Langkah Jitu Mengatasi Lockscreen Ngeblank Tanpa Perlu Ke Tukang Service Hp

Pernah mengalami lockscreen yang tiba-tiba menjadi blank tanpa sebab? Yup, tak bisa dipungkiri, keluhan lockscreen yang mendadak ngeblank memang sering terjadi. Dan biasanya, insiden ini tidak hanya terjadi pada smartphone merek murahan saja, bahkan hal ini juga sering terjadi pada smartphone mahal. Lantas, bagaimana solusinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Lockscreen Ngeblank

Biasanya kondisi blank pada layar ketika lockscreen ini terdiri dari 2 jenis. Yaitu Black Screen, di mana layar ponsel Anda akan sepenuhnya berwarna hitam dan berhenti bekerja. Lalu satunya, White Screen, dimana layar ponsel berakal Anda akan sepenuhnya berwarna putih dan tentu saja tidak sanggup menjalankan sistem.

1. Black Screen

Berbagai akomodasi akan kita dapatkan ketika memakai sebuah ponsel pintar. Bahkan kita sanggup menjalankan banyak sekali aktivitas dalam satu waktu. Namun, tentu hal tersebut akan menciptakan ponsel berakal lebih gampang rusak, menyerupai mengalami Black Screen ini.

Penyebab Black Screen

Jika ponsel berakal Anda mengalami hal tersebut, ada beberapa kemungkinan yang sanggup menjadi penyebab black screen. Misalnya, menyerupai berikut ini:
  • Terjadi kesalahan sistem atau error pada aplikasi yang telah terpasang pada ponsel.
  • Lapisan Screen Protector/Guard yang menghalangi kerja layar.
  • Aplikasi yang bekerja dengan lambat atau loading lama.

Cara Mengatasi Black Screen

Nah, bila ketika ini ponsel anda mengalami Black Screen, dan penyebabnya sama dengan yang telah dijelaskan di atas, maka Anda sanggup menuntaskan senderi problem tersebut dengan beberapa cara berikut:
  • Langkah pertama yang wajib Anda lakukan yakni dengan mematikan daya ponsel selama beberapa saat, kemudian menyalakannya kembali.
  • Jika ponsel Anda masih mengalami black Screen, maka cobalah dengan mematikan kembali ponsel dan mencabut baterainya. Selang beberapa menit, nyalakan kembali ponsel Anda.
  • Mengganti pelindung layar / anti gores juga sanggup Anda coba, lantaran siapa tahu problem ditimbulkan dari pelindung layar yang mengganggu kerja layar ponsel Anda.
  • Jika kemungkinan problem Black Screen disebabkan oleh aplikasi, maka hapus aplikasi tersebut biar sanggup mencegah kerusakan yang lebih fatal.
  • Mengembalikan ponsel Anda ke dalam pengaturan pabrik juga sanggup Anda coba. Cara ini akan menciptakan ponsel Anda kembali dalam keadaan menyerupai ketika pertama kali Anda membeli ponsel tersebut.
  • Apabila cara-cara di atas masih belum sanggup menuntaskan problem pada ponsel Anda, maka lakukan reflash software, kalau tidak tahu caranya, lebih baik serahkan pada yang sudah berpengalaman.

2. White Screen

Selain mengalami Black Screen, ponsel berakal juga kerap mengalami problem serupa lainnya yaitu White Screen. Pada kasus White Screen, ponsel Anda akan mengalami blank dengan menampilkan warna putih pada seluruh layar dan juga terhentinya seluruh sistem kerja pada perangkat ponsel tersebut.

Sebelum memutuskan untuk memperbaikinya dengan memakai jasa orang lain yang sudah jago dalam mengatasi problem kerusakan ponsel, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab dari White Screen pada ponsel Anda. Untuk itu, silahkan simak berikut ini.

Penyebab White Screen

Terjadinya kasus White Screen pada ponsel Anda sanggup disebabkan oleh banyak sekali kemungkinan. Misalnya menyerupai di bawah ini:
  • Terlalu banyak aplikasi yang terinstall pada perangkat. Meskipun Anda memakai ponsel dengan kemampuan yang canggih, namun tetap saja ponsel tersebut mempunyai batasan penggunaan. Jika Anda terlalu banyak menginstal aplikasi, maka sistem operasi ponsel Anda akan bekerja terlalu berat.
  • Selain sanggup menyebabkan problem White Screen, terlalu banyak memasang aplikasi sanggup menciptakan daya baterai ponsel Anda juga menjadi lebih cepat habis lantaran harus bekerja ekstra pada beberapa aplikasi sekaligus.
  • Adanya kerusakan internal pada konektor LCD akhir kendur atau ada penggalan yang terlepas.
  • Kemungkinan lainnya yakni adanya kesalahan pada ponsel itu sendiri. Seperti kesalahan pada flash ROM, firmware, dan sejenisnya.
  • Baterai juga sanggup menyebabkan problem White Screen kalau ternyata baterai ponsel Anda kembung atau bocor yang menyebabkan tegangan listrik yang dialirkan menjadi tidak stabil.

Cara Mengatasi White Screen

Jika Anda telah berhasil mengenali penyebabnya, maka langkah selanjutnya yakni mengatasi problem tersebut. Dan ada beberapa langkah yang sanggup Anda coba sendiri. Berikut beberapa diantaranya:
  • Mencoba untuk memakai kartu sim yang lain.
  • Melepaskan baterai ponsel beberapa ketika kemudian memasangnya kembali. Anda juga sanggup mencoba menggantinya dengan baterai lain yang sejenis.
  • Melakukan pengaturan ulang pada ponsel.
  • Memeriksa arus tegangan pada ponsel Anda.
  • Membersihkan konektor LCD. Apabila memang ada kerusakan Anda sanggup segera memperbaikinya atau menggantinya konektor LCD
Nah, cara mengatasi lockscreen ngeblank diatas, tidak sulit bukan? Namun kalau Anda tidak yakin untuk memperbaikinya sendiri, sebaiknya jangan di paksakan, Anda sanggup membawa ponsel Anda kepada ahlinya biar tidak terjadi kesalahan yang lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel