Sukses Workshop Pembelajaran Kimia Terapan Berbasis Stem Tomaco Inalum
NAWIKIMIA.COM (2018)- Alhamdulillah niat silaturahim sekaligus menimba ilmu sudah terealisasi dengan baik pada Kegiatan "WORKSHOP PEMBELAJARAN KIMIA TERAPAN DAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM" , sabtu-minggu tanggal 13-14 Oktober 2018 di TOMACO CAFE Inalum Kabupaten Batubara, dengan nara sumber Bapak Uga Patriajasa. Senang rasanya bertemu dengan pakar praktikum kimia yang lapang dada berbagi, sekaligus ketemu sahabat sahabat guru kimia yang luar biasa dari aneka macam perwakilan MGMP Kabupaten/Kota se Sumatera Utara bahkan Aceh.
ingat kata-kata berikut kita semakin termotivasi untuk move on ke arah pembelajaran yang lebih baik. "Masihkah kita gembira jika GURU KIMIA TDK PRAKTEK? Ibarat Polisi punya pistol tanpa peluru".. Dengan materi di warung yg mudah, murah, aman, spt vixal, bayclean, sabun nuvo, karbit, spirtus, PK, betadine, etanol, cat.kutek, kaporit, soda api, air accu, kapur sirih, gula pasir, garam, cabe, kol, ubi, tomat, cuka, susu, dll ternyata bisa kita buat puluhan reaksi spektakuler ibarat :REDOKS, AUTO REDOKS, AUTO KATALIS, ASAM BASA, DEKOMPOSISI, KESETIMBANGAN LE CHATELIER, LAJU REAKSI, GUGUS FUNGSI, ELEKTROLISIS, SEL VOLTA, PEMBAKARAN, DEHIDRASI, LAVOISIER, DLL.. ini semua sudah kita bahas di workshop tersebut. Juga dikupas tuntas pembelajaran berbasis STEM yang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran sekolah menengah yang subjek dalam pembelajarannya membutuhkan pengetahuan yang komplek. Gonzalez & Kuenzi (2010) menemukan bahwa STEM mempunyai arti pengajaran dan pembelajaran yang berkaitan dengan bidang Sains, Teknologi, Engineering dan Matematika. Pendekatan STEM tidak hanya sanggup dilakukan dalam tingkat pendidikan dasar dan menengah saja, tetapi juga sanggup dilaksanakan hingga tingkat kuliah bahkan hingga jenjang postdoctoral. Manfaat dari pembelajaran STEM yang berkelanjutan sebaiknya mulai ditunjukkan oleh pendidikan semenjak dini dan pada tahap penerima didik sudah bisa mengkombinasikan antara pengetahuan kognitif dan psikomotorik.