Dasar Pemrograman Java Dengan Netbeans

Sebelum kita berguru lebih lanjut perihal Dasar Pemrograman Java dengan Netbeans, silahkan siapkan Netbeans yang bisa anda download di website Official Netbeans atau bisa juga di URL ini : https://netbeans.org/downloads/index.html

Dalam Pemrograman berbasis Objek Seperti Java Netbeans, dikenal dengan beberapa elemen-elemen dasar diantaranya :
a. Class penggambaran dari sebuah object. mari kita ambil teladan sebuah alat transportasi, kita tahu bahwa berbagai alat transportasi ibarat mobil, motor, sepeda, pesawat, kereta nah kita anggap alat transportasi itu sebagai sebuah class.

kemudian pada sebuah kendaraan kita tahu ada terdapat merk, type kendaraan, tahun pembuatan, no kendaraan dll, nah kita anggap itu sebagai sebuah properties.

Selanjutnya sebuah kendaraan itu kita tahu bisa bergerak maju, mundur, bergerak kekiri dan kekanan, mari kita anggap itu sebuah Method.
public class transportasi

{

    public static void main(String[ ] args)

   { 

       kendaraan motor=new motor();

    } 

}

b. Inheritance merupakan proses pewarisan data dari method dan variable class super kepada sub class
public class anak extends bapak

{

    public class anak()

   }

       //program 

   } 

}

c. Polymorphism merupakan kemampuan objek sanggup mendapatkan banyak bentuk. dicontohkan sebuah method sanggup memiliki nama yang sama tetapi sanggup mendapatkan parameter yang berbeda.

public belajarpoly (String a) {}

public belajarpoly (String a, int b {}

d. Encapsulation yaitu mengemas sebuah object sehingga dikala akan dipakai kita tidak perlu tahu perihal detail implementasinya, user hanya mengetahui variable input dan ouput.
public void setNama(string a)

{

}

public string getNama()

{

}

Set adalah proses derma nilai kedalam method semoga selanjutnya sanggup diolah, sedangkan

Get 
 proses mendapatkan nilai yang telah diolah


e. Event adalah metode untuk menangani suatu kejadian atau agresi yang diberikan user kepada suatu program, ada 3 jenis event yaitu :

  • Event source : komponen yang mendapatkan sebuah event, yang sanggup ditangkap oleh event listener.
  • Event Listener : komponen yang menangkap event yang diberikan oleh event source
  • Event handler : penanganan yang memilih proses selanjutnya sesudah mendapatkan event
    Contoh : teman aku lapar, aku memiliki makanan(source), aku mengetahui teman aku lapar(listener), maka aku memberi kuliner itu ke teman aku (handler).
f. Exception adalah suatu pengecualian yang terjadi selama agenda berjalan.
g. Try -Catch merupakan penangkap exception atau kesalahan pada blok try untuk lalu diberikan pada clause catch.
Try

{

    // program 

}

Catch (exception e)

{

    JOptionpane.showMessage (null, e.getMessage()); 


Agar Lebih terperinci silahkan download file PDF perihal Dasar Netbeans Klik Disini


Sedangkan untuk tutorial youtube silahkan lihat dibawah :


Demikianlah dasar - dasar Pemrograman Java Dengan Netbeans, selanjutnya aku akan postingkan perihal cara menciptakan database di neatbeans. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel