5 Grup Band Indie Terbaik Di Indonesia

Banyak musisi Indonesia yang mempunyai karya yang luar biasa hebat, mulai dari yang berkarya hingga ke seluruh negeri bahkan hingga ada yang hingga go internasional. Kita harus gembira terhadap musisi-musisi indonesia pada ketika ini, sebab bukan hanya membuat diri mereka sendiri pamor, akan tetapi mereka membawa harum nama indonesia di kanja internasional. 

 Banyak musisi Indonesia yang mempunyai karya yang luar biasa andal 5 Band Indie Terbaik Di Indonesia
Indie Indonesia

Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu grup musik Indie?

Bagi kalian yang berfikiran bahwa indie ialah sebuah genre, itu salah sobat. Indie sendiri bukanlah suatu genre musik, melainkan sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, tidak bergantung sama sebuah label musik atau sebagainya. Band Indie cenderung membuat lagu sesuai dengan apa yang mereka sukai dan genre yang mereka inginkan, jadi tidak hanya pop saja, yang terpenting mereka berkarya, menciptkan lagu-lagu yang mereka inginkan.

Jujur saja, aku pribadi lebih menyukai grup musik indie dibandingkan dengan band-band yang sedang popular dalam negeri ketika ini. Bukan berarti mereka tidak lebih baik dari apa yang aku suka, ini dilihat dari sudut rasa suka, rasa suka seseorang terhadap seni itu berbeda tidak bisa di sama ratakan begitu saja, yang terpenting kita tetap mengapresiasi karya-karya yang mereka ciptakan, toh kita hanya penikmat.

Di indonesia berbagai band-band indie yang berdasarkan aku karyanya benar-benar sangat berkelas, bukan hanya sekadar lirik cinta saja yang mereka tulis, namun lirik yang mereka gunakan memakai rasa khayal yang lain, bahkan bisa membuat kita berimajinasi. Menurut aku itu suatu hal yang sangat bagus, sebab kehadiran mereka menjadi nuansa yang berbeda di dunia musik indonesia yang aku rasa sudah terlalu monoton.

Berikut ialah 5 grup musik indie terbaik berdasarkan aku pribadi, bila berdasarkan kalian berbeda ya semoga saja, menyerupai yang aku bilang, seni tidak bisa di sama ratakan hehe.

1. Payung Teduh

Siapa yang tidak mengenal dengan grup musik yang satu ini? yak salah satu grup musik indie yang bergenre jazz yang sangat populer dengan lagu Akadnya. Sebenarnya grup musik ini sudah aku sukai semenjak tahun 2016, namun Payung Teduh mendadak sangat popular dengan lagu yang berjudul Akad. Jujur saja, memang lagu tersebut sangat yummy nadanya, mungkin kebanyakan dari kalian juga merasa menyerupai itu. Selain yummy nadanya, dalam lagu ini juga mengandung lirik yang begitu indah, seolah-olah semua orang ingin menyampaikan lirik tersebut. 

Hal ini menandakan bahwa grup musik indie yang tidak begitu famous bisa bersaing dengan grup musik yang sudah sangat popular di Indonesia, bahkan aku rasa melampaui. Namun sangat disayangkan, grup musik ini dinyatakan bubar, aku tidak begitu tahu apa alasan mereka bubar, yang terang lagu mereka masih akan terus disukai oleh masyarakat indonesia.

2. Stars And Rabbit

Wahhh!! ini ia grup musik indie favorit aku hehe, semenjak Sekolah Menengah Pertama aku selalu menyukai hal-hal yang berupa fantasy, atau dunia dongeng. Sejak aku tahu grup musik ini, aku seneng haha. Saya sendiri belum tahu apa genre dari Stars And Rabbit, bahkan mereka sendiri pun galau apa genre mereka, yang terang lirik yang mereka gunakan ditulis pribadi oleh penyanyinya yaitu mbak Elda, seorang mantan vokalis Evo.

Band ini terlahir pada kota Yogyakarta. Yang membuat aku sangat menyukai grup musik ini ialah lirik yang mereka gunakan selalu unik, serta alur dongeng dalam lagu mereka semua berisi perihal kehidupan mbak Elda itu sendiri, serta nada lagu yang begitu berbeda dengan lagu-lagu yang aku dengar. Saya sangat menyukai lagu-lagu Disney, semenjak aku mendengar Stars And Rabbit aku merasa bahwa mereka ialah Disneynya Indonesia.

Lagu yang paling popular dari Stars And Rabbit ialah Man Upon The Hill, lagu yang pernah di pakai dalam film karya Ernest Prakasa yang berjudul Susah Sinyal. Biasanya lagu tersebut selalu dijadikan epilog di acara-acara grup musik indie, jujur aku selalu merinding ketika menonton pribadi Stars And Rabbit ketika membawakan lagu ini di final acara, mungkin sebab memang aku suka.

3. Fourtwnty

Yaa grup musik ini ialah grup musik indie kedua yang aku sangat sukai, sebab gaya vokalis yang hampir sama dengan mbak Elda Stars And Rabbit, yaitu selalu nyeker ketika bernyanyi serta melaksanakan gestur badan yang anti mainstream. Lagu yang mereka ciptakan sangat yummy untuk di dengar, terutama yang berjudul Zona Nyaman dan Fana Merah Jambu.

Siapa coba yang tidak kenal dengan lagu Zona Nyaman? Di youtube saja views yang mereka dapatkan sudah mencapai 50jt views. Yaa lagu ini pernah di pakai dalam film Filosofi Kopi yang kedua.

4. Efek Rumah Kaca

Efek rumah beling ialah salah satu grup musik indie dengan genre jazz juga sobat, bagi kalian yang menyukai jazz dengan lirik yang begitu puitis, Efek Rumah Kaca aku rasa menjadi rekomendasi terbaik. Lagu-lagu yang mereka ciptakan pun aku rasa yummy di dengar, dan cocok sekali di dengar kepada kalian yang sedang galau, atau dalam sedang perjalanan dimobil.

5. Banda Naira

Yang terakhir ialah Banda Neira, lagu-lagu mereka sangat yummy sekali nadanya sobat! cocok sekali di dengarkan ketika lagi berpisah dengan seseorang, dalam perjalanan, atau bahkan sedang mencicipi ke galauan, semua itu bisa di campur aduk di dalam lirik per lirik lagu Banda Neira.

Senasib dengan Payung Teduh, grup musik indie yang satu ini juga bubar, entah apa alasannya. Namun yang terang aku sangat menyukai lagu-lagunya yang begitu enak, anti mainstream, serta nada lagu yang begitu berbeda, mungkin hanya Banda Neira yang mempunyai lagu menyerupai itu di Indonesia pada ketika ini.


Nah itulah teman 5 grup musik indie terbaik indonesia berdasarkan saya, bila berdasarkan kalian berbeda ya semoga saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel