10 Tips Kondusif Sebelum Membeli Laptop Bekas


Tips-Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

Bagi anda yang ingin mempunyai sebuah Laptop, mungkin anda sedang mempertimbangkan Laptop bekas untuk dibeli. Pada artikel kali ini saya akan share kepada anda Tips-Tips Aman untuk membeli laptop bekas yang dipakai untuk keperluan anda sendiri, Alasan untuk membeli laptop bekas beragam, namun yang utama alasannya Budget anda yang cukup untuk membeli laptop bekas, Tenang saja, pada artikel kali ini anda sanggup membeli laptop dengan kondusif dan anda sanggup mempertimbangkannya.

Berawal dari pengalaman saya, Saya mempunyai seorang teman yang membeli laptop bekas di sebuah toko, pada ketika itu kebetulan harga laptop yang di jual cukup menarik perhatian teman saya, dari segi tampilan laptop tersebut tampak mulus dan kelihatan ibarat baru. Namun pada ketika sudah di beli dan di pakai selama 2 ahad laptop tersebut mengalami kendala. Pada ketika saya periksa rupanya laptop tersbut cepet panas, kemudian saya bongkar laptop tersebut dan alhasil fan pada laptop tersebut tidak berputar, saya tanyakan kembali ke teman saya kalo ia membeli laptopnya dengan harga miring dan teman saya kurang teliti ketika membeli laptop tersebut.

Dari problem tersebut timbul ide, saya menciptakan artikel menganai tips kondusif membeli laptop bekas. Mungkin dari anda ada yang mengalami hal tersebut, untuk menangani hal tersebut artikel ini sanggup jadi solusinya, saya akan membagi tips tersebut.

Sebelumnya saya mohon maaf kalau saya sok tau. Namun, hal tersebut saya sanggup dari pengalam teman saya dan saya akan menjabarkan tips-tips tersebut semoga anda paham. Baik tanpa basa-basi eksklusif ke Tipsnya, yuk di simak!.

Tips Sebelum Membeli Laptop Bekas

1. Cari Laptop? Jangan Beli Secara Online
Zaman kini merupakan zaman dimana orang mulai Shopping secara online, apa-apa serba Online, mulai dari kebutuhan keseharian hingga kebutuhan sekunder (Mobil,laptop,Motor dan sebagainya), Untuk membeli sebuah laptop bekas saya saranin untuk tidak membelinya secara online. Tapi untuk laptop gres tidak masalah.

Alasan utama yaitu anda tidak tau kondisi bekerjsama dari laptop tersebut, anda tidak sanggup mengusut laptop tersebut secara langsung. Banyak yang tertipu dengan penjual suka menipu, yang awalnya dibilang latop tersebut bagus, yang ini lah yang itu lah bla bla bla, namun di balik hal tersebut pas sudah di tangan pembeli laptop tersebut rusak, apalagi beli laptop bekas secara online, anda tidak sanggup komplin wacana laptop yang anda beri rusak. disitulah saya saranin untuk membeli laptop secara offline atau eksklusif beli ke pemilikinya / Toko,

Untuk pembelian laptop secara online sanggup saja namun secara online di facebook dengan melaksanakan pertemuan atau biasa di sebut dengan COD, dengan hal itu anda sanggup melihat spresifikasi, kondisi yang ada pada barang tersebut, kalau kurang cocok dengan gambar yang ada di foto anda sanggup eksklusif menolak membeli laptop tersebut. Saran saya jangan beli laptop Online kalau kurang percaya dengan barang tersebut.

2. Pastikan Kondisi Kelengkapannya.
Tahap yang ke dua yaitu mengusut kelengkapan yang ada pada laptop tersebut, mulai dari mouse (jika ada), Kondisi Battre, kondisi Keyboard, Mouse pad dan Charger ( yang paling utama), kemudian periksa kondisi luar laptop apakah ada cacat pada bab body, sehabis melihat bab luar periksa kondisi LCD, apakah kondisinya masih memumpuni atau ada garis-garis bekas jatuh, 

 Bagi anda yang ingin mempunyai sebuah Laptop 10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

Untuk bab spesifikasinya anda lihat terlebih dahulu di internet gres periksa pada laptop yang ingin anda beli, apakah laptop terssebut spesifikasinya masih sama dengan kondisi awal atau sudah di ubah-ubah (mulai dari Ram, Hard disk dan CD room). 

Untuk memastikan laptop tersebut bukan barang curian, mungkin anda sanggup meminta bekas garansi dari laptop tersebut, hal itu sanggup menjamin anda bahwa laptop tersebut bukan barang curian. Pastikan pada ketika beli anda mendapatkan kelengkapan yang memadai. dengan adanya kelengkapan yang cukup ibarat mouse, tas laptop, dan sebagainya, kalau anda ingin menjualnya sanggup menjadi nilai Plus untuk anda.  

3. Periksa Kondisi Segel Laptop
Pada ketika membeli laptop bekas, anda sanggup mengecek terlebih dahulu kondisi segel tersebut, biasanya segel pada laptop berada pada tutup baut untuk laptop, kalau Stiker segel tersebut tidak ada maka kemungkinan laptop tersebut pernah di bongkar atau sudah di ganti part laptopnya.  

Pastikan segel laptop masih utuh dan belum ditimpa dengan segel yang ke dua maupun yang ke tiga, Segel masih satu lapis maksud dari saya. alasannya dengan kondisi segel yang masih utuh, Insya Allah sanggup sebagai menunjukan laptop belum pernah dibongkar, dan hal tersebut sanggup jadi tanda laptop tersebut aman.

4. Pastikan Tidak Ada Kecacatan Pada Layar
Tips yang ke empat sebelum membeli laptop yaitu periksa terlebih dahulu layarnya, pastikan kondisi layar tidak buram, berbintik-bintik, dead pixel, garis-garis dan lain-lain. Kemudian goyang sedikit laptop, maksud dari itu pada ketika di goyangkan apakah laptop mati atau tidak, Berubah menjadi putih atau layar yang bergelombang.

Jika semua sudah kondusif lanjut ke tips selanjutnya.

5. Periksa Kondisi Body Laptop
Pada step selanjutnya yaitu mengusut kondisi Body laptop, yang paling utama anda periksa yaitu kondisi mouse pad nya, apakah mouse pad nya sudah rusak atau belum, yang ke dua periksa kondisi keyboardnya, hal ini untuk memastikan kepada anda apakah ada abjad yang tidak sanggup di tekan atau hurufnya terbalik.

Lanjut ke investigasi Engsel layar, Engsel layar disini berperan penting pada kondisi laptop anda. Jika anda kurang teliti dalam memeriksa, sanggup jadi engsel laptop anda sudah pernah rusak dan di ganti atau sanggup saja engselnya sudah keras dan pada ketika mau di tutup layarnya terasa berat untuk menutupinya. Untuk yang lain lainnya pastikan kalian sudah mengusut pada bab baut laptop, hal tersebut sangatlah penting, takutnya pada ketika membeli ada beberapa baut yang copot dan body gampang untuk lepas.

6. Periksa Tombol-Tombol Keyboard
Sebagai alay input pada laptop pastikan kalian sudah mengusut pada bab input untuk laptop, misalnya Keyboard pada laptop, mungkin kalian pada tau pada ketika membeli laptop bekas ada beberapa laptop yang ketika di pencet berubah dengan apa yang ada di layar, salah satu misalnya anda memencet tombol "P" sedangkan yang ada di layar malah keluar abjad "F", hal tersebut saya anjurkan untuk meneliti kembali, alasannya keyboard yaitu inputan yang penting dalam laptop.

 Bagi anda yang ingin mempunyai sebuah Laptop 10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

Contoh yang lainnya, pada ketika menekan tombol "Caps Lock" maka yang keluar malah "enter", hal tersebut sanggup saja terjadi, jadi kalau semisal anda sudah membeli laptop bekas dan sudah terlanjur dengan kenak dengan rujukan di atas, saya saranin untuk segera mengganti keyboard laptop tersebut.

Untuk mengenal ciri-ciri kerusakan pada keyboard pada laptop biasanya pada ketika membeli laptop bekas saya sarankan anda untuk mengetik semua abjad di Microsoft Word, kalau tidak ada angaka yang terbalik tahap selanjutnya mengusut mekanikal pada keyboard tersebut ibarat tekanan keyboard pada ketika sedang mengetik, kalau sehabis di tekan tombol pada keyboard tidak kembali maka kemungkinan pegas pada laptop tersebut sudah rusak. pada ketika membeli laptop pastikan kalian mengusut keyboard tersebut. Jika di rasa tidak ada hambatan langkah selanjutnya mengusut Touch pad.

7. Pastikan TouchPad Dalam Kondisi Bagus


 Bagi anda yang ingin mempunyai sebuah Laptop 10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas

Touchpad termasuk dalam perangkat keras pada laptop, fungsi touchpad itu sendiri berfungsi untuk menggantikan mouse, selain itu laptop suda di lengkapi dengan touchpad untuk melengkapi kebutuhan user, Pada ketika membeli laptop pastikan kalian mengusut kondisi touchpad terlebih dahulu, kalian sanggup mengusut touchpad tersebut dengan mengusut body touchpad itu sendiri, apakah permukaan touchpad tersebut masuh manis atau tidak, kamudian kalian sanggup mengusut tingkat sensitif pada touchpad, sehabis itu periksa posisi scroll pada touchpad, kalau di rasa semua kondusif dan dalam kondisi normal kalian sanggup lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu mengusut kondisi DCD/CD Drive.

8. Periksa Terlebih Dahulu DVD/CD Drive
Pada bab laptop, niscaya tidak absurd dengan bab yang satu ini, bab yang satu ini merupakan part yang penting sekali, fungsinya untuk memindahkan file dalam bentuk hardware atau biasa berbentuk CD ke dalam laptop berupa file. Pada ketika membeli laptop bekas kalian harus perhatikan part tersebut terlebih dahulu,

Untuk mengusut kondisi CD/DVD Driver dalam kondisi bagus, biasanya kalian sanggup lihat pada bab cover luarnya, kalau di rasa tidak ada retakan atau ke cacatan dalam Cover DVD/CD Drive tersebut, kalian sanggup memencet tombol untuk memasukan DVD/CD tersebut, sehabis terbuka pastikan pas keluar dalam kondisi tidak mengendat-ngendat, kemudian periksa mata pembaca untuk membaca file pada DVD/CD kalau di rasa kotor kalian sanggup membersihkannya memakai cairan khusus untuk membersihkan Matanya atau kalian sanggup memakai minyak kayu putih / minyak angin.

9. Periksa Kondisi Pada Hard Disk
Hard Disk merupakan perangkat kersa pada sistem komputer, Hard Disk berperan penting dalam sebuah bab laptop maupun komputer, hard disk yaitu perangkat keras pada laptop maupun komputer yang berperan menyimpan file atau dokumen, Kapasitas yang di tawarkan oleh hard disk itu sendiri bermacam-macam, ada yang 512 MB, 300 MB bahkan ada yang hingga 2 Tera Byte.

Untuk mengusut kondisi pada Hard Disk kalian sanggup membuka cover bab bawah pada laptop, kemudian kalian cari posisi hard disk dimana, sehabis ketemu posisinya kalian sanggup mengecek kembali body pada hard disk tersebut apakah ada kecacatan, rusak, atau retak. Jika tidak ada bab body hard disk yang rusak selanjutnya cek kapasitas file, kalau di rasa kondusif pada kapasitas file lanjut dengan mencoba transfer file ke hard disk, kalau pada ketika di transfer file tidak mendapatkan berarti hard disk tersebut sudah rusak, kalau masih mau mendapatkan file berarti masih dalam keadaan normal.

10. Periksa RAM, Sound Speaker dan Port Sound.
 Bagi anda yang ingin mempunyai sebuah Laptop 10 Tips Aman Sebelum Membeli Laptop Bekas
Pada tahap terakhir kali  ini niscaya tidak absurd dong dengan judul di atas, kalian sanggup mengusut terlebih dahulu kondisi RAM, pada ketika mengusut RAM pastikan kondisi body tidak ada yang lecet, kemudian pada ketika RAM sudah di pasang pastikan kinerja pada RAM tersebut berjalan dengan Normal.

Lanjut ke tahap investigasi Speaker, mungkin di antara kalian tau apa itu Speaker, niscaya speaker sangat di butuhkan dalam laptop, untuk mengusut speaker tersebut pastikan kalian menyalakn sebuah musik dan kalian mendengarkannya secara saksama, kalau di rasa ada berdengung atau bass yang sudah pecah di dengar, saya saranini untuk tidak mengambilnya.

Kemudian Cek Port untuk Sound Sistem, biasanya pada laptop ada 2 bab port yaitu port untuk headset dan port untuk Mic, cukup gampang untuk memeriksanya kalian cukup memakai headset dengan mic kemudian kalian coba satu persatu apakah mic dan speaker berjalan dengan bagus.

Oke, cukup sekian pembahasan artikel kali ini, kalau ada pertanyaan maupun saran sanggup di comment pada kolom comment di bawah ini, jangan lupa untuk selalu pantau perkembangan blog kami ya, See You!

Jangan Lupa Berkunjung!!!
 Pencegahan Maintenance pada Sistem Hidrolik
 Perbedaan Sistem Kerja Hidrolik dan Pneumatic
 Peralatan Material Handing yang Digunakan di Industri
Pengenalan Mesin Press dalam Dunia Industri


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel