Kunci Tanggapan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 5 Halaman 13, 15, 16, 17 – Buku siswa kelas 5 tema 5 edisi revisi 2017 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema 1 berjudul Komponen Ekosistem.
 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Pada subtema 1 pembelajaran 2 terdiri dari 10 halaman yaitu halaman 9-18. Dalam pembelajaran 2 ini terdiri dari beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Berlatih halaman 9, 15, dan 17
  • Ayo Membaca halaman 10 dan 13
  • Ayo Menulis halaman 16
  • Ayo Berkreasi halaman 17
  • Ayo Renungkan halaman 18


Di antara subjudul-subjudul di atas, terdapat soal-soal yang harus dikerjakan oleh teman-teman.. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 13, 15, 16, 17. Berikut ini kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 13-17 :

Ayo Membaca

Pada halaman 10 hingga 12, terdapat sebuah teks yang harus dibaca.

Jenis-Jenis Ekosistem
Pada dasarnya, ekosistem yang ada di dunia dibagi menjadi dua, yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terdiri atas ekosistem air dan ekosistem darat. Ekosistem air terdiri atas ekosistem air tawar dan ekosistem air asin. Ekosistem darat terdiri atas ekosistem hutan, padang rumput, padang pasir, tundra, dan taiga. Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan insan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sawah dan bendungan merupakan dua pola ekosistem buatan.

Ekosistem air tawar misalnya ekosistem danau, kolam, dan sungai. Ekosistem air tawar mendapat cukup sinar matahari. Tumbuhan yang paling banyak hidup pada ekosistem ini yaitu ganggang. Ekosistem air asin misalnya ekosistem terumbu karang dan ekosistem bahari dalam. Berbagai jenis ikan, kerang, koral, dan makhluk bahari lainnya hidup pada ekosistem ini. Terdapat juga beberapa jenis binatang kecil dan tumbuhan alga yang sanggup menciptakan sendiri makanannya.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17
Ekosistem darat misalnya ekosistem hutan hujan tropis, sabana, padang rumput, gurun, taiga, dan tundra. Ekosistem darat ini dibedakan oleh tingkat curah hujan dan iklimnya. Perbedaan tersebut mengakibatkan jenis tumbuhan dan binatang yang ada di dalamnya juga berbeda. Tumbuhan menyerupai rotan dan anggrek, serta binatang menyerupai kera, burung, badak, dan harimau, berada pada ekosistem hutan hujan tropis. Ekosistem sabana mempunyai curah hujan yang lebih rendah daripada ekosistem hutan hujan tropis. Hewan-hewan yang hidup di sabana antara lain banyak sekali jenis serangga dan mamalia menyerupai zebra dan singa.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17
Ekosistem padang rumput mempunyai curah hujan yang lebih rendah dibandingkan dengan ekosistem sabana. Tumbuhan khas ekosistem yaitu rumput. Hewan yang hidup pada ekosistem ini misalnya bison, singa, anjing liar, serigala, gajah, jerapah, kanguru, dan ular. Gurun merupakan ekosistem yang paling gersang sebab curah hujan yang sangat rendah. Tumbuhan jenis kaktus yang mempunyai duri untuk mengurangi penguapan banyak tumbuh di sini. Hewan-hewan yang bisa hidup pada ekosistem ini antara lain semut, ular, kadal, kalajengking, dan beberapa binatang malam lainnya.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17
Suhu pada ekosistem taiga sangat rendah pada isu terkini dingin. Taiga biasanya merupakan hutan yang tersusun atas satu jenis tumbuhan menyerupai cemara, pinus, dan sejenisnya. Hewan menyerupai beruang hitam dan ajag, biasanya hidup di ekosistem ini. Tundra merupakan ekosistem yang hirau taacuh dan kering. Banyak jenis tumbuhan tidak bisa hidup pada ekosistem ini sebab rendahnya suhu lingkungan sepanjang tahun. Akar-akar tumbuhan tidak sanggup tumbuh pada suhu yang dingin. Tumbuhan jenis rumput tertentu saja yang bisa bertahan. Beberapa jenis burung bersarang di ekosistem tundra pada ketika isu terkini panas, menyerupai angsa dan bebek.
Sumber bacaan: McGraw-Hill Science. Ecosystems Around the World.

Pada halaman 13, teman-teman diminta menuliskan pikiran utama dan info penting dari teks tersebut di tabel yang tersedia.

Jawaban (Halaman 13) 


Ayo Membaca

Pada halaman 14, teman-teman diminta membaca sebuah teks yang disajikan.

Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
Berdasarkan jenis makanannya, binatang dikelompokkan menjadi tiga golongan. Ketiga golongan itu yaitu golongan herbivor, karnivor, dan omnivor.

Kelompok binatang herbivor merupakan binatang yang makanannya berasal dari tumbuhan. Hewan ini mempunyai susunan gigi yang khas. Gigi binatang ini terdiri atas gigi seri dan gigi geraham, dan tidak mempunyai gigi taring. Gigi seri berada di depan dan tajam. Gigi ini berkhasiat untuk memotong makanan. Sementara itu, gigi geraham berfungsi untuk menghaluskan masakan yang telah dipotong oleh gigi seri. Contoh binatang yang termasuk kelompok ini yaitu sapi, kelinci, kerbau, dan rusa.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17
Kelompok binatang karnivor yaitu kelompok binatang yang memakan binatang lain. Sebagian besar binatang yang termasuk di dalam kelompok ini merupakan binatang buas dan liar. Hewan ini harus berburu untuk mendapat makanan. Oleh karenanya, binatang ini mempunyai gigi taring yang tajam dan kuat. Gigi taring berkhasiat untuk merobek dan mengoyak mangsa. Hewan ini juga mempunyai gigi seri yang tajam dan besar lengan berkuasa meskipun berukuran kecil. Gigi ini juga berfungsi untuk memotong makanan. Hewan yang termasuk dalam kelompok ini yaitu harimau, singa, anjing, buaya, dan ular.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17
Kelompok binatang omnivor merupakan kelompok binatang yang makanannya berasal dari tumbuhan maupun binatang lain. Hewan omnivor mempunyai susunan gigi tersendiri. Gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham binatang ini berkembang dengan baik untuk menyesuaikan dengan makanannya. Gigi seri dan gigi taring dipakai ketika memakan masakan yang berupa binatang lain. Sementara itu, gigi seri dan gigi geraham dipakai ketika memakan masakan berupa tumbuhan. Orangutan, gorila, dan monyet, merupakan beberapa pola binatang yang termasuk dalam kelompok ini.
Sumber bacaan: BSE IPA Kelas 4 2010

Pada halaman 15, teman-teman diminta menciptakan pertanyaan menurut teks di atas.

Jawaban (Halaman 15)

1. Apa saja golongan binatang menurut jenis makanannya?
2. Apa ciri khas dari gigi binatang herbivora?
3. Apa fungsi dari gigi taring yang dimiliki binatang karnivora?
4. Mengapa setiap jenis binatang mempunyai susunan gigi yang berbeda?

Jawabannya :
1. Hewan herbivor, karnivor, dan omnivor.
2. Memiliki gigi seri dan geraham tanpa gigi taring.
3. Untuk merobek dan mengoyak mangsa.
4. Karena antara jenis masakan antara herbivor, karnivor, dan omnivor mempunyai perbedaan tekstur. Ada yang gampang hancur dan sulit hancur.

Ayo Berlatih

Pada halaman 15, teman-teman diminta melaksanakan aktivitas berikut ini bersama dengan sobat satu kelompok yang terdiri atas empat atau lima orang. Sediakanlah kertas ukuran A3, spidol, pensil, dan penggaris.
Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Lakukan undian untuk memilih abjad pertama nama hewan.
2. Ketika telah mendapat abjad pertama nama hewan, semua anggota kelompok menyebutkan nama hewan-hewan yang mempunyai abjad depan yang sama. Salah satu anggota menuliskan di dalam tabel.
3. Ulangilah hingga paling sedikit lima kali undian.
4. Lengkapilah tabel yang telah dibentuk dengan menuliskan nama jenis masakan dan kelompok binatang tersebut.
5. Bersama dengan kelompokmu, tuliskan kesimpulanmu pada kotak di bawah ini.

Jawaban (Halaman 15-16)

Penggolongan binatang menurut jenis makanannya

Kesimpulan :
Berdasarkan jenis makanannya, binatang dibedakan menjadi 3 yaitu herbivor, karnivor, dan omnivor.

Ayo Menulis

Pada halaman 16 hingga 17, teman-teman diminta menciptakan sebuah karangan nonfiksi paling sedikit tiga paragraf. Karangan nonfiksi dibentuk dengan memakai data-data, fakta, dan info pendukung lain.
Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Pilihlah satu binatang dari setiap kelompok binatang menurut penggolongannya. Pilihlah binatang yang paling kau sukai.
2. Carilah info ihwal binatang tersebut, termasuk habitat asli, jenis makanan, serta cara binatang tersebut mendapat dan memakan makanannya.
3. Gunakan hasil pengamatan dan info penting yang telah kau dapatkan dari bacaan untuk melengkapi tulisanmu.
4. Kamu juga sanggup melengkapi tulisanmu dengan gambar binatang yang kau tuliskan.
5. Tuliskan klarifikasi ihwal kedua binatang tersebut pada selembar kertas dengan goresan pena yang rapi!

Jawaban (Halaman 16-17)

Teks 1
Kambing
Kambing merupakan salah satu jenis binatang ternak. Habitat orisinil kambing yaitu alam liar menyerupai padang rumput, hutan, atau perbukitan yang bersahabat dengan sumber makanan. Namun, kambing ternak hidup di sangkar yang dibentuk insan sebab memang sengaja untuk dipelihara.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Kambing menyukai dedaunan dan rerumputan sehingga binatang ini tergolong binatang herbivor. Hewan ini mendapat masakan dari tumbuh-tumbuhan yang berada di sekitarnya. Sedangkan kambing ternak mendapat masakan dari majikannya (peternak).
Kambing termasuk pemamah biak yang mencerna makanannya dalam 2 tahap. Tahap pertama, masakan dikunyah dengan lisan kemudian masuk ke lambung. Setelah dicerna di lambung, masakan akan keluar lagi menuju lisan untuk dikunyah kedua kalinya. Kemudian masakan akan masuk ke lambung untuk dicerna lebih lanjut.

Teks 2
Musang
Musang yaitu salah satu binatang karnivor. Di Indonesia sendiri terdapat 4 jenis musang yang cukup dikenal yaitu luwak, bintaruong, musang akar, dan musang bulan/galing. Hewan ini biasanya hidup liar di pepohonan atau bersembunyi di sela-sela bebatuan. Namun ada juga musang yang sengaja dipelihara.

 diterbitkan dengan judul Ekosistem dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 Halaman 13, 15, 16, 17

Musang termasuk binatang karnivora sebab binatang ini pemakan daging. Hal ini bisa dilihat dari taring yang dimilikinya. Musang memperoleh masakan dari ayam-ayam ternak milik penduduk. Hal ini mengakibatkan musang sebagai musuh para peternak ayam. Sedangkan musang liar biasanya mendapat masakan dari alam sekitarnya.
Musang mempunyai jenis yang cukup banyak. Selain pemakan daging, ada jenis musang yang menyukai buah-buahan atau kopi. Luwak yaitu salah satu contohnya. Hewan ini menyukai kopi. Kotorannya yang berupa biji kopi, sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ayo Berlatih

Pada halaman 17, teman-teman diminta menjawab beberapa yang disajikan.

Jawaban (Halaman 17)

1. Sebutkan paling sedikit tiga jenis ekosistem yang kau ketahui. Jelaskan perbedaan ciri-ciri di antara ketiganya.
Ekosistem gurun, taiga, dan tundra.

Perbedaan :
  • Gurun : gersang, curah hujan sangat rendah.
  • Taiga : bersuhu sangat rendah ketika isu terkini dingin, hanya satu jenis tumbuhan yang hidup di sana
  • Tundra : dingin, kering, sedikit tumbuhan yang bisa hidup di sana

2. Sebutkan paling sedikit dua perbedaan antara hewan-hewan herbivor, karnivor, dan omnivor.

  • Jenis masakan : herbivor pemakan tumbuhan, karnivor pemakan binatang lain, sedangkan omnivor pemakan tumbuhan dan binatang lain.
  • Susunan gigi : herbivor mempunyai gigi seri dan geraham tanpa taring, karnivor mempunyai gigi taring,  sedangkan omnivor mempunyai semua jenis gigi.


3. Perhatikanlah susunan gigi manusia. Menurut susunan dan bentuk gigi, insan termasuk dalam golongan herbivor, karnivor, atau omnivor? Jelaskan.
Manusia termasuk golongan omnivor sebab gigi insan terdiri atas gigi seri, geraham, dan taring yang menciptakan insan bisa memakan segala jenis masakan baik dari tumbuhan maupun hewan.

Demikian kunci balasan buku siswa kelas 5 tema 5 Ekosistem halaman 13, 15, 16, 17. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel