Pengertian,Cara Kerja Dari One Way Flow Control Dan Quick Exhaust Valve

One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve

Dalam dunia Pneumatic terbagi menjadi 2 pergerakan, ialah Pergerakan lambat dan pergerakan cepat untuk melaksanakan 2 pergerakan tersebut maka diperlukan sebuah komponen pneumatic yang berfungsi untuk memperlampat gerakan dari Aktuator (silinder) tersebut.

Berikut ini merupakan 2 jenis Komponen Pneumatic yang berfungsi untuk mengatur sebuah kecepatan silinder, yaitu Quick Exhaust Valve dan One Way Flow Control ke-dua komponen tersebut dalam dunia Pneumatic sangat dibutuhkan, alasannya tekanan dan percepatan pneumatic yang begitu berpengaruh menciptakan 2 komponen ini sanggup mengatur percepatan dan tekanan pneumatic. berikut ini saya akan menjelaskan komponen, pengaturan dan rangkaian dalam mengatur kecepatan silinder.

One Way Flow control

One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve
One way flow kontrol atau biasa disebut katup cekik merupakan komponen pneumatic yang dipakai untuk memperlambat laju udara yang akan di transfer ke aktuator, untuk memperlambat tekanan udara kita sanggup mengatur laju udara yang akan di transfer ke akuator dengan memutar pengaturan yang ada dalam katup cekik.

Bisa dilihat pada gambar dibawah merupakan komponen katup cekik, dimana katup ini dipakai untuk memperlambat pergerakan aktuator. Pada gambar dibawah merupakan simbol dari katup cekik, menyerupai yang disebutkan tadi untuk memperlambat suatu tekanan angin yang akan masuk ke aktuator sanggup memutar pengontrol masuk nya angin pada katup cekik untuk masukannya kalian sanggup lihat pada lubang nomer 2 merupakan masukan angin pada katup cekik tersebut sedangkan pada nomer 2 merupakan keluaran dari katup.
One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve
Rangkaian dibawah merupakan rangkaian one way flow control / katup cekik. Ada 2 jenis penggunaan katup cekik, ada maju di perlambat dan ada maju di percepat, berikut merupakan gambar rangkaian penggunaan katup cekik.


One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve
Pada gambar nomer 1 merupakan rangkaian penggunaan katup cekik dengan menciptakan silinder maju lambat, sanggup dilihat penggunaan arah katup cekik berbeda dengan katup cekik pada nomer 2. di antara ke 2 gambar tersebut kita sanggup menciptakan silinder tersebut bergerak maju lambat ataupun cepat, tergantung penggunaan yang kita inginkan.


Quick Exhaust Valve
Quick Exhaust Valve merupakan katup yang dipakai sebagai mempercepat pembuangan angin yang menyebabkan silinder menjadi bergerak lebih cepat dari biasanya, dengan adanya percepatan tersebut maka kita sanggup melaksanakan pergerakan pada mesin mesin pneumatic yang membutuhkan pergerakan cepat.

One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve
Pada gambar atas merupakan salah satu komponen pneumatic yang dipakai untuk mengatur suatu tekanan angin ke aktuatur, katup ini biasa disebut dengan katup buang cepat, dikatakan katup buang cepat, alasannya pembuangan angin pada komponen ini dilakukan secara eksklusif tanpa melalui katu 3/2, 4/2 maupun 5/2.

One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve
Untuk pergerakan jalur angin pada quick exhaust valve sanggup dilihat pada simbol disamping, pada lubang nomer 1 merupakan masukan angin, menyerupai pada umumnya lubang yang ditandai nomer 1 oleh Fluidsim Pneumatic Festo biasanya dipakai sebagai inputan angin, untuk nomer 2 merupakan keluaran dari inputan 1, nah pada gambar simbol terdapat bola kecil yang berada di kiri panah, itu merupakan epilog untuk salah satu lubang antara nomer 1 dan 3, pada lubang nomer 3 meupakan pembuangan pada katup tersebut. Pada ketika angin masuk dari lubang nomer 2 maka angin akan mengalir ke lubang nomer 3 atau biasa disebut pembuangan.
One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve Pengertian,Cara Kerja dari One Way Flow control dan Quick Exhaust Valve
Pada gambar rangkaian pneumatic diatas merupakan rangkaian penggunaan katup buang cepat, pada nomer 2 merupakan posisi untuk menciptakan silinder mundur dengan cepat, sedangkan pada posisi quick exhaust pada nomer 1 dipakai untuk mempercepat silinder bergerak cepat.

Baca Juga Artikel Mengenai :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel