Bocoran Soal Ujian Pembatik Level 2 Rumah Berguru Kemdikbud

 Rumah Belajar Pustekkom Kemdikbud tentunya sudah tidak abnormal lagi bagi bapak ibu guru di  BOCORAN SOAL UJIAN PembaTIK LEVEL 2 RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD
Rumah Belajar Pustekkom Kemdikbud tentunya sudah tidak abnormal lagi bagi bapak ibu guru di seluru Indonesia. Bapak Ibu Guru Hebat seluruh Indonesia sudah mendafatar sebagai calon #DutaRumahBelajar 2019? Tentunya Bapak Ibu sudah daftar, bukan. Tanggal 18 April 2019 ialah BATAS TERAKHIR registrasi PembaTIK Level 1 seleksi Duta Rumah Belajar 2019. Dimana pendaftarannya dibuka melalui tautan http//simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/ Mari menjadi biro pembelajaran periode 21 dengan Rumah Belajar.
Tinggal menghitung hari pelaksanaan ujian PembaTIK level 1 , yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 8 Mei 2019. Sebelum penulis menampilkan soal prediksi ujian PembaTIK. Berikut kita simak terlebih dahulu prosedur pelaksanaan ujian PembaTIK level 1 :
















Nah kini penulis mencoba menciptakan soal prediksi untuk ujian PembaTIK, agar bisa menjadi rujukan literasi bagi Bapak Ibu yang membutuhkannya.

1. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu...

  • a. melaksanakan kerja sama melalui media sosial
  • b. mencari sumber gosip dan data di perpustakaan
  • c. merumuskan hasil diskusi kelompok dengan memakai powerpoint
  • d. memakai telepon untuk berkomunikasi
  • e. menonton tayangan televisi sesudah belajar

2. Aktivitas mencoba (experiment) dengan memakai TIK sanggup dilakukan dalam bentuk       kegiatan... (Pendalaman)

  • a. mencari gosip melalui internet, video pembelajaran, slide presentasi, games dan lain- lain.
  • b. mengkomunikasi melalui media sosial, menulis laporan, mempresentasikan memakai video dan media presentasi
  • c. merencanakan dan melaksanakan eksperimen memakai virtual lab, mengolah dan  menyajikan data memakai aplikasi
  • d. bertanya jawab dan berpendapat melalui media umum atau jejaring sosial
  • e. menganalisis data dan menyimpulkan memakai aplikasi.

3. Salah satu bentuk pemanfaatan fitur Sumber Belajar pada Portal Rumah Belajar dalam  pembelajaran sebagai rujukan berguru bagi siswa yaitu sebagai.....

  • a. media berguru siswa
  • b. alat penilaian siswa
  • c. media kerja sama siswa
  • d. media komunikasi siswa
  • e. media simulasi siswa

4. Pemanfaatan simulasi, latihan maupun soal-soal test pada sumber berguru untuk mengukur  pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, merupakan salah satu bentuk pemanfaatan sumber berguru yaitu...

  • a. sebagai rujukan suplemen dalam menyiapkan materi ajar
  • b. sebagai sarana untuk melaksanakan penilaian pembelajaran secara online di kelas
  • c. sebagai sarana dalam mengembangkan kreativitas dan suasana belajar
  • d. sebagai sarana berinovasi dalam pembelajaran.
  • e. sebagai sarana kerja sama dengan siswa dalam pembelajaran.

5. Langkah kedua yang harus dilakukan guru dalam memanfaatkan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar untuk pembelajaran yaitu....

  • a. menentukan konten yang ada
  • b. mengidentifikasi konten di fitur Sumber Belajar
  • c. menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan konten fitur rumah belajar
  • d. meminta siswa untuk mempelajari konten fitur Sumber Belajar
  • e. menayangkan konten fitur Sumber Belajar di kelas

6. Cara pemanfaatan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar yang bisa dilakukan oleh guru adalah...

  • a. merancang acara pembelajaran dengan memanfaatkan konten sumber berguru di dalam RPP
  • b. menciptakan agenda pemanfaatan fitur Sumber Belajar
  • c. memnafaatkan fitur Sumber Belajar untuk ulangan
  • d. merancang pengembangan media pembelajaran yang memakai fitur Sumber Belajar
  • e. merancang penilaian pembelajaran dengan fitur Sumber Belajar

7. Konten fitur Sumber Belajar Rumah Belajar merupakan jenis media....

  • a. multimedia
  • b. multimedia interaktif
  • c. animasi
  • d. simulasi
  • e. video

8. Salah satu fitur Rumah Belajar yang dikembangkan sebagai wadah bagi guru untuk mengevaluasi hasil berguru yaitu....

  • a. sumber belajar
  • b. laboratorium maya
  • c. bank soal
  • d. peta budaya
  • e. kelas maya

9. Apabila Anda ingin melihat hasil penilaian siswa pada fitur Bank Soal memakai pilihan

  • a. soal saya
  • b. bank soal
  • c. buat baru
  • d. soal
  • e. laporan

10. Ketika menciptakan soal, Anda harus menentukan....

  • a. jenjang, kelas, mata pelajaran, jenis soal
  • b. jenjang, kelas, mata pelajaran, topik
  • c. jenjang, kelas, mata pelajaran, topik, jenis soal
  • d. jenjang, mata pelajaran, topik, jenis soal
  • e. kelas, mata pelajaran, topik, jenis soal

11. Pada fitur Bank Soal terdapat hidangan yang dipakai untuk menciptakan latihan, ulangan, atau ujian  menurut kumpulan soa-soal yang sudah dibuat, yaitu menu...

  • a. buat soal
  • b. evaluasi
  • c. laporan
  • d. soal saya
  • e. bank soal

12. Penambahan soal pada hidangan penilaian yang dibentuk oleh guru yang lain sesuai dengan topik yang diinginkan sanggup dilihat di....

  • a. bank soal
  • b. buat soal
  • c. soal saya
  • d. evaluasi
  • e. laporan

13. Syarat siswa sanggup mengerjakan soal yang Anda buat di Bank Soal yaitu...

  • a. mendaftar di Rumah Belajar
  • b. mengisi username dan password di Rumah Belajar
  • c. melaksanakan login pada Bank Soal
  • d. guru menambahkan nama siswa tersebut pada daftar evaluasi
  • e. siswa menentukan penilaian yang sudah tersedia

14. Salah satu bentuk penilaian yang sanggup dikerjakan oleh siswa secara berulang-ulang selama waktunya belum berakhir yaitu....

  • a. latihan
  • b. ulangan
  • c. ujian
  • d. tes
  • e. kuis

15. Fitur yang menyediakan buku-buku digital mengenai bahasa dan sastra untuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA/SMK yaitu....

  • a. Sumber Belajar
  • b. Buku Sekolah Elektronik
  • c. Karya Bahasa
  • d. Karya sastra
  • e. Karya Bahasa dan Sastra

16. Fitur Karya Bahasa dan Sastra mendukung gerkan literasi sekolah. Prinsip dalam membentuk budaya literasi di sekolah diantaranya yaitu kecuali....

  • a. pendekatan saluran kemudahan baca
  • b. kemudahan saluran menerima materi bacaan
  • c. memerlukan biaya
  • d. menyenangkan dengan segala keramahan
  • e. berkelanjutan

17. Kandungan isi yang sanggup diperoleh dari karya sastra yaitu kecuali....

  • a. pengalaman hidup dan teladan
  • b. pesan yang tersirat dan anutan moral
  • c. akal pekerti, dan nasihat
  • d. simbol-simbol filsafat dan budaya
  • e. imajinasi dan fantasi

18. Kategori pada Fitur Karya Bahasa dan Sastra yang adalah....

  • a. puisi dan prosa
  • b. prosa dan drama
  • c. antologi dan referensi
  • d. puisi dan hikayat
  • e. rujukan dan cerita

19. Segala kegiatan yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya disebut....

  • a. teknologi informasi
  • b. teknologi komunikasi
  • c. teknologi digital
  • d. teknologi gosip dan komunikasi
  • e. teknologi industri modern

20. Di bawah ini bentuk-bentuk kegiatan pembelajaran berbasis TIK, kecuali...

  • a. mendengarkan materi melalui radio streaming Suara Edukasi
  • b. melihat tayangan video instruksional melalui TV Edukasi
  • c. menciptakan video hasil observasi atau objek tertentu dengan kamera handphone
  • d. memakai fitur kelas maya
  • e. berkomunikasi melalui telepon

21. Proses bunga mekar, gunung api di bawah bahari dan cara kerja helikopter yang disajikan dengan video slowmotion atau animasi dan bahkan simulasi merupakan pemanfaatan TIK yang efektif dan efisien untuk metode pembelajaran....

  • a. tutorial
  • b. demonstrasi
  • c. diskusi
  • d. presentasi
  • e. cooperative learning

22. Salah satu kekurangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yaitu.....

  • a. memerlukan investasi untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
  • b. media pembelajaran (gambar, teks, audio, video, animasi, dan simulasi) sanggup lebih gampang dipakai dalam proses pembelajaran
  • c. menciptakan kelas interaktif dan pembelajaran lebih menyenangkan
  • d. mempermudah interaksi antara penerima didik dengan sumber belajar
  • e. konsep yang absurd menjadi gampang dipahami penerima didik

23. Proses penyatuan TIK dalam pendidikan berawal dari tahapan TIK hanya berperan sebagai suplemen (supplementary). Maksud dari TIK sebagai suplemen (supplementary) yaitu....

  • a. siswa memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TIK
  • b. terjadi pemisahan antara pembelajaran dengan TIK dan siswa berguru wacana TIK itu sendiri
  • c. TIK dipakai sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu  pembelajaran
  • d. siswa sambil berguru wacana TIK, siswa juga berguru dengan memakai atau melalui TIK

24. Adanya keterpaduan antara mata pelajaran tertentu denga TIK salah satu kriteria dalam  pendekatan santifik yaitu....

  • a. materi pembelajaran berbasis legenda
  • b. mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara subjektif
  • c. mendorong dan menginspirasi siswa bisa berpikir saintifik dalam melihat perbedaan
  • kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran
  • d. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang sanggup dipertanggung jawabkan
  • e. tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap, namun menarik sistem penyajiannya

25. Metode yang dipakai dalam pembelajaran dengan pemnafaatan TIK untuk membangun  keterampilan masyarakt periode 21 dimana mempunyai karakteristik siswa diberikan suatu permasalahan terstruktur untuk dipecahkan yaitu...

  • a. Resources-based learning
  • b. case/problem-based learning
  • c. simulation-based learning
  • d. colaborative-based learning
  • e. student-centered learning

26. Salah satu metode pembelajaran yang berorientasi siswa diantaranya yaitu....

  • a. tutorial
  • b. demonstrasi
  • c. diskusi
  • d. presentasi
  • e. drill dan practice

27. Salah satu tugas guru dalam membangun keterampilan periode 21 melalui pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran adalah...

  • a. pengajar dan pendidik
  • b. pengajar dan fasilitator
  • c. pendidik dan kolaborator
  • d. pendidik dan mentor
  • e. fasilitator dan kolaborator

28. Pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran memungkinkan siswa menjadi

  • a. partisipan aktif
  • b. kolaborator dan teman belajar
  • c. menghasilkan dan membuatkan (sharing) pengetahuan/keterampilan
  • d. berpartisipasi sebanyak mungkin sebagaimana layaknya seorang ahli
  • e. berguru secara individu dan kolaboratif dengan siswa lain

29. Mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, agenda audio, VCD/DVD, CD-ROM, bahan  latih on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya), memilih  paragmatis-paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut, merencanakan  taktik pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasil berguru dari Paragmatis pelajaran tersebut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam  menyusun planning pembelajaran dengan menggunakan....

  • a. pendekatan paragmatis
  • b. pendekatan software
  • c. pendekatan saintifik
  • d. pendekatan ideal
  • e. pendekatan inquiry

30. Mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat merupakan salah satu tujuan dari pendekatan santifik pada aktivitas...

  • a. mengamati
  • b. menanya
  • c. mencoba
  • d. mengasosiasi
  • e. mengkomunikasi

31. Aktivitas mencoba (experiment) dengan memakai TIK sanggup dilakukan dalam bentuk  kegiatan ....

  • a. merencanakan, merancang, dan melaksanakan eksperimen, serta memperoleh, menyajikan dan mengolah data sanggup dilakukan melaui online searching, pengolah data, virtual lab,  mindmapping, diskusi online, kerja sama online, dan pengolah angka
  • b. mengkomunikasikan melaui blogging, microblogging, produk proyek, menulis paper, prakarya ,slide presentasi, foto, video/audio, animasi/simulasi, dan games.
  • c. mencari informasi, melihat, mendengar, membaca, dan atau menyimak melalui materi berguru digital (learning object) melalui buku elektronik, buku sekolah elektronik, multimedia pembelajaran, animasi/simulasi, video pembelajaran, slide presentasi, games dan lain-lain
  • d. bertanya jawab, beropini, dan berdiskusi melalui lembaga diskusi online, konferensi video,  chating online, mailinglist, sms messenger, grup messenger, dan lainnya
  • e. menganalisis data, mengelompokkan, menciptakan kategori, menyimpulkan, dan memperkirakan/memprediksi  sanggup diintegrasikan dengan TIK dengan memakai mind-mapping, pengolah data, pengolah kata, pengolah gambar, pemrograman, pengolah ilustrasi dan grafis.

32. Pendekatan yang sanggup dilakukan guru dalam menyusun RPP yang mengintegrasikan TIK yaitu

  • a. pendekatan saintifik dan pendekatan pragmatis
  • b. pendekatan pragmatis dan pendekatan software
  • c. pendekatan software dan pendekatan saintifik
  • d. pendekatan saintifik dan pendekatan inquiry
  • e. pendekatan terintegrasi dan pendekatan software.

33. Adanya keterpaduan antara mata pelajaran tertentu denga TIK salah satu kriteria dalam pendekatan santifik yaitu....

  • a. materi pembelajaran berbasis legenda
  • b. mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara subjektif
  • c. mendorong dan menginspirasi siswa bisa berpikir saintifik dalam melihat perbedaan kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran
  • d. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang sanggup dipertanggung jawabkan
  • e. tujuan pembelajaran dirumuskan secara lengkap, namun menarik sistem penyajiannya

34. Proses penyatuan TIK dalam pendidikan berawal dari tahapan TIK hanya berperan sebagai suplemen (supplementary). Maksud dari TIK sebagai suplemen (supplementary) yaitu....

  • a. siswa memanfaatkan materi pembelajaran berbasis TIK
  • b. terjadi pemisahan antara pembelajaran dengan TIK dan siswa berguru wacana TIK itu sendiri
  • c. TIK dipakai sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu  pembelajaran
  • d. siswa sambil berguru wacana TIK, siswa juga berguru dengan memakai atau melalui TIK
35. Metode yang dipakai dalam pembelajaran dengan pemnafaatan TIK untuk membangun keterampilan masyarakt periode 21 dimana mempunyai karakteristik siswa diberikan suatu permasalahan terstruktur untuk dipecahkan yaitu...

  • a. Resources-based learning
  • b. case/problem-based learning
  • c. simulation-based learning
  • d. colaborative-based learning
  • e. student-centered learning

36. Syarat siswa sanggup mengerjakan soal yang Anda buat di Bank Soal yaitu...

  • a. mendaftar di Rumah Belajar
  • b. mengisi username dan password di Rumah Belajar
  • c. melaksanakan login pada Bank Soal
  • d. guru menambahkan nama siswa tersebut pada daftar evaluasi
  • e. siswa menentukan penilaian yang sudah tersedia

37. Mengidentifikasi TIK (seperti buku, modul, LKS, agenda audio, VCD/DVD, CD-ROM, materi latih on-line di internet, atau alat komunikasi sinkronous dan asinkronous lainnya), menentukan paragmatis-paragmatis apa yang bisa didukung oleh keberadaan TIK tersebut, merencanakan taktik pembelajaran yang relevan untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator capaian hasi berguru dari Paragmatis pelajaran tersebut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam menyusun planning pembelajaran dengan menggunakan....

  • a. pendekatan paragmatis
  • b. pendekatan software
  • c. pendekatan saintifik
  • d. pendekatan ideal
  • e. pendekatan inquiry

38. Salah satu kekurangan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran yaitu.....

  • a. memerlukan investasi untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran
  • b. media pembelajaran (gambar, teks, audio, video, animasi, dan simulasi) sanggup lebih mudah  dipakai dalam proses pembelajaran
  • c. menciptakan kelas interaktif dan pembelajaran lebih menyenangkan
  • d. mempermudah interaksi antara penerima didik dengan sumber belajar
  • e. konsep yang absurd menjadi gampang dipahami penerima didik

39. Langkah kedua yang harus dilakukan guru dalam memanfaatkan fitur Sumber Belajar Rumah Belajar untuk pembelajaran yaitu....

  • a. menentukan konten yang ada
  • b. mengidentifikasi konten di fitur Sumber Belajar
  • c. menyusun rancangan pembelajaran yang mengintegrasikan konten fitur rumah belajar
  • d. meminta siswa untuk mempelajari konten fitur Sumber Belajar
  • e. menayangkan konten fitur Sumber Belajar di kelas

40. Salah satu bentuk kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu...

  • a. melaksanakan kerja sama melalui media sosial
  • b. mencari sumber gosip dan data di perpustakaan
  • c. merumuskan hasil diskusi kelompok dengan memakai powerpoint
  • d. memakai telepon untuk berkomunikasi
  • e. menonton tayangan televisi sesudah belajar



Sumber http://nawikimia.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel