Pengertian Dan Cara Kerja Lebih Banyak Didominasi On And Lebih Banyak Didominasi Off (Pneumatic)

Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF  Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)

Mungkin berdasarkan pmebaca pada bertanya - tanya "Apasih Dominan ON dan Dominan OFF itu?", "Kenapasih mesti ada ke-2 Dominan itu?", dan "Apa keuntungannya pada rangkaian Pneumatic?". Yap, ke-2 Dominan ini merupakan sebuah rangkain Pneumatic Murni yang sanggup membantu dalam sistem pengunci sementara untuk suatu rangkaian. Untuk mengetahui ke dua lebih banyak didominasi tersebut, eksklusif saja simak masing -masing tersebut dibawah ini.

A. Dominan ON
Mungkin diantara pembaca sekalian terdengar gila dengan istilah Dominan ON pada rangkaian Pneumatic, sebetulnya Dominan ini merupakan lebih banyak didominasi yang mendominasikan rangkaian Pneumatic semoga sanggup aktif untuk sementara. Dominan ON ialah rangkaian Pneumatic Murni yang dipakai untuk menciptakan sebuah rangkaian yang terdiri dari 2 tombol yang mempunyai berlawanan kontak (NO Tombol Stop dan NC Tombol Start) dan pada ketika di tekan, rangkaian masih aktif untuk sementara (mengunci sementara), apa bila ke dua tombol di lepas maka rangkaian pun akan terputus / tidak aktif.
    
Mungkin pembahasan yang aku sampaikan tidak cukup gampang untuk di pahami, namun untuk jelasnya sanggup dilihat pada rangkaian di bawa ini.

Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF  Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)Pada gambar disamping merupakan rangkaian pneumatic murni yang memakai sistem lebih banyak didominasi ON, sanggup dilihat pada rangkaian disamping terdapat 1 buah tombol NC, 1 buah tombol NO, katup OR, katup 3/2 NC pengaktif angin pembalik pegas dan 1 buah silinder kerja tunggal. 

Pada Tombol Start berada di bawah sebelah kiri, sedangkan tombol stop berada di bawah sebelah kanan, untuk katup OR berada di tengah - tengah antara tombol start dan tombol Stop. Untuk pengontrolnya kita memakai 1 buah katup 3/2 NC pengaktif angin pembalik pegas, dan 1 buah Aktuator yaitu silinder kerja tunggal. 
Yang menciptakan Dominan ON sanggup bekerja yaitu dengan menekan ke-2 tombol yaitu start dan stop, dan pada ketika dilepas angin yang disalurkan akan keluar.


Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF  Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)
Pada rangkaian di samping merupakan gambar merupakan simulasi lebih banyak didominasi ON pada ketika di aktifkan, sanggup dilihat terdapat wiring berwarna biru gampang dan biru tua, pada Biru muda merupakan jalan masuk yang tidak tersalurkan oleh Fluida / angin, sedangkan pada jalan masuk yang berwarna biru bau tanah merupakan jalan masuk yang di aliri oleh angin.

Ketika tombol start di tekan maka angin dari supply akan mengalir ke katup OR, katup or akan mengalirkan angin ke katup 3/2 pengaktif angin pembalike pegas, pada ketika pergeseran katup, angin dair katup 3/2 pengaktif angin pembalik pegas akan mengalirkan angin ke silinder kerja tunggal. dan di cabangkan lagi melalui tombol stop.

Ini lah yang disebut dengan Dominan ON, alasannya ialah pada ketika ke dua tombol dilepas, angin masih sanggup tersalurkan ke katup 3/2 pengaktif angin pembalik pegas (katup Control) sehingga akan mengunci untuk aktif terum menerus.

B. Dominan OFF
Pada Dominan OFF merupakan kebalikan dari Dominan OFF, maksud dari Dominan OFF ini sendiri yaitu rangkaian yang paling lebih banyak didominasi untuk terputus, rangkaian yang dipakai hampir sama dengan rangkaian Dominan ON, namun yang membedakan dari ke dua lebih banyak didominasi tersebut ialah posisi Tombol Stopnya, untuk lebih jelasnya sanggup dilihat pada rangkaian berikut ini.

Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF  Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)Pada gambar di sebelah kanan merupakan rangkaian Dominan Off pada sistem Pneumatic murni, sanggup dibilang rangkaian ini hampir persis dengan rangkaian dengan Dominan ON, namun ada perbedaan yang mencolok di anatar ke dua Dominan tersebut.

Perhatikan pada perbedaan posisi tombol Stop nya, pada tombol Stop Dominan OFF terdapat di atas katup OR, sedangkan untuk Dominan ON berada di samping sebelah kanan pada Katup OR. Perbedaan posisi yang sedikit, namun sanggup merubah seluruh sistem pada rangkaian tersebut.

Komponen yang terdapat pada rangkaian disamping dama dengan rangkaian Dominan ON. Oke eksklusif saja ke simulasi dari rangkaian Dominan OFF tersebut. 
Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF  Pengertian dan Cara Kerja Dominan ON and Dominan OFF (Pneumatic)

Pada gambar disamping merupakan gambar rangkaian Dominan OFF pada ketika di simulasikan di Festo Pneumatic, Oh iya, bagi pembaca sekalian yang berminat untuk mempelajari ihwal Pneumtaic lebih dalam, kalian sanggup mendownloadnya di  Pneumatic Software_siddix   kalian sanggup eksklusif download software tersebut tanpa menginstalnya.

Untuk gambar di samping, terdapat 2 warna biru yaitu biru bau tanah yang melambangkan jalan masuk berisi angin/fluida dan biru muda melambangkan jalan masuk belum terisi oleh angin. sanggup dilihat pada gambar di samping, warna wiring biru bau tanah lebih sedikit dari biru muda, jikalau dilihat baik-baik pada rangkaian tersebut. Warna biru bau tanah belum memasuki tombol Stop. itu berarti angin hanya hingga di tombol stop saja dan blm sanggup menggeser katup control.

Kesimpulan yang di sanggup pada gambar disamping yaitu, angin tidak sanggup mendorong katup kontrol alasannya ialah sudah tertahan oleh tombol stop apabila ke dua tombol (Stop dan Start) ditekan.  


Baca Juga Artikel Mengenai :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel