Kunci Balasan Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 3 Dan 5

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 6 Halaman 3 dan 5 – Buku siswa kelas 6 tema 6 edisi revisi 2018 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema 1 berjudul Masyarakat Peduli Lingkungan.
 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 3 dan 5

Pada subtema 1 pembelajaran 1 terdiri dari 6 halaman yaitu halaman 1-6. Dalam pembelajaran 1 ini terdapat beberapa subjudul yaitu :

  • Ayo Mengamati halaman 2
  • Ayo Berdiskusi halaman 3
  • Ayo Membaca halaman 4
  • Ayo Berlatih halaman 5
  • Ayo Renungkan halaman 6


Di antara subjudul-subjudul tersebut, teman-teman akan menemukan soal-soal yang harus dikerjakan. Pada postingan ini saya mencoba membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang disajikan di halaman 3 dan 5. Berikut ini kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 halaman 3-5 :

Ayo Mengamati

Pada halaman 2, disajikan beberapa gambar yang harus teman-teman amati.
 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 3 dan 5

Ayo Berdiskusi

Pada halaman 3, teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan menurut gambar yang tekah diamati tadi.

Jawaban (Halaman 3)

1. Apa saja aktivitas masyarakat yang ditunjukkan pada gambar di atas?
Kerja bakti membersihkan lingkungan, menanam pohon, antre untuk membayar pajak, dan melaksanakan aktivitas siskamling.

2. Mengapa warga masyarakat melaksanakan aktivitas ibarat pada gambar?
Karena semua aktivitas itu merupakan kewajiban masyarakat.

3. Apa saja kewajibanmu sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari?
Menaati undang-undang yang berlaku, menggunakan helm dikala naik motor, belajar, menjaga kerukunan dengan teman, dan menjaga kebersihan lingkungan.

4. Bagaimana cara menawarkan kepedulianmu terhadap lingkungan?
Dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan, dan menyirami tumbuh-tumbuhan yang ada di rumah.

Ayo Membaca

Pada halaman 4 hingga 5, disajikan sebuah teks perihal makna proklamasi yang harus dibaca untuk menambah pengetahuan teman-teman.

Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia
Proklamasi berasal dari kata “proclamatio”, (dari bahasa Yunani), yang mempunyai arti ‘pengumuman resmi kepada seluruh rakyat’. Pengumuman yang dimaksud yaitu pengumuman yang bekerjasama dengan ketatanegaraan.

Setiap bangsa niscaya menginginkan kemerdekaan sebab kemerdekaan merupakan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia pernah mengalami masa penjajahan cukup usang dan menciptakan rakyatnya menderita. Karena alasan itulah bangsa Indonesia bekerja sama, pundak membahu dengan sekuat tenaga berjuang untuk memperoleh kemerdekaannya.

 diterbitkan dengan judul Menuju Masyarakat Sejahtera dengan subtema  Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 6 Kelas 6 Halaman 3 dan 5
Perjuangan bangsa Indonesia terwujud secara resmi sesudah Soekarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan ke-merdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan Soekarno-Hatta mempunyai makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh negara-negara lain. Indonesia menjadi bangsa dan negara yang mempunyai kedudukan yang sama dan sederajat serta mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan negara-negara lain yang sudah merdeka dalam relasi internasional.

Proklamasi kemerdekaan juga mempunyai makna yang lain, di antaranya sebagai berikut.

a. Proklamasi sebagai puncak usaha bangsa Indonesia.
b. Proklamasi sebagai awal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
c. Proklamasi kemerdekaan sebagai titik tolak perubahan aturan kolonial menjadi aturan nasional.
d. Proklamasi menjadi pintu gerbang menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Kemerdekaan merupakan keinginan dan tujuan yang ingin dicapai oleh setiap bangsa di dunia, begitu juga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah mengambil perilaku untuk memilih nasib sendiri dalam segala aspek kehidupan. Bangsa Indonesia mempunyai kewajiban untuk mempertahankan kemerdekaan dan mengisi kemerdekaan yang telah diraih, dengan cara meningkatkan taraf kehidupan bangsanya, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. Proklamasi kemerdekaan sanggup dijadikan jembatan emas bagi bangsa Indonesia menuju masyarakat yang sejahtera, adil, dan makmur.

Sumber : 
Subekti, Ari dkk. (2018). Tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Buku Siswa SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Ayo Berlatih

Setelah membaca teks tersebut, pada halaman 5 teman-teman diminta menjawab beberapa pertanyaan secara lisan.

Jawaban (Halaman 5)

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan lisan!
1. Apa judul teks pada bacaan di atas?
Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

2. Apa kata kunci pada judul bacaan di atas?
Makna proklamasi.

3. Informasi apa yang diperoleh dari bacaan menurut kata kunci?
Proklamasi mempunyai makna bahwa bangsa Indonesia telah merdeka dan berdaulat, Indonesia mencapai puncak perjuangannya, Indonesia lahir sebagai NKRI, Indonesia menjadi negara yang menganut aturan nasional, dan Indonesia telah mencapai pintu gerbang untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

4. Apa yang sanggup kau lakukan sebagai warga masyarakat dalam memaknai kemerdekaan?
Selalu mengingat jasa para pahlawan, mencar ilmu lebih tekun untuk memajukan bangsa, peduli terhadap lingkungan, dan menjaga kerukunan semoga keutuhan NKRI terjaga.

Demikian kunci tanggapan buku siswa kelas 6 tema 6 Menuju Masyarakat Sejahtera halaman 3 dan 5. Semoga membantu teman-teman dalam menjawab soal-soal yang disajikan.
Sumber https://koesrow.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel