Pengertian,Fungsi Dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu No Dan Nc (Timer Pneumatic)

Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC  Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)

A. Pengertian Waktu
Pengatur waktu pada umumnya dipakai untuk mengatur  alur  / jalannya kejadian ataupun proses dari suatu kejadian. Biasanya kita menggunakan Stopwatch yang dipakai untuk menghitung waktu dari nol sampai batas waktu yang di tentukan, sedangakan pengatur waktu menghitung mundur dengan di atur pada interval waktu tertentu tersebut, seperti Jam pasir, jam tanganPengatur waktu bisa memakai sebuah sistem Mekanik,Elektrik,Elektronik (kuarsa), atau bahkan perangkat lunak (software) yang kebanyakan digunakan pada komputer termasuk dengan jam digital.

B. Katup Tunda Waktu (Katup Timer)
Pada pembahasan kali ini penyusun akan membahas sedikit wacana Katup Timer, mungkin diantara pembaca sekalian masih pada resah atau masih mencar ilmu mengenai katup Timer, mungkin di benak pikiran para pembaca sekalian pada bertanya - tanya, "Fungsi katup timer apa sih?", "membedakan NO dan NC gimana?", " Cara kerjanya gimana?". Yap!, eksklusif aja penyusun bahas dibawah ini.

Pengertia Katup Tunda Waktu adalah katup yang dipakai untuk menunda waktu yang terdiri dari kombinasi katup 3/2, katup kontrol pedoman 1 arah dam tangki udara. yang di padukan untuk menghitung waktu dari awal pada dikala di aktifkan (NO) atau menghitung waktu sehabis proses (NC). Dengan memakai suplemen tangki udara, waktu sanggup di perlambat dengan perubahan waktu secara akurat jika, udara higienis dan tekanan relatif stabil.

Mungkin pengertian di atas sanggup membantu pembaca sekalian mengenai Katup Tunda waktu, katup ini di dunia Pneumatic dipakai untuk mengantisipasi bentrokan siklus pneumatic dan memperlihatkan jeda waktu yang terdapat pada mesin industri yang memakai Pneumatic. Katup tunda waktu di bagi menjadi 2 jenis, yaitu katup Timer NO dan Katup imer NC, bagi pembaca sekalian yang belum mengertia apa itu NO dan NC sanggup dilihat pada Link berikut ini "Normaly Open dan Normaly Close".

Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC  Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)Katup Tunda Waktu NC
Gambar di samping merupakan pola gambar dari katup tunda waktu (timer) NC, katup ini akan menghitung apabila dikala timer di aktifkan lebih awal maka timer tersebut akan menghitung terlebih dahulu, sehabis mencapai batas waktu yang di tentukan maka katup akan bergeser dan berganti menjadi NO. pada gambar katup timer di samping terdiri dari 4 lubang yang mempunyai tugas yang berbeda beda. Antara lain yaitu:
  1. Lubang 12 (Z) dipakai sebagai masukan angin untuk mengaktifkan perhitungan waktu yang sudah ditentukan.
  2. Lubang 3 (R) dipakai sebagai pembuangan angin yang disalurkan dari lubang 2(A) kemudian ke lubang 3 (R).
  3. Lubang 2 (A) digunakan untuk menyalurkan angin dari lubang nomer 1(P).
  4. Lubang 1(P) digunakan untuk masukan supply udara.
Pada gambar di atas sudah cukup terang mengenai katup tunda waktu NC, mulai dari simbol Pneumatic nya, hingga pergerakan katup dikala posisi awal dan posisi ke duanya.


Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC  Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)Katup Tunda Waktu NO
Gambar di samping merupakan pola gambar dari katup tunda waktu (timer) NO, katup ini akan menghitung pada dikala masukan 12 (R) di beri angin, dan katup dalam kondisi NO maka angin akan di salurkan ke keluaran lubang nomer 2 (A), pada dikala tangki timer sudah mencapai batasnya atau angin yang masuk sudah mememnuhi kapasitas timing yang di tentukan, maka katup akan bergeser yang tadi NO menjadi NC, sehingga angin tidak hingga ke katup kontrol. Sama ibarat Katup Tunda Waktu NO, katup ini mempunyai 4 lubang yang berguna yang berbeda-beda. Antara lain yaitu :
  1. Lubang 12 (Z) digunakan sebagai masukan angin untuk mengaktifkan perhitungan waktu yang sudah ditentukan.
  2. Lubang 3 (R) digunakan sebagai pembuangan angin yang disalurkan dari lubang 2(A) lalu ke lubang 3 (R).
  3. Lubang 2 (A) digunakan untuk menyalurkan angin dari lubang nomer 1(P).
  4. Lubang 1(P) digunakan untuk masukan supply udara.
C. Gambar Katup Tunda Waktu (Katup Timer)
Mungkin pembaca sekalian pada belum tau bentuk dari Katup tunda waktu, Pembaca sekalian sanggup lihat pada gambar dibawah ini.
Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC  Pengertian,Fungsi dan Cara Kerja Katup Tunda Waktu NO dan NC (Timer Pneumatic)

Tidak ada yang berbeda dengan masing masing fungsi lubang pada katup tunda waktu, yang membedakan cuman peletakan NO dan NC, Baiklah cukup sekian pembahasan kali ini dan biar bermanfaat!

Baca Juga Artikel Mengenai :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel