Kunci Balasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 61, 62, 63, 65
Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 61, 62, 63, 65 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 2 berjudul Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem.
Pada subtema 2 pembelajaran 2 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 60-66. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 61, 62, 63, 65. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 61-65 :
Selanjutnya teman-teman juga diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersaji pada halaman 61.
2. Adakah hubungan antara rantai kuliner dengan aliran energi? Jelaskan!
3. Jelaskan tugas produsen penting dalam sebuah rantai makanan.
4. Rantai kuliner pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?
Pada halaman 62, teman-teman diminta menciptakan sebuah rantai kuliner yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Teman-teman juga harus menyebutkan jenis ekosistemnya.
Pada halaman 63, teman-teman diminta menentukan salah satu gambar yang disajikan! Kemudian teman-teman diminta menciptakan sebuah karangan nonfiksi wacana rantai kuliner dengan memakai salah satu binatang dalam gambar tersebut!
Teman-teman diminta memakai kalimat sendiri dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pada halaman 63 juga disajikan beberapa daftar kosakata yang sanggup dipakai untuk menciptakan karangan nonfiksi wacana ekosistem. Kosakata tersebut lain :
b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang dipakai memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?
c. Sebutkan tarian yang memakai lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.
2. Menurutmu, apa sajakah yang sanggup mengganggu rantai makanan? Bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem?
3. Apakah yang dimaksud dengan properti dalam seni tari? Berikan pola properti tari yang kau ketahui!
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 61, 62, 63, 65. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/
Pada subtema 2 pembelajaran 2 terdiri dari 7 halaman yaitu halaman 60-66. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :
- Ayo Berlatih halaman 60 dan 65
- Ayo Renungkan halaman 66
Di antara beberapa subjudul tersebut, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini aku mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 61, 62, 63, 65. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 61-65 :
Ayo Berlatih
Pada halaman 61, teman-teman diminta menjelaskan gambar rantai kuliner yang disajikan.Jawaban (Halaman 61)
- Padi merupakan produsen alasannya ialah sanggup menghasilkan kuliner sendiri. Setiap produsen akan dimakan oleh konsumen tingkat I yaitu tikus.
- Tikus menjadi konsumen tingkat I alasannya ialah tikus merupakan binatang omnivor yang juga memakan padi untuk memperoleh energi. Sebagai konsumen tingkat I, tikus akan dimakan oleh konsumen tingkat II yaitu ular.
- Ular menjadi konsumen tingkat II alasannya ialah ular merupakan binatang karnivor yang memakan tikus untuk mempertahankan hidupnya. Sebagai konsumen tingkat II, ular akan dimakan oleh konsumen tingkat III yaitu burung elang.
- Burung elang menjadi konsumen tingkat III alasannya ialah ular merupakan binatang karnivor yang memakan mendapat energi dengan memakan ular. Sebagai konsumen tingkat III, burung elang akan mati. Bangkai burung elang akan diurai oleh mikroorganisme menyerupai jamur.
- Jamur menjadi pengurai alasannya ialah jamur berperan dalam mengurai konsumen tingkat III untuk berkembang biak. Hasil penguraian yang terdiri dari zat-zat tertentu yang lalu akan masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh flora sebagai sumber makanan.
Selanjutnya teman-teman juga diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersaji pada halaman 61.
Jawaban (Halaman 61)
1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?Aliran energi pada sebuah rantai kuliner ialah perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup yang lain dari kejadian makan dan dimakan pada suatu rantai makanan.
2. Adakah hubungan antara rantai kuliner dengan aliran energi? Jelaskan!
Ada alasannya ialah pada rantai kuliner niscaya terjadi kejadian makan dan dimakan. Ketika suatu makhluk hidup memanfaatkan atau memakan makhluk hidup lain, maka akan terjadi perpindahan energi berupa zat-zat yang diharapkan untuk bertahan hidup bagi makhluk hidup tersebut.
3. Jelaskan tugas produsen penting dalam sebuah rantai makanan.
Produsen merupakan satu-satunya komponen yang bisa memproduksi kuliner sendiri. Produsen juga menjadi komponen yang akan dimakan oleh konsumen tingkat I biar rantai kuliner tetap berjalan.
4. Rantai kuliner pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?
Jumlah konsumen I akan berkurang secara drastis alasannya ialah dimakan oleh konsumen II yang lebih banyak. Sedangkan jumlah konsumen II akan bertambah banyak alasannya ialah tidak ada konsumen puncak yang memakan mereka.
Pada halaman 62, teman-teman diminta menciptakan sebuah rantai kuliner yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Teman-teman juga harus menyebutkan jenis ekosistemnya.
Jawaban (Halaman 62)
Rantai kuliner pada ekosistem sawah
Pada halaman 63, teman-teman diminta menentukan salah satu gambar yang disajikan! Kemudian teman-teman diminta menciptakan sebuah karangan nonfiksi wacana rantai kuliner dengan memakai salah satu binatang dalam gambar tersebut!
Teman-teman diminta memakai kalimat sendiri dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pada halaman 63 juga disajikan beberapa daftar kosakata yang sanggup dipakai untuk menciptakan karangan nonfiksi wacana ekosistem. Kosakata tersebut lain :
Jawaban (Halaman 63)
Rantai Makanan di Laut
Rantai kuliner ialah urutan kejadian makan dan dimakan antara makhluk hidup pada suatu ekosistem. Salah satu ekosistem di bumi ini ialah laut. Kita tahu bahwa maritim menjadi habitat para makhluk hidup maritim mulai dari anemon laut, ikan, gurita, cumi-cumi, kepiting, kerang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh alasannya ialah itu, ekosistem maritim juga tidak terlepas dari rantai makanan.
Salah satu rantai kuliner maritim ini melibatkan paus orca yang merupakan paus pembunuh. Beberapa makhluk hidup lain yang terlibat antara lain fitoplankton, zooplankton, ikan teri, ikan tuna, anjing laut, dan organisme pengurai. Setiap makhluk hidup tersebut mempunyai tugas dalam rantai kuliner yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.
Dalam ekosistem laut, fitoplankton menjadi produsen alasannya ialah bisa memproduksi makanannya sendiri dengan pertolongan cahaya matahari dan zat-zat kimia tertentu. Sebagai produsen, fitoplankton menjadi mangsa bagi zooplankton.
Zooplankton merupakan organiame kecil di maritim yang termasuk ke dalam herbivor alasannya ialah memakan flora fitoplankton untuk mendapat energi. Sebagai konsumen tingkat I, zooplankton akan dimakan oleh konsumen tingkat II yaitu ikan-ikan teri.
Ikan-ikan teri akan dimangsa oleh konsumen III yaitu ikan-ikan tuna. Sebagai konsumen tingkat III, ikan-ikan tuna menjadi kuliner bagi anjing maritim yang merupakan konsumen tingkat IV. Anjing maritim memang menyukai ikan-ikan sedang menyerupai ikan tuna. Paus orca menjadi konsumen tingkat V atau konsumen puncak alasannya ialah binatang ini termasuk binatang karnivor. Paus orca suka memangsa anjing-anjing laut.
Seiring berjalannya waktu, paus orca akan mati. Bangkai paus orca akan diuraikan oleh pengurai. Zat-zat penting pada bangkai paus akan larut di lautan. Peristiwa makan dan dimakan pada ekosistem maritim ini akan terjadi terus menerus selama ekosistem maritim tetap terjaga.
Ayo Berlatih
Pada halaman 65, teman-teman diminta menjawab beberapa soal yang disajikan.Jawaban (Halaman 65)
a. Lengkapilah tabel berikut dengan nama tarian dan properti yang digunakan.b. Menurut pendapatmu, apakah properti-properti tari yang dipakai memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?
Ya, alasannya ialah properti tari sanggup mempertegas gerakan penari sehingga maksud kisah tari sanggup ditangkap oleh penonton. Entah itu tari peperangan, tari penyambutan, atau yang lainnya.
c. Sebutkan tarian yang memakai lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut.
Tari Serimpi, Tari Angguk, dan Tari Kancet Papatai.
Ayo Berlatih
Pada halaman 65, teman-teman diminta menjawab beberapa soal lagi.Jawaban (Halaman 65)
1. Apakah tugas produsen, konsumen, dan pengurai dalam sebuah rantai makanan?Produsen berperan sebagai kuliner dan pemberi energi bagi konsumen, konsumen berperan sebagai pemakan produsen, sedangkan pengurai berperan dalam mengurai zat-zat pada konsumen yang telah mati biar sanggup masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan produsen sebagai makanan.
2. Menurutmu, apa sajakah yang sanggup mengganggu rantai makanan? Bagaimana pengaruhnya terhadap ekosistem?
Adanya faktor alam yaitu perubahan animo dan musibah serta faktor insan yaitu acara industri dan pembukaan lahan yang tidak bertanggung jawab. Hal ini juga menciptakan ekosistem menjadi terganggu.
3. Apakah yang dimaksud dengan properti dalam seni tari? Berikan pola properti tari yang kau ketahui!
Properti tari ialah segala perlengkapan tari yang dipakai untuk mendukung pertunjukan tari. Contohnya ialah selendang, senjata, epilog kepala, topeng, dll.
Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 61, 62, 63, 65. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan. Sumber https://koesrow.blogspot.com/