Kunci Tanggapan Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Kurikulum 2013

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 - Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas 3 Tema 3 Benda di Sekitarku Subtema 4 Keajaiban Perubahan Wujud di Sekitarku Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 Revisi Semester 1 ini kami buat berdasarkan materi-materi yang ada pada buku siswa. Dengan kunci balasan ini, adik-adik sanggup mengerjakan soal-soal latihan yang berdasarkan adik-adik cukup sulit untuk di jawab.

Pada artikel kami yang lalu, kami sudah banyak menyebarkan kunci balasan untuk tema 3, terkahir yang kami posting ialah Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 171, 172. Kunci balasan tersebut masih pada subtema 3. Mungkin juga adik-adik sudah melihatnya dan menimbulkan alternatif balasan pada kiprah di subtema 3. Semoga nilai yang adik-adik sanggup bagus.

 Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Kurikulum 2013

Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa semua kunci balasan ini kami buat berdasarkan materi dan soal-soal latihan yang ada pada Buku Siswa. Tak hanya kunci balasan dari soal-soal latihan saja, namun kami juga disini menyebarkan balasan dari tugas-tugas lainnya yang ada pada buku, menyerupai kiprah laporan penelitian, laporan percobaan dan lainnya.

Lihat juga:

Dengan adanya Kunci Jawaban Buku Siswa Kelas 3 ini, tentu sedikit banyaknya akan membantu adik-adik dalam mengisi dan menuntaskan tugas-tugas sekolah. Namun kami menghimbau untuk tidak tergantung dengan kunci balasan yang kami bagikan ini. Dan juga jadikan kunci balasan yang kami bagikan ini sebagai materi berguru di rumah untuk membekali diri dalam mengikuti ulangan harian dan ujian semester nantinya. Nah untuk melihat semua kunci balasan di halaman tema 3 kelas 3, silahkan adik-adik lihat pada postingan kami Kunci Jawaban Buku Tematik Tema 3 Kelas 3 Kurikulum 2013 Revisi.

Materi pada halaman 177, 178 kali ini membahas perihal perjuangan bertani garam. Dimana nantinya adik-adik akan berguru bagaimana proses pembuatan garam oleh para petani. Sangat menarik buka? Dan pada selesai pembahasannya, akan ada soal-soal latihan yang harus di kerjakan oleh adik-adik. Kami sudah menyiapkan pembahasan materi dan kunci jawabannya, silahkan adik-adik lihat di bawah ini.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178

Setiap hari terjadi perubahan alam di sekitar kita. Perubahan wujud ialah contohnya.
Hujan terjadi alasannya perubahan wujud. Makanan menjadi nikmat alasannya adanya garam yang diperoleh dari perubahan wujud.
Perhatikan kebesaran Tuhan yang Maha Kuasa melalui perubahan wujud di sekitar kita.
Dapatkah kau mengamati insiden perubahan wujud dalam keseharian kita?

Ayo Membaca

Garam menciptakan kuliner menjadi lezat. Makanan yang tidak diberi garam terasa hambar. Sebutkan perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan garam. Mari baca wacana di bawah ini!

 Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Kurikulum 2013

Bertani Garam

Garam dihasilkan dari air laut. Di pinggir pantai, petani garam menciptakan ladang garam. Ladang garam ini berbentuk tambak-tambak untuk menampung air laut.

Ladang garam terbentang luas di pantai yang tidak mempunyai banyak sungai. Contohnya di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantaipantai di tempat Nusa Tenggara.

Bagaimana proses menghasilkan garam? Pertama, petani menyiapkan petak-petak tambak. Tanah di alam petak tambak terlebih dulu harus dipadatkan.

 Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Kurikulum 2013

Setelah tambak garam dibuat, kemudian diisi air maritim dengan kedalaman tertentu. Air maritim yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam.
Untuk mendapat lapisan garam yang tebal, setiap hari harus ditambah air lautnya. Hal ini untuk menggantikan air maritim yang menguap. Setelah sekitar 210 hari atau sesudah trend kemarau berakhir, lapisan garam di dasar tambak pun harus segera dipanen. Memanennya jangan menunggu trend hujan tiba.

 Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Kurikulum 2013

Mengapa? Sebab kualitas garam akan menurun atau tidak bagus.
Garam-garam sesudah dipanen kemudian dijual ke pabrik untuk ditambah zat iodium dan dikirim ke daerah-daerah.

Kamu telah membaca wacana di depan. Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Bahan dasar pembuat garam ialah ...
a. pasir
b. air laut
c. air biasa
jawab:
Garam dihasilkan dari air maritim (b)

2. Contoh tempat penghasil garam di Indonesia ialah ....
a. Pulau Kalimantan
b. Pulau Bali
c. Pulau Sulawesi
jawab:
Contoh tempat penghasil garam ialah di pantai utara Pulau Jawa, Madura, Sumatra, Sulawesi, dan pantai-pantai di tempat Nusa Tenggara. (c)

3. Proses perubahan wujud yang terjadi pada pembuatan garam ialah ....
a. menguap
b. membeku
c. mencair
jawab:
Air maritim yang terkena sinar matahari akan menguap dan meninggalkan kristal-kristal garam. (a)

4. Pernyataan yang benar ialah ....
a. air menguap alasannya terkena sinar matahari
b. supaya garam yang dihasilkan bersih, air maritim harus ditambahkan setiap hari
c. supaya kualitasnya bagus, garam harus dipanen dikala trend penghujan
jawab:
Air maritim yang terkena sinar matahari akan menguap. (a)

5. Waktu yang diharapkan untuk memanen garam ialah ....
a. 210 hari
b. 210 minggu
c. 210 bulan
jawab:
Setelah sekitar 210 hari lapisan garam harus segera dipanen. (a)

Ayo Bercerita

Perubahan wujud terjadi pada proses pembuatan garam. Bantulah Siti menceritakan proses pembuatan garam. Buatlah bentuk kisah bergambar!

 Kunci Jawaban Buku Tematik Siswa Kelas  Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Buku Siswa Kurikulum 2013

Silahkan adik-adik cek kembali balasan di atas, jikalau memang masih terdapat balasan yang keliru silahkan perbaiki dan sampaikan juga kepada kami. Nah untuk postingan kami selanjutnya, kami masih menyebarkan kunci balasan untuk kelas 3 tema 3 subtema 4 yaitu Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 3 Kelas 3 Halaman 181, 182 Kurikulum 2013 Revisi. kunci balasan itupun kami buat berdasarkan materi-materi dan yang ada pada buku tematik siswa.

Nah itulah adik-adik semua, yang sanggup kami bagikan untuk Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 3 Halaman 177, 178 Kurikulum 2013 Revisi. Harapan kami, dengan kami menyebarkan kunci balasan ini sanggup sedikit membantu adik-adik dalam mengerjakan kiprah sekolah. Dan juga semoga nilai yang nantinya adik-adik sanggup mampu bagus. Jangan lupa juga ya adik-adik untuk selalu semangat dalam belajarnnya, persiapkan diri untuk menghadapi ulangan harian maupun ujian semester.

Yuk adik-adik menyebarkan dengan teman lainnya untuk kunci balasan ini, supaya semakin banyak lagi yang terbantu dengan adanya kunci balasan ini. Cara cukup share atau bagikan artikel ini ke teman kau di sosial media atau group chat. Pertanyaan atau reques kunci jawaban, silahkan adik-adik sampaikan pada kami melalui komentar atau contact form, terima kasih.
Sumber https://www.ruangedukasi.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel