Perbedaan Plc Dan Smart Relay

 ada yang bilang ke duanya mempunyai persamaan dalam pemrograman dan ada yang bilang ke dua Perbedaan PLC dan Smart Relay
Perbedaan PLC (Programmable Logic Control) dan Smart relay - PLC dan Smart relay, apasih ke -dua perbedaan tersebut?, ada yang bilang ke duanya mempunyai persamaan dalam pemrograman dan ada yang bilang ke duanya berbeda. Untuk mengetahui perbedaan dari ke -dua jenis tersebut eksklusif saja simak artikel berikut ini.

1. Smart Relay.

Smart Relay - Biasa disebut dengan sebuah Mini PLC ( Programmable Logic Controller ), Smart Relay sendiri merupakan sebuah pengontrol otomatis yang dipakai untuk mengontrol sebuah sistem pada sebuah mesin, Smart Relay juga berbasis Logika yang berukuran relatif kecil sebagai pengganti sistem kendali konvensional ibarat Kontaktor dan Relay. Pada I/O ( Input / Output ) biasanya Smart Relay mempunyai 10 I/O - 40 I/O. " Kenapasih disebut Smart Relay? " Karena Mempunyai bentuk yang kecil namun mempunyai kemampuan pengontrol / kendali yang tinggi dan didbekali dengan relay untuk mengontrol sistem, oleh alasannya yakni itu alat tersebut disebut dengan Smart Relay.

 ada yang bilang ke duanya mempunyai persamaan dalam pemrograman dan ada yang bilang ke dua Perbedaan PLC dan Smart Relay


Tujuan Smart Relay terbagi menjadi tiga, yaitu :

  1. Dengan terciptanya Smart Relay, maka rangkaian kontrol sanggup dibentuk secara software dan modulnya sanggup di transfer eksklusif ke Smart Relay.
  2. Smart Relay di ciptakan untuk instalasi pada electrical industry yang perawatannya tidak cukup sulit serta tidak harus mempunyai skill yang tinggi dalam bidang pemrograman.
  3. Smart Relay merupakan sirkuit kontrol yang bisa diaplikasikan pada instalasi elctrical secara langsung.
Smart Relay mempunyai keunggulan di bandingkan dengan rangkaian konvensional, yaitu :
  1. Bersifat Fleksibel dan Sangat handal - maksudnya pengaplikasian untuk smart relay bisa diaplikasikan di banyak sekali macam proyek, pola sederhananya bisa di aplikasikan dalam mesin konveyor pemisah logam dan non logam atau anda bisa memakai Smart Relay untuk mengerjakan Proyek Tugas Akhir (TA). Untuk keunggulannya sendiri, Smart Relay bisa dipakai di lingkungan industri dan bisa bertahan cukup usang untuk pemakaian lingkungan industri.
  2. Sangat Praktis Untuk Membuat Fariasi atau Modifikasi - Maksudnya disini, anda sanggup dengan gampang untuk mengganti kegiatan yang anda buat kalau terjadi kesalahan dalam kegiatan yang anda buat, dan untuk memodifikasinya anda cukup mengubah kegiatan anda sesuai dengan proses kerja pada suatu sistem kontrol.
  3. Lebih Ekonomis - Bisa dibilang penggunaan Smart Relay lebih simple dibandingkan dengan penggunaan PLC ( Programmable Logic Control ), dengan bentuknya yang sedikit ramping dan pengaplikasiannya yang cukup simple, menciptakan Smart Relay menjadi pilihan untuk memulai berguru ihwal Program kontorller.
  4. Memerlukan Waktu Tryning Lebih Pendek - Maksudnya disini, penggunaan Smart Relay untuk para pemula sebagai materi berguru cukup bagus, selain untuk mempermudah para pemula dalam belajar, Smart Relay sanggup mempermudah guru / Dosen dalam mengambarkan mata kuliah yang berkaitan dengan Smart Relay.
  5. Sangat Praktis untuk diterapkan di Berbagai Proyek Instalasi - Tidak hanya dilingkungan industri, Smart Relay juga bisa di aplikasikan untuk instalasi rumah.
  6. Hemat Waktu - Maksud disini yaitu, pada ketika anda melaksanakan maintenance, maka anda sanggup dengan gampang untuk memaintanancenya, sehingga anda sanggup mempercepat pengerjaan anda dalam memantainance tanpa menciptakan proses produksi berhenti.
2. PLC (Programmable Logic Controller )


PLC - secara umum yakni suatu alat pengontrol yang sanggup diprogram untuk mengontrol sebuah proses atau untuk mengoperasikan mesin yang terdiri dari beberapa input dan output. Untuk pengertian PLC berdasarkan aku sendiri yakni sebuah komponen pengontrol yang terdiri dari sinyal input dan sinyal output dan untuk menjalan suatu sistem kontrol dengan memakai kegiatan logika yang sudah dibentuk dan di aplikasikan sebagai pengontrol pada sebuah mesin. Dengan terciptanya alat pengontrol ini (PLC) maka pekerjaan insan sanggup terbantu dengan adanya pengontrol otomatis, ibarat yang kita tau, di industri zaman kini sudah banyak penggunaan PLC yang di terapkan, pola sederhananya pada sebuah mesin pemisah benda logam dan non logam. dengan adanya PLC maka untuk pengontrol pada suatu mesin sanggup dengan gampang di terapkan. Sehingga, anda tidak perlu repot untuk memisahkan benda logam dan non logam secara manual.
 ada yang bilang ke duanya mempunyai persamaan dalam pemrograman dan ada yang bilang ke dua Perbedaan PLC dan Smart Relay

Tujuan adanya PLC ( Programmable Logic Controller ), yaitu :
  1. PLC, di ciptakan untuk meringankan pekerjaan insan di dunia industri.
  2. Sebagai pengganti Relay, dan untuk meminimalisir penggunaan relay. Maksud disini, pada ketika dunia industri 1.0 banyak industry yang masih memakai relay, penggunaan relay disini kurang efisien lantaran kalau terjadi kerusakan sulit untuk menemukan akar dari kerusakan relay tersebut, sehingga terciptalah PLC sebagai pengganti relay.
PLC ( Programmable Logic Controller ) mempunyai keunggulan di bandingkan dengan Smart Relay, yaitu :
  1. Leader diagram - pada PLC lebih banyak dan bisa lebih panjang untuk menambahkan kegiatan Logika, Maksudnya disini, pada PLC untuk menciptakan program, anda bisa menambahkan syarat yang lebih dibandingkan dengan Smart Relay yang hanya mempunyai 5 syarat pada leader diagramnya.
  2. Memiliki Kapasitas Ruang yang Lebih - Maksudnya disini, PLC mempunyai memory penyimpanan yang cukup banyak, sehingga untuk menyimpan program, anda tidak perlu khawatir kalau PLC tidak bisa menyimpannya, namun untuk kapasitas penyimpanannya tergantung dengan tipe PLC yang anda gunakan.
  3. Tidak Praktis Rusak - Pada Pengaplikasian di Industy, Penggunaan PLC cukup cantik digunakan, lantaran PLC sendiri mempunyai ketahanan yang cukup cantik untuk di aplikasikan di lingkungan industry.
  4. Jumlah I/O yang banyak - Maksud disini yaitu banyaknya kontak yang dimiliki sebuah PLC memperlihatkan banyak laba pada penggunanya, tidak hanya pada segi finansial, namun pada sisi instalasi juga menguntungkan.
  5. Dapat melaksanakan Koreksi dengan Praktis - maksudnya disini, anda sanggup melaksanakan koreksi pada kegiatan yang anda buat, dengan akomodasi tersebut anda tidak perlu repot untuk mencari kesalahan pada kegiatan PLC.
  6. Keamanan Lebih Terjamin - Jika dilihat pada segi Keamanan, PLC bisa dibilang luar biasa aman. dari segi dokumentasi, perangkat dan hal-hal lainnya. PLC mempunyai sistem pengunci (Lock). sehingga sanggup terhindar dari pencurian program.

Jadi, Kesimpulan yang aku dapat, PLC dan Smart Relay mempunyai tugas yang sama yaitu untuk mengontrol suatu sistem pada suatu mesin atau alat yang awalnya manual menjadi Otomatis, dengan adanya ke-dua alat pengontrol tersebut, pekerjaan insan lebih ringan dan terbantu. Untuk perbedaannya sendiri bisa dilihat pada bentuk dan isi dari kapasitas yang di ciptakan, pola sederhananya bisa dilihat pada leader diagram, PLC jauh lebih unggul dibandingkan dengan Smart Relay kalau dilihat dari Leader Diagram, sesungguhnya masih banyak perbedaan yang bisa di ambil, namun dari hal tersebut merupakan salah satu pola perbedaan yang ada.

Cukup sekian pembahasan pada Artikel kali ini, kalau ingin bertanya maupun saran bisa eksklusif comment pada kolom di bawah, jangan lupa untuk berkunjung artikel yang lain ya, See You!!!

Jangan lupa berkunjung ya!!!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel