Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

Pada subtema 2 pembelajaran 3 terdiri dari 9 halaman yaitu halaman 67-75. Dalam pembelajaran 3 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Membaca halaman 68, 71, dan 72
  • Ayo Bermain Peran halaman 74
  • Ayo Berlatih halaman 75
  • Ayo Renungkan halaman 75


Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Berikut ini kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 3 halaman 69-75 :

Ayo Membaca

Pada halaman 68 hingga 69, teman-teman diminta membaca sebuah teks untuk menambah pengetahuan perihal sistem irigasi subak.

Sistem Irigasi Subak
Subak merupakan sekumpulan petani di Bali yang mengelola sistem irigasi yang ada di sebuah tempat persawahan. Kawasan persawahan itu biasanya dibatasi oleh kenampakan alam menyerupai sungai, jurang, atau kenampakan lain yang terang terlihat. Satu kelompok subak biasanya mempunyai satu sumber air yang mengalir ke sebuah sungai yang melewati atau berada bersahabat dengan persawahannya. Para anggota kelompok subak memakai sistem gotong royong dan saling bantu dengan cara “meminjam air”, bukan utang piutang. Dengan demikian, setiap anggota harus bertanggung jawab terhadap penggunaan air juga terhadap petani lain sesama anggota Subak.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

Sistem irigasi subak dipimpin oleh seorang pengatur yang diebut pekasehatau klean subak. Para pekaseh bekerja sama dengan para kepala desa dan perangkat desa dalam menjalankan tugasnya. Para pekaseh ini diangkat oleh petani, bukan oleh perangkat desa. Mereka mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya. Apabila kekurangan air, sistem pinjam air dijalankan biar semua petani mendapat air yang cukup untuk sawahnya.

Sistem irigasi subak dibangun oleh masyarakat Bali semenjak beratus tahun kemudian sebagai bentuk kemandirian masyarakat dalam mengatasi problem air irigasi. Semua problem pertanian dibahas secara musyawarah dan perencanaan yang baik. Termasuk di dalamnya membahas planning pengairan, cara menjaga kualitas air, jumlah air yang akan dialirkan, dan waktu pengairan, termasuk siapa saja yang akan melakukannya. Subak tidak hanya memperhatikan sistem irigasi, tetapi juga memperhatikan asas kolaborasi dan keadilan dengan memakai sistem meminjam air kepada anggotanya. Dengan demikian, tidaklah mengherankan bila pada tahun 2012, subak diakui sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) Pengakuan ini menjadi sebuah pujian bagi bangsa Indonesia.
Sumber: www.permateta.tp.ugm.ac.id
Sumber gambar: www.bali-bike.kompas.com

Setelah membaca, pada halaman 69 hingga 70 teman-teman mengerjakan beberapa kiprah yang disajikan.

Jawaban (Halaman 69-70)
1. Tentukan pokok pikiran dan informasi penting dari bacaan dengan memakai tabel di bawah ini.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

2. Buatlah ringkasan menurut bacaan tersebut.
Subak merupakan petani pengelola irigasi sawah di Bali. Para anggota kelompok subak saling membantu dan gotong royong dalam membagi air. Sistem irigasi subak diatur oleh seorang pekaseh atau klean subak yang bertugas juga memberitahukan ketersediaan air pada sawah kelompoknya. Sistem subak sangat memperhatikan asas kolaborasi dan keadilan. UNESCO telah mengakui subak sebagai warisan dunia pada tahun 2012.

3. Bersama dengan kelompokmu, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Jawablah di buku catatanmu. Setelah itu, presentasikan hasil diskusimu.
a. Apakah tujuan dibentuknya subak?
Untuk mengelola irigasi sawah.

b. Apa saja manfaat yang diperoleh para petani dari sistem irigasi subak di Bali?
Semua petani mendapat air yang cukup untuk sawahnya.

c. Apa sajakah kiprah pekaseh?
Mengatur dan memberitahukan ketersediaan air pada areal persawahan kelompoknya.

d. Bagaimana cara anggota kelompok subak di Bali dalam mengambil keputusan?
Keputusan diambil dengan bermusyawarah dan direncanakannya dengan baik.

e. Apa yang menjadikan sistem subak berhasil meraih perhatian dunia?
Karena sistem subak juga memperhatikan asas kolaborasi dan keadilan dengan memakai sistem meminjam air kepada anggotanya.

f. Jelaskan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang didapatkan dari sistem irigasi subak di Bali.
Nilai persatuan dan kesatuan dari sistem irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kolaborasi dan keadilan sehingga para petani saling gotong royong dan saling membantu dalam masalah pengairan sawah. Selain itu, segala problem pertanian dibahas secara musyawarah.

Ayo Membaca

Pada halaman 71, teman-teman diminta mencari informasi perihal acara masyarakat Indonesia sebagai negara agraris dan negara kepulauan berkaitan dengan mata pencaharian mereka. Beberapa referensi kehidupan masyarakat di atas sanggup dipakai sebagai sumber ide. Setelah mendapat informasi, teman-teman diminta menciptakan sebuah goresan pena nonfiksi secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri sebanyak tiga paragraf atau lebih.

Jawaban (Halaman 71)

Dalam pengerjaan

Ayo Membaca

Pada halaman 72 hingga 73, disajikan sebuah teks perihal insiden proklamasi kemerdekaan Indonesia yang harus teman-teman baca untuk menambah pengetahuan.

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bersama-sama merupakan bab dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta. Pada ketika yang sama, dikibarkan Bendera Merah Putih sebagai bendera negara, dan dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman.

Setelah melalui waktu yang sangat usang disertai pengorbanan besar seluruh rakyat Indonesia, akibatnya kemerdekaan sanggup diwujudkan. Pada ketika menjelang diproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 16 Agustus 1945, terjadi penculikan terhadap dua tokoh bangsa Indonesia yang paling terkemuka, yaitu Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta oleh para cowok pejuang Indonesia. Mereka dibawa dari Jakarta ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Tujuan penculikan yaitu biar kedua tokoh penting ini terhindar dari efek bahaya dan tekanan pemerintah pendudukan Jepang.

Keeseokan harinya, kedua tokoh dikembalikan lagi ke Jakarta dan diamankan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, tentara Jepang yang bersimpati terhadap usaha rakyat Indonesia untuk merdeka. Di rumah itulah, naskah proklamasi dirumuskan oleh tiga orang pemimpin golongan tua, yaitu Ir. Soekarno, Drs. Muhammad Hatta, dan Mr. Achmad Soebardjo. Dari golongan muda, ada Sukarni, B.M. Diah, dan Mbah Diro. Setelah selesai ditulis, naskah proklamasi diketik oleh Sayuti Melik. Kemudian, Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta menandatanganinya atas nama bangsa Indonesia.

Sejak ketika itu, bangsa Indonesia hidup merdeka dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Proklamasi tersebut, bangsa Indonesia mengumumkan kepada seluruh dunia bahwa bangsa Indonesia telah bebas dari penjajahan. Adapun isi Proklamasi tersebut yaitu sebagai berikut.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75

Sumber bacaan: BSE PKN Kelas 4, 2010

Setelah membaca, kemudian teman-teman diminta mengerjakan soal-soal yang disajikan pada halaman 73 hingga 74.

Jawaban (Halaman 73-74)

1. Mengapa bangsa Indonesia perlu melaksanakan proklamasi kemerdekaannya?
Agar Indonesia terbebas dari penjajahan dan diakui oleh seluruh dunia sebagai negara berdaulat.

2. Apakah tanggapan dari insiden Proklamasi Kemerdekaan terhadap kehidupan bangsa Indonesia?
Kehidupan bangsa Indonesia tidak lagi diwarnai pertumpahan darah, kerja paksa, dan pajak yang tinggi menyerupai pada masa penjajahan.

3. Bagaimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan diterapkan pada insiden tersebut?
Nilai persatuan dan kesatuan ditunjukan dari kolaborasi antara tokoh-tokoh Indonesia dalam mengupayakan proklamasi kemerdekaan. Selain itu, terwujudnya proklamasi kemerdekaan sendiri tidak lepas dari seluruh rakyat yang bersatu melawan penjajah.

4. Tahukah kau perihal insiden Rengasdengklok yang terjadi sebelum insiden proklamasi? Carilah informasi perihal insiden itu, dan tuliskan temuanmu di tempat yang tersedia di bawah ini.
Dalam pengerjaan

Ayo Berlatih

Pada halaman 75, disajikan beberapa soal latihan yang harus teman-teman kerjakan.

Jawaban (Halaman 75)

1. Jelaskanlah nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang ditunjukkan masyarakat Bali melalui sistem subak!
Nilai persatuan dan kesatuan dari sistem irigasi subak ditunjukkan dari prinsip asas kolaborasi dan keadilan sehingga para petani saling gotong royong dan saling membantu dalam masalah pengairan sawah. Selain itu, segala problem pertanian dibahas secara musyawarah.

2. Jelaskanlah referensi acara ekonomi masyarakat yang tinggal di daerah pantai!
Nelayan yang menangkap ikan, petani yang memanfaatkan air maritim untuk menciptakan garam, pedagang yang menjual ikan, pelaku usaha yang menciptakan kerajinan dari kerang untuk dijual, jasa persewaan perahu, dan masih banyak yang lainnya.

3. Jelaskan secara singkat insiden Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945!
Setelah sempat diculik ke Rengasdengklok pada  16 Agustus 1945, Ir.Soekarno dan Moh.Hatta akibatnya dibawa kembali ke Jakarta tepatnya di rumah Laksamana Muda Maeda pada tanggal 17 Agustus 1945. Bersama dengan Achmad Soebardjo, Ir.Soekarno dan Moh.Hatta merumuskan naskah proklamasi. Naskah proklamasi kemudian diketik oleh Sayuti Melik dan ditandatangani oleh Ir.Soekarno dan Moh.Hatta. Bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, akibatnya naskah proklamasi tersebut dibacakan oleh Ir.Soekarno pada pukul 10.00.

4. Tahukah kau mengapa golongan cowok meminta Ir. Soekarno dan Drs. Muhammad Hatta untuk membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
Agar bangsa Indonesia segera terbebas dari penjajahan.

5. Apakah manfaat yang diperoleh rakyat Indonesia dengan adanya insiden Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia?
Kehidupan rakyat Indonesia menjadi lebih sejahtera alasannya yaitu tidak ada lagi pertumpahan darah, kerja paksa, dan pajak yang mencekik. 

Demikian kunci jawaban buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 69, 70, 71, 73, 74, 75. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel