Panduan Naik Pesawat Udara Keluar Negeri Untuk Pertama Kali

Khusus anda yang pertama kali naik pesawat udara tujuan ke luar negeri tentu menjadi sesuatu yang amazing sekali, hati ini rasanya berdebar-debar hingga tidak sanggup tidur dan sedikit keringat dingin. Tapi anda jangan khawatir artikel ini berisikan panduan lengkap bagaimana anda harus melaksanakan perjalanan ini menjadi menarik dan sanggup diikuti dengan gampang lantaran ada beberapa poin yang harus diikuti. Setelah anda paking seluruh barang bawaan dengan dokumen penting sudah dibawa anda siap melaksanakan perjalanan ini dimana penerbangan yang telah dipersiapkan yaitu pilihan apakah budget airline LCC atau full service. Pastikan seluruh data yang anda masukan untuk membeli tiket pesawat harus sesuai dengan paspor, lantaran dokumen dan seluruh dokumen perjalanan anda harus sesuai dengan identitas ini. Jangan pernah tertukar apalagi anda pergi secara rombongan. Untuk menunjukkan klarifikasi yang lebih akurat kami mencoba menjelaskannya satu-satu per satu biar tidak ada yang terlewatkan dan sanggup menjadi aliran bagi anda yang ingin melaksanakan perjalanan nanti di animo cuti yang akan datang.

BUAT PASPOR BERSERTA VISA.
#1. PASPOR.
Semua perjalanan ke luar negeri anda harus menciptakan paspor sebagai dokumen resmi yang harus dipersiapkan sebagai identitas resmi di dunia internasional. Paspor dibentuk di Imigrasi di lokasi anda berdomsili dan harus dilengkapi dengan dokumen aksesori dan harus valid dan sesuai dengan identitas daru yang menciptakan paspor. Proses pembuatannya sanggup dimulai dari registrasi secara online atau tiba eksklusif ke Imigrasi untuk mengikuti proses yang harus diikuti. Harus tiba eksklusif dihentikan diwakilkan lantaran identitas ini dicatat seluruh informasi dari pemohon dan disahkan oleh pejabat Imigrasi setempat.

Khusus anda yang telah memiliki paspor pastikan masa berlakunya melebihi waktu 6 bulan atau minimal 12 bulan sewaktu anda melaksanakan perjalanan. Ada beberapa negara yang mensyaratkan masa berlaku paspor minimal 12 bulan seperi USA dan India, pastikan dan lihat masa berlakunya di bab paling depan. Jangan hingga salah, kalau anda kelupaan akan mempengaruhi kenyamanan perjalanan nanti.



#2. VISA.
Setelah paspor telah ditangan teliti negara mana yang akan menjadi destinasi liburan. Apakah negara tersebut bebas visa atau harus memakai visa. Untuk negara ASEAN anda tidak perlu memakai visa cukup paspor saja dan paspor tersebut akan di cap di pintu Imigrasi masing-masing negara. Pastikan anda harus updated informasi negara mana saja yang menerapkan sistim visa dan non visa sebelum anda memutuskan negara yang akan menjadi destinasi traveling liburan nanti. Visa ini dibentuk di perwakilan embassy negara yang anda tuju yang membuka kekerabatan diplomatik mereka dengan Pemerintah Indonesia.

PERSIAPAN KEBERANGKATAN.
Setelah paspor dan visa {jika diperlukan} saatnya persiapan keberangkatan telah anda mulai. Perlengkapan yang akan dibawa sudah tertata rapi dengan jumlah pakaian, uang, tiket pesawat, hotel, hingga itinerary perjalanan sudah dipersiapkan lengkap semua. Pisahkan barang bawaan dan perlengkapan dengan dokumen perjalanan untuk menunjukkan kemudahan mencari dan dibutuhkan ketika dibutuhkan. Jangan lupa, ketika anda akan bepergian siapkan ball point atau pena untuk menulis ketika masuk ke negara tujuan dengan mengisi kartu atau kertas atau formulir kemigrasian yang diserahkan oleh pramugari ketika akan landing di negara tujuan. Pastikan anda mengisi dengan jelas, akurat, dan jujur pada kertas imigrasi ini. 

TIPS: sebelum anda berangkat pastikan telah mempersiapkan uang yang telah di tukar di Indonesia. Sesuai dengan negara tujuan, pastikan telah menukarkan jumlah yang cukup dengan nominal kecil hingga besar. Karena sangat dibutuhkan ketika anda transaksi untuk membeli tiket transportasi umum di negara tujuan nanti tentu butuh belahan nominal kecil.

Semua telah siap dan ready maka anda akan melaksanakan perjalanan dari rumah, ada yang memakai busa Damri, taksi online, atau diantar oleh keluarga hingga ke Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten. Pastikan anda harus kalkulasikan waktu selama perjalanan nanti dan sebaiknya anda telah hingga di bandara minimal 2-3 jam sebelum keberangkatan. Alasannya untuk mengantisipasi kemacetan atau beberapa kendala yang sanggup saja terjadi ketika di perjalanan nanti. Makara tidak tergesa-gesa hingga cemas sanggup dihindari dan lainnya.

Saat sesudah hingga di bandara tentu anda akan melaksanakan proses check in kembali di konter airline yang akan anda pilih dengan melihatkan tiket dan identitas yang berlakuk ibarat paspor atau KTP. Proses ini akan memakan waktu +/- 5-10 menit tergantung dari antrian pada ketika itu. Sebelum anda memasuki pintu keberangkatan pastikan anda juga memasuki scanning barang yang pertama dengan memasukan seluruh barang kedalam container yang telah disediakan: barang yang harus dibuka yakni jam tangan, ikat pinggang, hand phone, jaket, dan seluruh barang bawaan anda masuk kedalam mesin pengecekan barang. Kemudian menuju ke konter airline tunjukan semua dokumen perjalanan ini kepada petugas airline yang bertugas ketika itu dan kalau anda ada bagase makan sanggup dimasukan ke kabin bawan dengan minimal +/- 20 kg untuk airline full service gratis, khusus untuk airline buget LCC anda harus membeli terlebih dahulu sewaktu pembelian tiket secara online dan lebih murah. Apabila anda membeli eksklusif pada ketika itu harganya sangat mahal sekali. Makara pastikan poin ini harus anda ketahui biar uang yang anda bawa tetap cukup sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan. Jika anda membawa barang ke kabin atas pesawat untuk ketika kini ini hanya diperbolehkan berat +/- 7 kg sebagai tas tenteng atau ransel. 

MEMASUKI PEMERIKSAAN IMIGRASI INDONESIA.
Setelah semua beres dan anda telah mendapat boarding pass dari konter check in barang tadi dan telah dicek semua dokumen dan tiket penerbangan telah sesuai maka saatnya anda menuju ke pintu investigasi dokumen paspor di Imigrasi Indonesia. Untuk ketika kini ini anda harus mengisi kertas atau kartu atau formulir imigrasi yang telah tersedia di sudut ruangan pintu masuk antrian. Anda harus mengisi dengan lengkap dan akurat sesuai dengan data dan paspor yang dimiliki. Tulis dengan karakter balok dan jelas, harus jujur jangan ada kebohongan ketika memberikan informasi ini. Isian ini sesuaikan dengan informasi yang diminta oleh Imigrasi Indonesia. Jika anda berbohong akan terdeteksi oleh petugas dan anda akan diperiksa sangat intensif sehingga akan menghambat kenyamanan perjalanan anda nanti. 

Setelah anda isi lengkap dan tepat saatnya masuk ke jalur antrian bersama turis lainnya ketika proses investigasi di pintu imigrasi Indonesia. Anda harus antri dan sesuai jalur, lantaran kebiasaan antri sangat diutamakan. Semua dokumen resmi perjalanan anda dipersiapkan dimulai dari boarding pass, paspor, hingga kertas imigrasi yang telah anda isi lengkap nanti. Saat investigasi nanti ada kalanya petugas bertanya dan anda harus jawab sejujurnya, kalau lancar paspor anda akan di scan di mesin imigrasi dan di stempel. Kemudian kertas imigrasi ini akan diberi potongan untuk anda dan harus disimpan, lantaran potongan ini akan dikembalikan lagi kepada petugas ketika anda kembali lagi ke Indonesia ketika pengecekan paspor di pintu pengecekan dokumen paspor.

credit: travelandleisure.com

MENUJU KE RUANG TUNGGU KEBERANGKATAN.
Setelah investigasi Imigrasi Indonesia selesai dan anda menuju ke ruang tunggu keberangkatan pesawat yang sudah tertera di boarding pass anda. Segera menuju ke ruang tunggu dan membawa seluruh barang yang anda bawa ketika sesudah check ini di konter airline tadi. Sebelum anda memasuki ruang tunggu akan ada investigasi sekali lagi untuk barang-barang yang akan masuk kedalam pesawat. Pastikan anda harus mentaati peraturan yang telah dibentuk oleh otoritas bandara dan keselamatan penerbangan. Semua barang senjata tajam, barang gampang meledak, hingga cairan tidak diperkenankan naik walaupun itu air minum sekalipun. Makara semua barang ini harus masuk ke scan barang terakhir sebelum anda memasuki ruangan tunggu pesawat.

SAAT DI RUANG TUNGGU.
Setelah selesai semua dan investigasi anda sudah masuk ke ruang tunggu pesawat sesuai dengan boarding pass. Anda harus bersabar menunggu dan dengarkan instruksi dari petugas yang ada di ruang tunggu tersebut. Jika pesawat anda telah siap diberangkan dengan kode penerbangannya maka anda siap menuju ke jalur untuk masuk kedalam pesawat yang akan anda naiki nanti. Siapkan boarding pass dan paspor anda sebelum memasuki pesawat yang akan dilakukan pengecekan oleh petugas airline.

SAAT BERADA DALAM PESAWAT.
Saat memasuki pesawat anda harus duduk di nomer dingklik yang telah tertulis di boarding pass. Jangan hingga salah duduk, dan sesudah hingga di dingklik yang anda tuju letakan semua barang bawaan anda di kawasan penyimpanan barang diatas kawasan duduk. Pastikan tas anda telah terkunci aman, dan semua alat komunikasi harus segera dimatikan sebelum pesawat akan take off nanti. Selama anda berada di dalam pesawat udara anda akan terbang menuju ke negara tujuan untuk traveling nanti. Sebelum landing +/- 1 jam sebelumnya pramugari akan membagikan kartu imigrasi negara tujuan dan harus anda isi lengkap. Hampir sama dengan karu imigrasi Indonesia, dan harus telah selesai sebelum anda keluar dari pesawat di negara tujuan nanti. Semua kolom harus berisi informasi yang jujur dan jangan hingga anda berbohong. Karena akan menyulitkan anda nantinya ketika investigasi imigrasi.

TIPS: kolom yang paling utama diisi di kertas imigrasi yakni nama lengkap, tanggal lahir, kebangsaan, nomer penerbangan, nomor paspor, dimana anda akan tinggal, alamatnya, dan kalau perlu ada nomer telepon. Untuk lainnya sanggup anda isi sesuai dengan kesempatan anda mendatangi negara tujuan nanti.

SETELAH SAMPAI NEGARA TUJUAN.
Setelah pesawat anda berhenti tepat dan semua barang bawaan dibawa serta, maka anda harus turun di pintu yang telah ditunjuk dan harus turun segera. Sampai di gedung kedatangan anda harus mengikuti petunjuk yang telah terlihat terperinci masuk ke investigasi dokumen keimigrasian negara tujuan. Anda harus persiapkan seluruhnya dimulai dari paspor, kertas imigrasi negara tujuan, kemudahan dan sebagainya. Semua aktifitas traveling anda harus telah stand by kalau ketika investigasi nanti ada kesempatan ditanya oleh petugas disana andadapat eksklusif memperlihatkan. Pastikan anda harus masuk ke dalam jalur antrian tertib untuk menunggu giliran ketika diperiksa oleh petugas nanti. 

Baca selengkapnya:

Saat anda diperiksa tetap santai dan jangan gugup pastikan anda seorang turis yang memiliki attitude baik dan jujur, ketika pertanyaan terlontarkan oleh petugas imigrasi negara tujuan anda jawan dengan cepat akurat jujur dan tidak dibentuk buat. Setelah semuanya lancar paspor anda siap di cap dan anda telah resmi masuk diizinkan masuk ke negara tujuan. Setelah semua beres di imigrasi saatnya anda menuju ke pengambilan barang ketika barang anda dimasukan ke bagase pesawat.

TRANSIT ATAU TRANSFER.
Untuk klarifikasi yang telah diuraikan diatas anda melaksanakan perjalanan direct eksklusif ke negara tujuan. Bagaimana dengan transit atau transfer? Berikut penjelasannya:

Di dalam penerbangan untuk traveling ibarat ini ada saatnya turis melaksanakan perjalanan dengan sistem transit atau transfer. Kedua istilah ini memiliki perbedaan dan jangan hingga salah arti. Setelah pesawat udara yang anda tumpangi telah landing di negara tujuan maka pesawat tersebut sedang dalam transit. Waktu yang dibutuhkan oleh pesawat udara ini tergantung dari kebutuhan apakah satu jam, dua jam, hingga beberapa jam ke depan. Khusus anda sebagai penumpang tentu ada yang transit di bandara tujuan untuk memakai pesawat yang sama menuju ke negara tujuan akhir. Sedangkan transfer anda harus mengganti pesawat baik dari airline yang sama atau berbeda. Proses ibarat ini berbagai dilakukan di ketika turis ibarat anda melaksanakan perjalanan liburan yang mengharuskan melaksanakan sketsa ini hingga ke negara tujuan akhir.

#a. ANDA TRANSIT TIDAK PINDAH PESAWAT.
Jika anda berada di sketsa ibarat ini hanya transit sementara di negara tertentu untuk melanjutkan penerbangan kembali. Anda sanggup tetap tinggal di dalam pesawat atau turun dan eksklusif masuk ke ruang tunggu, ikuti istruksi dari cabin crew dan penumpang tidak perlu lagi investigasi paspor di imigrasi dan eksklusif masuk ke ruang tunggu saja. Jika ada situasi ibarat ini anda sanggup menentukan tetap di dalam pesawat atau turun menunggu di ruang tunggu.

#b. TRANSFER MASIH SATU NAMA AIRLINE YANG SAMA.
Tranfer yang masih dalam satu airline memiliki laba ketika anda membeli tiket dengan kode booking yang sama. Tidak perlu was was lagi untuk memikirkan bagasi yang anda masukan ke konter check in awal, dan semua semua telah di handle oleh airline yang besangkutan. Airline yang anda pilih ini tentu saja akan mengantarkan hingga ke tujuan negara tamat berikut dengan barang bawaannya. Jika anda berada pada sketsa ini maka harus mengikuti tahap berikut:

Setelah turun dari pesawat tentu saja anda akan dipandu oleh cabin crew anda harus melapor ke transfer desk untuk mendapat kode lebih akurat. Menurut pengalaman penumpang tidak perlu lagi cek paspor lagi bahkan bea cukai sama sekali dan memasuki lajur khusus ailine bagu penumpang tranfer. Tidak dibutuhkan lagi boarding pass tambahan alasannya sudah ada diberikan oleh petugas airline ketika anda melapor di check in awal, dan petugas akan mempersilahkan anda untuk menunggu di ruang tunggu tanpa harus mengikuti investigasi kembali.

#c. TRANSFER BEDA AIRLINE.
Skema ibarat ini juga ada rekan traveler mengalaminya, transfer ibarat ini sanggup dilakukan ketika membeli tiket pesawat secara online ada dalam satu nomer booking atau berbeda. Setiap perbedaan tentu ada perbedaan masing-masing dan kelebihan kekurangan masing-masingnya. Apabila beli satu booking tiket maka anda tidak perlu lagi pusing untuk check in kembali, melaksanakan pengecekan ke imigrasi, dan tidak perlu lagi boarding pass. 

Jika anda transit membutuhkan waktu yang cukup usang maka dari airline mempersilahkan kepada penumpang untuk keluar bandara dan tak perlu lagi urus imigrasi. Pilihan lain kalau anda melaksanakan pembelian secara terpisah airlinenya tentu jauh lebih banyak dan sanggup menentukan sendiri airline terbaik. Tentu saja anda telah melaksanakan riset untuk problem harga dan berapa usang waktu transit pesawat.

Transit ini memang berbeda-beda dimulai dari 5 jam hingga 24 jam tergantung dari anda untuk mendapat tiket perjalanannya. Jika terjadi keterlambatan makan turis akan menganggung sendiri akibatnya, tiket hangus dan tidak diganti dan anda harus membeli tiket yang gres untuk penerbangan lanjutan.

Yang menjadi perhatian penting yakni anda harus mengurus semuanya dari awal, perpindahan barang bawaan, pengecekan imigrasi kembali, dan pastinya untuk check in ulang akan dilakukan juga. Traveler yang memanfaatkan transit beda airline ini untuk singgah sebentar ke negara transit melihat suasana kota dan lainnya. Tetapi harus diperhatikan waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan, barang yang dibawa harus dititipkan terlebih dahulu di bandara di loker sewaan, hingga perpindahan terminal sanggup saja terjadi ketika keberangkatan estafet berikutnya. 

Jika barang bawaan anda hanya tas ransel saja tentu jauh lebih gampang tetapi rekan yang banyak membawa barang butuh waktu yang cukup usang untuk menggotong atau mendorongnya akan menjadi problem tersendiri. Jadi, hal yang harus dipertimbangkan yakni apabila ingin memiliki aktifitas berlebih di ketika transfer beda airline dan memanfaatkan banyak  aktifitas harus perhatikan semua komponen perjalanan ibarat ini biar tidak ribet dan menciptakan anda stress.


Sumber https://plesirankotatua.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel