Pengertian Dan Cara Kerja Electro Pneumatic System

Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System

"Apa itu Elctro Pneumatic?"
     
Electro Pneumatic adalah, rangkaian electronika yang dipakai sebagai control sitem Pneumatic, jadi tugas rangkaian electro disini dipakai sebagai pengontrol yang di padu dengan pneumatic, sistem ini sangat banyak dipakai dalam dunia industri, selain tidak memakan banyak biaya, juga tidak memakan banyak daerah yang dibutuhkan, komponen yang dipakai untuk menciptakan rangkaian electro Pneumatic pun sangat gampang didapat.

"Peran Electro Pneumatic Apa aja?"

Perannya sangat banyak, mulai dari dunia industri, maupun dunia ke maritiman, sistem ini sangat membantu dalam pengerjaan sebuah mesin dan juga sanggup memeprmudah pekerjaan manusia, istilah lainnya tugas ini sanggup menggantikan semua pekerjaan manusia, mungkin dari sisi positifnya kita tidak memerlukan banyak biaya untuk menciptakan sebuah produk tetapi di sisi negatifnya lapangan pekerjaan semakin berkurang.

"Apa Saja Keuntungan dari Sistem Elctro Pneumatic?"

  • Lebih banyak variasi yang bisa diubah ubah
  • tidak membutuhkan banyak biaya
  • lebih efisien dalam memperbaiki suatu sistem
  • tidak membutuhkan banyak tempat
  • mudah di aplikasikan

"Apa Saja Kekurangan dari Sistem electro Pneumatic Apa?"
  • Mekanisme yang kurang kokoh
  • Memerluakan 2 Supply, yaitu Angin dan Arus Listrik
Berikut ini merupakan pola rangkaian sederhana penggunaan Sistem Electro Pneumatic:

Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System Pengertian dan Cara Kerja Electro Pneumatic System
Pada rangkaian diatas merupakan rangkaian sederhana dari penggunaan electro Pneumatic, bisa dilihat di sana ada beberapa ko mponen yang digukan dalam rangkaian tersebut, yaitu silinder kerja tunggal, solenoid tombol NO dan arus, serta supply udara. cara kerjanya cukup mudah, ketika tombol di tekan maka arus 24V akan mengalir ke solenoid, dan solenoid pun aktif sehingga solenoid melaksanakan perpindahan katup melalui lubang nomer 1 dan keluar melalui lubang nomer 2, sehingga angin terisi untuk mendorong silinder kerja tunggal menjadi minimum.

Cukup simple untuk pola rangkaian diatas, kalian bisa mengembangkannya dengan menambah relay, timer dan sensor untuk mengembangkannya. Untuk lebih signifikan dalam sebuah sistem Electro Pneumatic, kalian bisa menambahkan PLC untuk menciptakan suatu system dengan menambah kemampuan pencetus system yang terdapat pada Electro Pneumatic.

Peran PLC disini sangat membantu dalam pembuatan System pneumatic, selain untuk mempermudah suatu proses yang terdapat pada system, kita juga bisa menciptakan system yang berbentuk gerbang logika tanpa membutuhkan banyaknya jumlah relay yang kita gunakan. disisi lain penggunaan PLC sanggup mempermudahn seorang maintanance untuk membetulkan suatu mesin apabila terjadi Trouble Shoting.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai Electro Pneumatic, pembaca sekalian bisa berkunjung di website aku seputar ilmu technic, biar bermanfaat.

Baca Juga Artikel Mengenai :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel