Samudra Pasifik. Batas-batas geografis ini memberi sejumlah efek bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang beragam. Perhatikanlah gambar di bawah ini.
Letak yang sangat strategis ini memperlihatkan efek sosial budaya yang besar terhadap kehidupan masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang terbuka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan bangsa lain yang ada di sekitarnya. Bangsa Indonesia menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya. Bangsa Indonesia juga menyadari bahwa negara-negara yang berada di sekitarnya akan menjadi kekuatan tersendiri yang sanggup mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.
Wilayah Indonesia terdiri atas ribuan pulau yang dipisahkan oleh selat dan bahari merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan. Kondisi tersebut melahirkan keanekaragaman bahasa, suku, agama, dan kebudayaan daerah. Kebudayaan tempat merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas tempat tersebut. Kebudayaan tempat merupakan akar dari kebudayaan nasional. Keragaman tersebut menjadi kekhasan dan daya tarik tersendiri bagi pihak-pihak luar serta memperkaya kebudayaan nasional. Berbagai bentuk budaya menyerupai kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan masakan khas menjadi bukti adanya keragaman budaya Indonesia. Keanekaragaman ini menjadi keunikan yang mengundang bangsa lain untuk berkunjung dan mempelajari budaya Indonesia.
Sumber bacaan: BSE IPS Kelas 7, 2010 dengan penyesuaian
Pada halaman 114, teman-teman diminta menuliskan pokok pikiran dan isu penting dari setiap paragraf, serta kesimpulan dari bacaan di atas.
Jawaban (Halaman 114-115)
Kesimpulan
Letak geografis Indonesia sangat strategis alasannya yaitu diapit dua samudra dan benua. Hal ini menciptakan Indonesia menjadi negara terbuka untuk bekerja sama dengan negara-negara di sekitarnya untuk mendukung perkembangan bangsa Indonesia. Selain itu, wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau menciptakan Indonesia mempunyai keanekaragaman menyerupai budaya.
Pada halaman 115 hingga 116, teman-teman diminta menjawab soal-soal yang disajikan.
Jawaban (Halaman 115-116)
1. Bagaimana bangsa Indonesia memandang keberadaan negara-negara lain di sekitar?Negara-negara di sekitar Indonesia mempunyai kekuatan tersendiri yang sanggup mendukung perkembangan dan pertumbuhan bangsa Indonesia sebagai sebuah negara.
2. Apa sajakah efek letak geografis Indonesia terhadap kehidupan sosial masyarakat?
Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya.
3. Bagaimana efek letak geografis Indonesia terhadap kehidupan budaya masyarakat?
Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya tempat yang mempunyai ciri khas masing-masing.
4. Apakah yang dimaksud dengan kebudayaan daerah?
Kebudayaan tempat merupakan kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di daerah-daerah di seluruh wilayah Indonesia dan mempunyai ciri khas tempat tersebut.
5. Tuliskan beberapa bentuk budaya tempat Indonesia!
Kesenian daerah, pakaian tradisional, rumah adat, dan masakan khas.
6. Tuliskan beberapa bentuk budaya daerahmu!
Jawaban menyesuaikan bentuk budaya di tempat teman-teman.
Ayo Membaca
Pada halaman 118, teman-teman diminta membaca sebuah teks perihal masyarakat Bali yang bersatu. Masyarakat Bali yang Bersatu
Banyak bangsa mengagumi ke-hidupan masyarakat Indonesia yang sangat beragam, tetapi sanggup hidup berdampingan dengan damai. Banyaknya pulau mencerminkan juga banyaknya kehidupan sosial dan budaya yang ada. Setiap suku yang yang hidup di suatu tempat mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang khas dan unik. Belum lagi banyaknya bahasa yang dipakai oleh masyarakat tersebut. Akan tetapi ternyata, perbedaan itu justru menjadi kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Perbedaan tersebut justru mempererat masyarakat untuk tetap berada dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sejarah telah memperlihatkan betapa terbukanya masyarakat Indonesia terhadap masyarakat lain yang berbeda. Salah satu masyarakat yang terbuka yaitu masyarakat Bali. Pada sekitar periode ke-16, Bali diperintah oleh Raja Dalem Waturenggong (1480 – 1550). Saat itu Raja bersama dengan rombongan mengadakan kunjungan ke Kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Sekembalinya dari kunjungan tersebut, Raja diantar oleh sekitar 40 prajurit Kerajaan Majapahit yang beragama Islam, hingga hingga kembali di Pulau Bali. Ketika kepemimpinan Raja Dalem Waturenggong, semua prajurit yang beragama Islam tersebut diizinkan tinggal dan menetap di Bali yang penduduknya beragama Hindu. Sejak ketika itulah, terbentuk komunitas Islam di Bali. Mereka pun mendirikan sebuah masjid yang dipercaya sebagai masjid pertama di Bali. Masjid itu diberi nama Masjid Gelgel.
Hingga kini, masyarakat Bali sanggup hidup rukun dan tenang dengan masyarakat lain yang berbeda kehidupan sosial dan budayanya. Pada setiap perayaan adab dan keagamaan di Bali, masyarakat yang tidak beragama Hindu ikut menjaga biar perayaan sanggup berlangsung kondusif dan damai. Demikian halnya ketika umat Islam atau Nasrani menjalankan ibadahnya seperti, sholat Jumat atau tarawih dan kebaktian Minggu, masyarakat Hindu di Bali ikut menjaga tempat-tempat ibadah, menyerupai masjid dan gereja.
Sumber: www.antarabali.com dengan penyesuaian
Kemudian pada halaman 119 hingga 120, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan menurut teks di atas.
Jawaban (Halaman 119-120)
1. Pada gambar di atas, polisi adab Bali yang dinamakan pecalang ikut membantu masyarakat Muslim untuk menjalankan sholat tarawih di salah satu masjid di Bali. Masyarakat Muslim di Bali kebanyakan yaitu masyarakat pendatang yang berasal dari tempat di luar Bali. Misal dari Jawa, Makasar, atau Sumbawa, yang mempunyai kehidupan sosial dan budaya yang berbeda.a. Menurutmu, mengapa para pecalang itu mau menjaga keamanan umat Islam?
Karena pecalang mempunyai kewajiban menjaga keamanan tanpa memandang agama seseorang.
b. Apakah manfaat yang mereka dapatkan dengan membantu masyarakat Muslim manjalankan ibadah agamanya?
Menciptakan suasana damai, mempererat tali silaturahmi antarumat beragama, dan mereka menerima rasa terima kasih dari masyarakat Muslim.
c. Apakah manfaat yang diperoleh masyarakat Muslim di Bali dengan adanya pecalang tersebut?
Masyarakat Muslim sanggup menjalankan ibadah dengan tenang, aman, dan lancar.
d. Catatlah hasil diskusimu dalam bentuk peta pikiran.
Ayo Berlatih
Pada halaman 121, teman-teman diminta mengerjakan soal-soal latihan yang disajikan.Jawaban (Halaman 121)
1. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan sosial masyarakat?Bangsa Indonesia menjadi terbuka dan menyadari pentingnya bekerja sama, saling membantu dan peduli terhadap kehidupan masyarakat negara sekitarnya.
2. Apa saja manfaat yang diperoleh bangsa Indonesia dengan letak geografis yang strategis sehubungan dengan kehidupan budaya masyarakatnya?
Kehidupan budaya masyarakat diwarnai dengan keanekaragaman budaya tempat yang mempunyai ciri khas masing-masing.
3. Jelaskan manfaat persatuan dan kesatuan masyarakat di tempat tinggalmu!
Lingkungan selalu dalam kondisi damai, kegiatan-kegiatan masyarakat terselenggara dengan lancar alasannya yaitu dipersiapkan secara gotong royong, dan tercipta perilaku saling empati yang mana ketika salah satu susah, semua juga susah sehingga saling membantu.
lingkungan rumahmu.Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 114, 115, 116, 119, 120, 121. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/