Makanan Khas Tradisional Mesir Wajib Masuk Dalam Wisata Masakan Anda Kesukaan Traveler Dunia

Pesona negara Mesir dengan eksotisnya menjadi destinasi wisata yang sudah masuk dalam rencana perjalanan hampir seluruh turis dunia ingin mewujudkannya. Dengan dongeng kuno yang masih sanggup dilihat hingga kini ini Mesir bermetamorfosis sebuah pilihan kawasan wisata yang banyak sekali diminati yang telah menawarkan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan ibarat pantai yang anggun dan bahkan spot penting untuk scuba diving favorit para penyelam dunia. Yang menjadi menarik perhatian yakni makanan-khas-tradisional-Mesir menjadi destinasi suplemen dan wajib dicicipi kalau terlewatkan traveling anda menjadi kurang alasannya yakni ini lah wisata penting olahan kuliner dan minuman kreasi dari generasi ke generasi yang masih bertahan hingga kini bahkan termasuk resep kuno peradabatan insan ada di negara Mesir. Ini lah kuliner khas tradisional Mesir yang wajib masuk dalam rencana wisata masakan anda dimulai dari sarapan pagi hingga dessert pencuci lisan yang sangat enak yang belum pernah anda rasakan sebelum:

#1. FUL MEDAMMES.
Poto credit: souschef.co.uk

Ini lah nama sarapan yang sangat umum dikonsumsi orang penduduk lokal Mesir namanya Ful Medammes. Makanan khas Mesir ini terbuat dari kacang fava yang dimasak dengan garam. Kacang fava ibarat dengan kacang polong ini dengan proses memasaknya direndam semalaman dan dimasak di atas kompor dengan api kecil. Saat berada di Mesir anda sangat gampang menemukan jenis sarapan ini sebagai kuliner terkenal disana. Dengan proses pembuatan yang cukup panjang ini ketika penyajiannya sanggup ditambahkan telur, roti pita, keju ibarat sajian Ta'Meya. Bahkan ada juga sarapan dengan tema sandwitch juga cocok dan lezat. Karena mengandung unsur karbohidrat, ion penting, rendah lemak terkandung dalam sajian ini sangat baik sebagai bekal untuk melaksanakan aktifitas di pagi hari. 

#2. FALAFEL atau TA'MEYA.
Poto credit: owayfarer.wordpress.com

Makanan khas Mesir dengan resep tradisional ini juga termasuk sajian sarapan pagi yang cukup sehat dengan rincian adanya telur, pita breat, dan keju. Resep tradisional Falafel ini terbuat dari kacang panjang atau buncis tetapi penduduk lokal menyebutnya Ta'meya yang terbuat dari kacang fava. Kacang fava ini di rendam semalaman biar menjadi lembut kemudian dihancurkan memakai blender. Kemudian bumbu tambahan lainnya menyatu dengan materi utama yakni cincangan celantro, parsley, bawang putih, bawang, dan daun bawang yang menawarkan aroma segar dan harum masakan. Bumbu penting juga harus ditambahkan seperti: jinten, ketumbar, cayene, garam, merica, dan tambahan beling fava yang telah di blender serta tepung sebagai penguat. Dibentuk lingkaran dan kemudian di goreng. Makanan ini sangat terkenal sekali di Mesir dan harus anda coba.

#3. KOSHARI.
Poto credit: lifevegans.com

Termasuk resep kuliner khas tradisional Mesir yang tersedia di beberapa kawasan ibarat restoran dan street food. Tempat penjualanan di street food  ibarat booth atau gerobak dari penduduk lokal, jadi pastinya harganya lebih terjangkau kalau anda membeli di restoran. Saat disajikan pastinya ada nasi, makaroni, lentil, sayur kacang, dan ditambah dengan bawang goreng, saus merah, dan beberapa tambahan lainnya. Kaprikornus ketika anda menyantapnya akan terasa beberapa adonan rasa gurih dan unik. Jika ada seorang vegetarian ini lah sajian yang sangat direkomendasikan untuk disantap ketika di Mesir. 

#4. MAHSHI.
Poto credit: alltop10.org

Jika anda seorang vegetarian sajian Mahshi ini sebagai rekomendasi terbaik untuk wisata masakan yang harus anda coba. Bahan dasar sayuran pilihan yang ada di Mesir ini tentu jumlah macam ragam cukup banyak ibarat zucchini, terong, paprika, tomat, sayur kol, dan daun grapevine. Saat penyajian tentu saja terdiri dari nasi, dan beberapa bumbu herbal masakan ibarat parsley, cilantro, dill. Tidak lupa tomat yang telah diberi bumbu ditambah sedikit kayu manis. Mempertinggi rasa ada juga sajian dasar yang ada ini ditambahkan dengan beberapa potongan daging dan pastinya rasa menjadi lebih gurih dan menggugah selera.


Baca juga:

#5. SHAWARMA.
Poto credit: unileverfoodsolutions.eg

Menu kuliner yang niscaya menjadi rekomendasi untuk dicicipi yakni Shawarma. Menurut sejarahnya kuliner ini berasal dari gyros Yunani yang cukup terkenal ini menjadi khas di Mesir. Untuk selera pilihan sanggup diadaptasi selera yaitu daging ayam atau lainnya, dimana proses pembuatannya direndam dengan rempah-rempah khas Timur Tengah dan memasak hingga hancur ibarat lemak yang mencair diatas pembakaran. Daging yang dimasak tersebut akan masak tepat dengan bab luar yang sangat enak untuk digigit dan rasanya sangat unik. Tipe kuliner yang sangat khas dari Mesir ini disajikan bersama tahini dan dengan saus tomaya {saus bawang merah}. Jika anda ingin mendapat kuliner yang cepat tersajikan Shawarma salah satu sajian yang sangat direkomendasikan dan pastinya ibarat fast food yang banyak dijual di kaki lima di kota Mesir.

#6. MACARONI BECHAMEL.
Poto credit: palatablepastime.com

Makanan yang khas lainnya di kota Mesir yaitu berjulukan Makaroni Béchamel sebagai kenyamanan untuk menikmati makanan. Inilah lagsagna versi Mesir atau makaroni dengan keju. Pastinya adanya mi rigatomi dengan tambahan daging cincang yang ditambahkan dengan saus tomat tetapi ada saus unik lainnya yang ditambahkan di meni ini. Kaprikornus anda yang ingin pilihan lain kuliner khas lainnya sajian ini patut anda coba ketika berada di sana.

#7. MOLOKHIA.
Poto credit: homeisakitchen.com

Jenis hidangan yang ada di Mesir termasuk dalam zona tradisional ini lah rekomendasinya yaitu Molokhia. Menu yang dipersiapan dari rebusan beberapa daun hijau yang dipotong sesuai dengan ukurannya ini juga ditambahkan dengan daging ayam, kaldu sapi, bahkan sea food ini bercampur dengan bumbu yang cukup lengkap ini menjadi hidangan yang sangat lezat. Saat disantap pastinya ditambah dengan roti atau nasi sesuai dengan selera. Setiap penyajiannya di beberapa wilayah ada perbedaan itulah yang menjadi keunikan yang harus anda coba ibarat di pesisir banyak memakai sea food, dan wilayah yang jauh dari pesisir diganti dengan daging ayam, daging sapi, bahkan daging kambing. Traveler menyebutnya hidangan yang sangat sehat dan banyak sekali mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan badan cocok sekali bagi anda yang ingin melanjutkan perjalanan estafet ke negara terdekat.

#8. FATTAH.
Poto credit: kitchenani.com

Hidangan yang selalu ada di perayaan besar di kota Mesir kuno hingga kini masih ada dan wajib anda coba. Termasuk kuliner khas Mesir juga menjadi hidangan terhormat di perayaan besar ibarat Idul Fitri dan Idul Adha sebagai hidangan yang disantap bahu-membahu pastinya memiliki keistimewaan. Memang benar, ketika disajikan disantap bersama dengan roti yang renyah krispi, nasi, daging, dan saus khusus yang terbuat dari tomat dan cuka. Untuk waktu tertentu penggantian daging ini sanggup diadaptasi dengan selera apakah daging ayam atau daging kambing. Mungkin anda pernah berkunjung ke Lebanon penyajiannya memakai alat pemanggang ayam dengan tomaya. Sepintas terlihat sangat sederhana tetapi rasa yang enak pastinya anda tidak akan kecewa untuk merasakan ketika berada di kota Mesir.

#9. FESEEKH.
Poto credit: egyptianstreets.com

Makanan yang sangat disenangi dan disukai oleh penduduk lakal Mesir berjulukan Feseekh. Terbuat dari fermentasi ikan dimana ikan tersebut menjadi kering di bawah sinar matahari dan kemudian direndam di air garam selama satu bulan. Sangat terkenal sekali kuliner yang ada di isu terkini panas, ketika penyajiaanya Feseekh merupakan kuliner utama dan disajikan dengan tambahan lain ibarat potongan ikan di salat serta roti pita. Memang sebagian traveler menyebutnya kuliner uji nyali tetapi kalau anda memiliki keberanian untuk menyantapnya ketika berada di kota Mesir harus mencobanya.

Baca juga:
Jangan Lupakan Oleh-Oleh Khas Mesir Sebelum Kembali Pulang Ke Tanah Air

#10. ROZ BEL LABAN.
Poto credit: geniuskitchen.com

Merupakan dessert khas Mesir yang harus anda coba disaat kuliner berat yang telah disantap diakhiri dengan hidangan pencuci lisan yang lezat. Roz Bel Laban berarti beras dengan susu versi dari kota Mesir yaitu berbentuk puding. Jika anda penggemar puding dari beras yang dimasak bersama dengan susu ketika disajikan ditambahkan dengan krim dan toping potongan pistachio. Walaupun terlihat sangat sederhana tetapi anda tidak akan pernah melupakanan betapa enaknya hidangan ini.

#11. UMM ALI.
Poto credit: thespruceeats.com

Hidangan yang sudah ada semenjak era ke 13 ini berjulukan Umm Ali berarti hidangan dari Ibu Ali. Sangat melegenda sekali disaat istri dari Sultan Ezz El Din Aybak menciptakan hidangan ini ketika berada di perayaan dan dibagikan ke penduduk. Sejak hidangan ini dibentuk dan disantap bahu-membahu maka nama sajian tersebut menjadi Umm Ali. Jenis kuliner epilog atau dessert yang disantap bersama dengan roti sejenis puff pastry ini dengan susu, gula ya ibarat versi puding roti Mesir. Diatasnya ditambahkan dengan kismis, kacang-kacangan, dn irisan daging kelapa. Sangat enak sekali dan anda harus mencoba ketika berada di kota Mesir.

#12. KONAFA.
Poto credit: arabacademy.com

Ingin merasakan hidangan manis khas dari Mesir cobalah Konafa, yang bentuk potongan yang diparut dan diisi dengan jenis krim atau keju, kemudian dipanggang ketika disajikan ditambahkan dengan sirup. Hidangan ini memang banyak ditemukan ketika bulan suci Ramadhan ini dengan rasa yang sangat enak dan harus anda coba. Jika anda telah mencoba manisan khas Mesir dan cocok sekali ketika waktu senggang camilan yang wajib ini harus disisipi ketika menikmati kota Mesir kuno yang masih harus anda datangi sesuai dengan itinerary perjalanan yang telah disiapkan.



#13. SAHLAB.
Poto credit: pinterest.com/pin/365073113516542187/

Jika anda ingin mencoba minuman hangat rasanya manis di Mesir cobalah Sahlab. Sangat enak dan pastinya di suasana hambar menghangatkan tubuh. Sahlab terbuat dari susu panas yang ditambahkan bubuk akar anggrek murni yang menawarkan rasa yang cukup kuat. Tetapi ketika kini ini telah tersedia dalam bentuk sachet yang tentu lebih mudah dan istant untuk dibentuk dengan banyak sekali varian rasa ibarat vanila, manis gula, atau rasa kayu manis. Bahkan ada penjual menambahkan beberapa toping tambahan ibarat potongan pisang atau buah stroberi. Ada juga versi yang sangat tradisional yang juga direkomendasikan untuk dicoba yaitu Sahlab dengan kayu manis, parutan kelapa, potongan pistachio, bahkan ada tambahan kismis. Hampir seluruh tema ibarat ini sangat enak dan memiliki rasa yang sangat unik dan harus anda coba ketika berada di Mesir.

Baca juga:

Sumber https://plesirankotatua.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel