Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 78, 81
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 78, 81 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Pada subtema 2 pembelajaran 4 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 76-81. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 78, 81. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 78 dan 81 :
Puncak yaitu sebuah tempat wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bab dari tempat Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.
Di tempat ini terdapat sebuah perkebunan teh yang telah dibangun semenjak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perkebunan ini sekarang berubah nama menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas. Perkebunan teh ini membentang di antara bukit-bukit yang ada di tempat Puncak. Tanaman teh ditanam sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemandangan alam yang indah. Tanaman teh ditanam dengan rapi sesuai kontur perbukitan. Selain keindahan alam, kesegaran tempat ini menjadikan Puncak sebagai daerah kunjungan wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.
Dikarenakan posisinya yang berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango, udara tempat ini menjadi sejuk bahkan cenderung dingin. Inilah yang menciptakan daerah Puncak, Bogor sangat cocok untuk budidaya flora perkebunan. Selain perkebunan teh, di daerah Puncak sanggup kita temui juga perkebunan kopi, pala, flora hias, dan perkebunan buah ibarat stroberi dan sayur-mayur.
Sumber: www.infobisnis-bogor.blogspot.co.id/2012/12/pertanian-di-kabupaten-bogor.html
www.id.wikipedia.org/wiki/Puncak,_Bogor
1. Membuat pertanyaan menurut bacaan.
Jawabannya
2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kau lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!
Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu mempunyai aneka macam keunikan. Setiap daerah mempunyai sumber daya alam yang sanggup dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya mempunyai dua musim, yaitu animo hujan dan animo kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi aktivitas agraris sehingga menciptakan Indonesia menjadi penghasil aneka macam komoditas alam.
Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia mempunyai sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan perjuangan untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, ibarat yang diamanatkan oleh UUD 1945.
Persatuan dan kesatuan mutlak diharapkan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap daerah bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat daerah tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap perjuangan pengelolaan sumber daya dan hasil bumi yaitu untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Diolah dari aneka macam sumber.
a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
b. Hal-hal yang sanggup terjadi jikalau sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
c. Berikan rujukan memakai dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.
2. Bagaimanakah imbas letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya yang agraris?
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 78, 81. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 2 pembelajaran 4 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 76-81. Dalam pembelajaran 4 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Membaca halaman 77 dan 80
- Ayo Berlatih halaman 78 dan 81
- Ayo Berdiskusi halaman 81
- Ayo Renungkan halaman 81
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 78, 81. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 78 dan 81 :
Ayo Membaca
Pada halaman 77 hingga 78, teman-teman diminta membaca sebuah teks wacana kebun teh di Puncak. Indahnya Kebun Teh di Puncak, Bogor
Puncak yaitu sebuah tempat wisata pegunungan yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Kawasan Puncak terletak 70 km sebelah selatan Jakarta. Kawasan ini terletak di kaki dan lereng Pegunungan Gede-Pangrango dan sebagian besar merupakan bab dari tempat Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango.
Di tempat ini terdapat sebuah perkebunan teh yang telah dibangun semenjak masa pemerintahan kolonial Belanda. Perkebunan ini sekarang berubah nama menjadi PT Perkebunan Nusantara VIII, Gunung Mas. Perkebunan teh ini membentang di antara bukit-bukit yang ada di tempat Puncak. Tanaman teh ditanam sedemikian rupa sehingga menghasilkan pemandangan alam yang indah. Tanaman teh ditanam dengan rapi sesuai kontur perbukitan. Selain keindahan alam, kesegaran tempat ini menjadikan Puncak sebagai daerah kunjungan wisata yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.
Dikarenakan posisinya yang berada di kaki dan lereng pegunungan Gede-Pangrango, udara tempat ini menjadi sejuk bahkan cenderung dingin. Inilah yang menciptakan daerah Puncak, Bogor sangat cocok untuk budidaya flora perkebunan. Selain perkebunan teh, di daerah Puncak sanggup kita temui juga perkebunan kopi, pala, flora hias, dan perkebunan buah ibarat stroberi dan sayur-mayur.
Sumber: www.infobisnis-bogor.blogspot.co.id/2012/12/pertanian-di-kabupaten-bogor.html
www.id.wikipedia.org/wiki/Puncak,_Bogor
Ayo Berlatih
Pada halaman 78, teman-teman diminta mengerjakan tugas-tugas yang disajikan.Jawaban (Halaman 78)
Berdasarkan bacaan di atas, lakukanlah aktivitas berikut ini.1. Membuat pertanyaan menurut bacaan.
- Di mana lokasi Puncak berada?
- Kapan perkebunan teh tempat Puncak dibangun?
- Apa saja perkebunan yang sanggup dtemui di tempat Puncak?
Jawabannya
- Kawasan Puncak termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur.
- Dibangun semenjak masa pemerintahan kolonial Belanda.
- Perkebunan teh, perkebunan kopi, pala, flora hias, dan perkebunan buah ibarat stroberi dan sayur-mayur.
2. Ceritakanlah pengalamanmu berkunjung ke tempat wisata favorit keluargamu. Jelaskan ketampakan alam dan buatan yang kau lihat di sana. Tuliskanlah penjelasanmu dalam satu paragraf, dan tuliskanlah di tempat yang tersedia!
Menyesuaikan pengalaman teman-teman.
Ayo Membaca
Pada halaman 80, teman-teman diminta membaca sebuah teks. Bersatu untuk Indonesia Makmur
Wilayah Indonesia yang terbentang dari Sabang hingga Merauke tentu mempunyai aneka macam keunikan. Setiap daerah mempunyai sumber daya alam yang sanggup dimanfaatkan untuk pembangunan negara. Letak geografis Indonesia sangat memengaruhi iklim yang terjadi. Iklim Indonesia hanya mempunyai dua musim, yaitu animo hujan dan animo kemarau. Letak Indonesia di sekitar garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Keberadaan matahari sepanjang tahun bermanfaat bagi aktivitas agraris sehingga menciptakan Indonesia menjadi penghasil aneka macam komoditas alam.
Indonesia mempunyai lebih dari 17.000 pulau yang menyimpan potensi-potensi alam yang luar biasa. Setiap daerah di Indonesia mempunyai sumber daya alam yang khas, berbeda satu dengan yang lainnya. Kekayaan alam dan hasil bumi Indonesia tidak perlu diragukan. Diperlukan perjuangan untuk mengelolanya dengan benar dan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat, ibarat yang diamanatkan oleh UUD 1945.
Persatuan dan kesatuan mutlak diharapkan untuk menyatukan tujuan pengelolaan sumber daya alam dan hasil bumi Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan, kemakmuran rakyat Indonesia tidak akan tercapai. Setiap daerah bekerja sama dan saling mengisi untuk mengelola sumber daya dan hasil bumi. Kemakmuran masyarakat tidak hanya untuk masyarakat daerah tertentu, tetapi untuk seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karenanya, setiap perjuangan pengelolaan sumber daya dan hasil bumi yaitu untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Diolah dari aneka macam sumber.
Ayo Berdiskusi
Pada halaman 81, teman-teman diminta menjawab beberapa soal menurut bacaan di atas.Jawaban (Halaman 81)
1. Diskusikan:a. Manfaat persatuan dan kesatuan dalam mengelola sumber daya alam dan hasil bumi.
- Pengelolaan sumber daya alam menjadi maksimal alasannya dikelola bersama-sama.
- Tidak terjadi kelangkaan sumber daya alam di suatu daerah alasannya sumber daya alam tersebar secara merata.
- Kemakmuran masyarakat meningkat.
b. Hal-hal yang sanggup terjadi jikalau sumber daya alam dan hasil bumi tidak dikelola dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan.
Pengelolaan sumber daya alam kurang maksimal, sumber daya alam tidak tersebar secara merata, dan kemakmuran masyarakat suatu daerah menurun.
c. Berikan rujukan memakai dua daerah yang mempunyai ketampakan dan sumber daya alam yang berbeda.
Misalnya Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan. Kabupaten Gresik dikenal sebagai kota industri yang diantaranya menjadi tempat produksi pupuk dan listrik. Namun, kabupaten ini kurang dalam hal pertanian. Sedangkan Kabupaten Lamongan menjadi salah satu daerah penghasil sumber daya alam penghasil di sektor pertanian. Dengan persatuan dan kesatuan serta atas dasar saling membutuhkan, kedua kabupaten ini sanggup bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan masing-masing.
Ayo Berlatih
Pada halaman 81 subjudul berikutnya, disajikan beberapa soal latihan yang harus dikerjakan.Jawaban (Halaman 81)
1. Sebutkan sikap-sikap yang sanggup memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.Bersikap toleransi terhadap sesama, menjaga kerukunan, tidak menciptakan ujaran kebencian, dan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi.
2. Bagaimanakah imbas letak geografis Indonesia dengan kehidupan masyarakatnya yang agraris?
Letak geografis Indonesia menciptakan Indonesia mengalami 2 animo yaitu animo kemarau dan hujan serta mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Hal ini sangat membantu para petani untuk menggarap sawahnya.
Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 78, 81. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/